UPAYA PENINGKATAN KARAKTER KREATIF PESERTA DIDIK MELALUI FORIDA DI KELAS V SDN ORO ORO OMBO TAHUN 2023/2024
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.14232Keywords:
Model Infografis, Karakter KreatifAbstract
ABSTRAK Pendidikan merupakan upaya yang sangat penting dan mempunyai peran paling besar dalam meningkatkan kualitas seseorang dalam menjamin dan mewujudkan keberlangsungan atau salah satu indikator sebagai penentu kemajuan suatu bangsa, semakin bagus tingkat pendidikan suatu bangsa maka akan semakin bagus pula kualitas yang akan diperoleh. Karena dengan pendidikan dapat mendorong dan menentukan maju atau mundurnya proses perkembangan bangsa dalam segala bidang. Dimensi kreatif Profil Pelajar Pancasila adalah pelajar yang kreatif yang mampu memodifikasi dan menghasilkan sesuatu yang orisinal, bermakna, bermanfaat, dan berdampak. Elemen kunci dari dimensi kreatif terdiri dari menghasilkan gagasan yang orisinal serta menghasilkan karya dan tindakan yang orisinal serta memiliki keluwesan berpikir dalam mencari alternatif solusi permasalahan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik dalam mengenalkan warisan budaya yang ada di daerah sekitar. Dalam penggunaan infografis banyak sekali digunakan dalam menyajikan informasi dalam bentuk visual, sehingga audiens dapat lebih cepat memahami informasi yang disajikan. Infografis pada umumnya digunakan pada media poster untuk mempermudah menggambarkan informasi. Pada penelitian ini menggunakan model pembelajaran Project Based Learning . Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus yang dilaksanakan terdiri dari tahapan perencanaan, observasi, implementasi tindakan, analisis dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara studi dokumentasi. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan model pembelajaran Project Based Learning berbasis warisan budaya pada mata pelajaran IPAS kelas V SD akan dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif pada peserta didik. Presentase yang diperoleh peserta didik dengan kemampuan berpikir kreatif pada prasiklus telah diperoleh bahwa peningkatan dari prasiklus mendapatkan 3 (26,3%) peserta didik berada pada kategori sangat kreatif, pada siklus I mengalami peningkatan menjadi 5 (26,3%) peserta didik berada pada kategori sangat kreatif, dan pada siklus II juga mengalami peningkatan menjadi 12 (63,1%) peserta didik berada pada kategori sangat kreatif. Kata Kunci : Model Infografis, Karakter KreatifDownloads
References
Mavela, M., & Satria, Aditya P. (2023). Nilai Karakter Kreatif Peserta Didik Dalam P5 Pada Peserta Didik Kelas IV Tema Kewirausahaan SDN 2 Pandean. 2 (3). 152-153.
Azizah, I., & Susanti, R. (2023). Media Pembelajaran Berbasis Canva Dengan Desain Infografis Dalam Mata Pelajaran Sejarah di Sekolah Menengah Atas. 9 (2). 459
Fifi, W. (2017). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Pendekatan Open-Ended Pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas IV MIN Miruk Taman Aceh Besar. (Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Darussalam: Banda Aceh). Diakses dari https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/1297/1/Fifi%20Wulandari.pdf=1-5.
Wulandari, Fitriana A., Mawardi., & Wardani, Krisma W. (2019). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Kelas 5 Menggunakan Model Mind Mapping. 3 (1). 11-12
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.