PEMBARUAN KURIKULUM DI ERA DIGITAL: TINJAUAN LITERATUR TENTANG STRATEGI MANAJEMEN DAN EVALUASI YANG EFEKTIF

Authors

  • Zoya F. Sumampow Universitas Negeri Manado
  • Bella Felicita Rambitan Universitas Negeri Manado
  • Marisca Sadsuitubun Universitas Negeri Manado
  • Neiles Wakur Universitas Negeri Manado
  • Syerri Yullita Sumual Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.14197

Keywords:

Pembaruan Kurikulum, Era Digital, Strategi Manajemen, Evaluasi Program, Teknologi Pendidikan

Abstract

Pembaruan kurikulum di era digital menjadi suatu kebutuhan mendesak dalam menghadapi perubahan dinamika pendidikan. Artikel ini menyajikan tinjauan literatur tentang strategi manajemen dan evaluasi program yang efektif dalam konteks kurikulum di era digital. Melalui analisis terhadap berbagai sumber literatur, artikel ini mengidentifikasi tantangan, peluang, serta pendekatan strategis dalam mengelola kurikulum yang responsif terhadap perkembangan teknologi. Selain itu, artikel ini juga mengeksplorasi berbagai metode evaluasi program yang relevan untuk memastikan keberhasilan implementasi kurikulum di era digital. Temuan dari tinjauan literatur ini memberikan wawasan yang berharga bagi para praktisi pendidikan dalam merancang dan melaksanakan pembaruan kurikulum yang efektif di tengah perubahan era digital.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ali, M. (2015). Evaluasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Azizah, S., et al. (2018). Integrasi Teknologi Informasi dalam Pembelajaran sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Pendidikan. Jurnal Penelitian Pendidikan, 35(1), 69-82.

Fakih, D. (2018). Pengembangan Kurikulum Berbasis Teknologi: Tantangan dan Strategi. Jurnal Pendidikan, 3(1), 45-58.

Hughes, J., Thomas, R., & Scharber, C. (2006). Assessing technology integration: The RAT – Replacement, Amplification, Transformation – Framework. In C. Crawford et al. (Eds.), Proceedings of Society for Information Technology and Teacher Education International Conference (pp. 1616-1620). Association for the Advancement of Computing in Education (AACE).

Handayani. (2019). Peran Teknologi dalam Manajemen Kurikulum. Jurnal Inovasi Pendidikan, 7(2), 89-102.

Junaidi, A. (2019). "Penerapan Teknologi Informasi dalam Penilaian Pembelajaran di Sekolah Dasar." Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan, 5(1), 45-58.

Khoirunnisa, N., & Wardani, A. K. (2020). Implementasi Pembelajaran Daring dalam Kurikulum Berbasis Kompetensi di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan Vokasi, 10(1), 44-54.

Kurniawan, A., & Hermita. (2018). Pentingnya Pendekatan Partisipatif dalam Pengembangan Kurikulum. Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(1), 45-58.

Lokantara, W.P. (2020). *Pembelajaran di Era Digital: Tinjauan Kurikulum Berbasis TIK.* Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 8(2), 97-110.

Mulyasa, E. (2016). Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyono. (2020). Penerapan Kurikulum Berbasis Kompetensi dalam Pembelajaran. Jurnal Pendidikan, 5(2), 120-135.

Mardhiyah, A., & Hartini, S. (2020). Analisis Kebutuhan Guru dalam Pembelajaran Berbasis TIK di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 5(10), 1549-1560.

Ningsih, S., et al. (2019). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Komunitas Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dan Kemandirian Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 4(9), 1171-1180.

Prasetiyo, A., & Siswanto, J. (2019). Fleksibilitas Manajemen Kurikulum: Tantangan dan Solusi Menghadapi Perkembangan Teknologi Pendidikan. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 4(7), 951-962.

Prihanto, D. (2019). Pendekatan Terkini dalam Manajemen Kurikulum di Era Digital. Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains, 7(1), 45-56.

Smith, J. (2018). "Understanding Curriculum Management: Scope and Challenges." Journal of Educational Management, 12(3), 245-259.

Syaiful, A. (2019). Peningkatan Kualitas Kurikulum Pendidikan Tinggi di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Pendidikan Indonesia, 8(1), 1-12.

Saragi, S. (2017). Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Press.

Suhendri. (2018). Model Pembelajaran Berbasis TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 6(1), 9-22.

Sumintono, B., & Subekti, M. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Keterlibatan Belajar dan Keterampilan Proyek Siswa. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2(3), 303-311.

Sulistyo, B. (2020). Integrasi Teknologi dalam Pendidikan: Tantangan dan Prospek di Indonesia. Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains, 5(2), 123-135.

Susanto, H. (2019). Strategi Implementasi Kurikulum Berbasis Teknologi di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 7(2), 89-102.

Sari, A. P., & Rukmana, D. (2021). Persepsi Guru tentang Kurikulum 2013: Studi Kasus pada Guru Bahasa Inggris di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 6(5), 664-673.

Santoso, D. (2019). Evaluasi Pendidikan: Teori, Model, Standar, dan Aplikasi. Jakarta: Kencana.

Supriyadi, B. (2020). Evaluasi Pembelajaran Digital: Tantangan dan Prospek ke Depan. Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains, 9(2), 105-116.

Suryana, A. (2021). Pengembangan Kompetensi Teknologi Pendidikan bagi Guru di Era Digital. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 27(2), 89-98.

Sugandi, A. (2019). *Implementasi Kurikulum Digital dalam Pembelajaran: Tantangan dan Peluang.* Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 5(1), 45-56.

Setiawati, R. (2021). *Pengembangan Instrumen Evaluasi untuk Kurikulum Digital.* Jurnal Penjaminan Mutu, 3(2), 78-89.

Supriyono, B. (2020). Integrasi Teknologi Informasi dalam Pengembangan Kurikulum di Era Digital. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 8(2), 90-102.

Susanti, R. (2018). Strategi Manajemen Kurikulum di Era Digital: Tantangan dan Peluang. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 6(2), 78-89.

Wijayanti, A. (2021). Kolaborasi Stakeholder dalam Pengembangan Strategi Manajemen Kurikulum di Era Digital. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 9(2), 120-133.

Suyono, H. (2016). "Pengembangan Model Instrumen Penilaian Pendidikan Karakter pada Pendidikan Dasar." Jurnal Pendidikan Karakter, 6(2), 153-166.

Voogt, J., Knezek, G., Christensen, R., & Lai, K. W. (2017). International handbook of information technology in primary and secondary education. Springer.

Wahdini, S. R. (2019). "Manajemen Kurikulum di Era Modern: Tantangan dan Strategi Implementasi." Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 5(2), 112-125.

Widana, I. W. (2018). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Widjajanti, I. D. (2019). Pembelajaran Berbasis TIK dalam Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 2(1), 22-31.1. Kim, J. (2019). The Role of Technology in Curriculum Management. Journal of Educational Technology Systems, 47(2), 264-279.

Wang, F., & Hannafin, M. J. (2005). Design-based research and technology-enhanced learning environments. Educational Technology Research and Development, 53(4), 5-23.

Zuhairi, A. (2018). "Evaluasi Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Pada Sekolah Menengah Atas Negeri di Kota Palangka Raya." Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 22(1), 87-98.

Downloads

Published

2024-06-10

Most read articles by the same author(s)