KREATIVITAS GURU DALAM MENINGKATKAN INOVASI PENDIDIKAN
Keywords:
Kreatifitas Guru, Inovasi PendidikanAbstract
Pendidikan adalah fondasi penting yang dapat menentukan kemajuan bangsaGuru memiliki peran yang sangat besar dalam pembelajaran. Karenanya, peserta didik dapat memiliki motivasi dalam belajar, selain itu, siswa juga dapat terpicu oleh guru dan terdorong untuk mengetahui hal yang sebelumnya tidak diketahui oleh peserta didik melalui media dan metode belajar yang tepat.Guru perlu berinovasi dan kreatif dalam mengimplementasikan pembelajaran. Guru harus memiliki kemampuan yang dapat menciptakan ide yang baru dan orisinal dalam berlangsungnya pembelajaran. artikel ini ditulis untuk mengetahui bagaimana kreativitas guru dapat dilakukan dalam rangka peningkatan inovasi pendidikan. Metode yang digunakan dalam artikel ini adalah kualitatif studi pustaka. Pada metode ini, peneliti memulai penelitian dengan mempersiapkan bibliografi, kemudian mengorganisasikan waktu untuk membaca dan mencatat bahan penelitian. Hasil penelitian ini menemukan bahwa Inovasi pendidikan dan kreatifitas guru saling berhubungan dan saling mempengaruhi satu sama lain. Untuk melahirkan sifat yang kreatif, diperlukan sikap yang percaya diri, terbuka pada hal baru, imajinatif, dan memiliki efikasi diri, sehingga guru dapat menciptakan inovasi yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Kreatifitas guru dapat mendatangkan inovasi pendidikan melalui berbagai bentuk, baik itu metode belajar, model belajar, bahkan media pembelajaran yang akan digunakan.Downloads
References
Nurdyansyah, N. (2019). Media Pembelajaran Inovatif. Umsida Press.
Rusdiana, H.A. (2014). Konsep Inovasi Pendidikan. Pustaka Setia.
Syafaruddin, S., Asrul, A., Mesiono, M., Wijaya, C., & Usiono, U. (2016). Inovasi Pendidikan: Suatu Analisis Terhadap Kebijakan Baru Pendidikan. Perdana Publishing.
Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 974-980.
Ambarwati, D., Wibowo, U. B., Arsyiadanti, H., & Susanti, S. (2021). Studi literatur: Peran inovasi pendidikan pada pembelajaran berbasis teknologi digital. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 8(2), 173-184.
Ansori, A., & Sari, A. F. (2020). Inovasi Pendidikan di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Literasi Pendidikan Nusantara, 1(2), 133-148.
Fitriyani, Y., Supriatna, N., & Sari, M. Z. (2021). Pengembangan Kreativitas Guru dalam Pembelajaran Kreatif pada Mata Pelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 7(1), 97-109.
Khayati, N., & Sarjana, S. (2015). Efikasi diri dan kreativitas menciptakan inovasi guru. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 21(3), 243-262.
Novebri, N. (2021). Kreativitas Guru Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Di Smkn 2 Pariaman. PRODU: Prokurasi Edukasi Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(2).
Rahayu, T., Watini, S., Mardiyanti, E., & Hakim, A. (2024). Kreativitas Dan Inovasi Guru Dalam Pembelajaran Berbasis Digital Dengan Media Kelas Virtual Tv Sekolah Pada Anak Usia Dini Di Paud Cinta Kasih Ibu. Syntax Idea, 6(2), 1-15.
Rahmawati, S., & Nurachadija, K. (2023). Inovasi Pendidikan dalam Meningkatkan Strategi Mutu Pendidikan. BERSATU: Jurnal Pendidikan Bhinneka Tunggal Ika, 1(5), 01-12.
Santika, A., Ahmad, I., & Muniroh, N. (2023). Implementasi Inovasi Pendidikan di Lembaga Pendidikan Islam. Jurnal Studi Islam MULTIDISIPLIN, 1(1), 38-56.
Satria, A. B. A., & Muntaha, A. A. (2021). Inovasi pendidikan abad 21: penerapan design thinking dan pembelajaran berbasis proyek dalam pendidikan Indonesia. Jurnal Pendidikan Dasar, 9(2).
Trihariyanto, S., Supriyanto, E., & Muthoifin, M. (2020). Strategi Pembelajaran Inovatif Pendidikan Agama Islam Dengan Media Powerpoint Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di SDIT Muhammadiyah Sinar Fajar Cawas Dan SD Muhammadiyah PK Bayat. Profetika: Jurnal Studi Islam, 21(1), 109-120.
Putra, L. D., Salihah, A. F., & Safario, A. M. (2023). Pemanfaatan Canva Untuk Pembelajaran Inovatif dan Kreatif di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(4), 2530-2535.
Olisna, O., Zannah, M., Sukma, A., & Aeni, A. N. (2022). Pengembangan Game Interaktif Wordwall untuk Meningkatkan Akhlak Terpuji Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 4133-4143.
Rubiantica, R., Sutomo, M., & Suhardi, A. A. (2021). Media pembelajaran interaktif lectora inspire sebagai inovasi pembelajaran. PESAT, 7(4), 97-104.
Jannah, F. (2015). Inovasi Pendidikan Dalam Rangka Peningkatan Kualitas Pembelajaran Melalui Penelitian Tindakan Kelas. Proceeding of Seminar Nasional PS2DMP UNLAM, 1(1), 27-32.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.