PENERAPAN MEDIA KARTU MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MATERI PEMERATAAN PEMBANGUNAN
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.14150Keywords:
Make a Match, Hasil Belajar, Media PembelajaranAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan kartu "Make a Match" sebagai media pembelajaran IPS pada materi pemerataan pembangunan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek penelitian sebanyak 34 peserta didik. Hasil belajar rata-rata pra tindakan sebesar 67,65, siklus I sebesar 77,06, dan siklus II sebesar 82,76. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar yang signifikan antara pra tindakan, siklus I, dan siklus II. Jadi, dapat disimpulkan bahwa penerapan media kartu "Make a Match" sebagai media pembelajaran IPS dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VIII-B SMP Negeri 6 Sidoarjo.Downloads
References
Agung, S. (2018). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Agustin, D. (2018). Penggunaan Media Kartu UNO dalam Pembelajaran Protista untuk Meningkatkan Kemampuan HOTS Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Pekanbaru. Jurnal Pendidikan IPA Universitas Riau, 6(2), 228-235.
Alpionita, Angela. (2020). Pengembangan Media Permainan Kartu Uno pada Materi Sistem Ekskresi Manusia Siswa Kelas VIII SMP [Skripsi, Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta]. http://repository.usd.ac.id/39458/
Aspini, D. (2020). Pengaruh Penerapan Media Kartu Bermain Terhadap Kemampuan HOTS Peserta Didik Kelas VI SD Negeri 16 Padang Panjang Barat. Jurnal Pendidikan PGSD Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat, 5(1), 58-67.
DePorter, Bobbi & Mike Hernacki. (2011). Quantum Learning. Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Bandung: Penerbit Kaifa.
Dony, dkk. (2018). Pengaruh Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Power Point Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN 15 Metro. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Vol 7 No 2, 2018.
Lestari, N. F., Muliadi, & Sarwanto. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Biologi Pada Materi Klasifikasi Tumbuhan Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Kalikajar Wonosobo. Jurnal Pendidikan Biologi, 5(1), 1-10.
Prihatiningsih, E., & Setyaningtyas, E. W. (2018). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Picture and Picture Dan Model Make a Match Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 4(1), 1-14.
Ramlah, R. (2022). Pengaruh Media Kartu Bermain Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VI SDN 14 Payakumbuh pada Mata Pelajaran IPS. Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan IPS FKIP Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat, 7(1), 1-10.
Sari, M.G. & Harni. (2021). Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Make a match Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Di Kelas IV Sekolah Dasar. Journal of Basic Education Studies, 4(1), 121-132.
Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA.
Suharsimi. A, Suharjono, Supardi. (2007). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Sinar Grafika.
Suprapta, R. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Kartu Bermain Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 13 Padang Panjang pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris. Jurnal Pendidikan PGSD Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat, 5(2), 114-123.
Yuriza, M. I & Hakim, L. (2023). Metode-Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Era Industri 4.0 Dalam Perspekif Al-Qur'an. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 13(2), 181-193.
Wijanarko, Y. (2017). Model Pembelajaran Make a Match untuk Pembelajaran IPA yang Menyenangkan, Taman Cendekia: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 1(1).
Wulandari, C. A., & Rohmah, N. F. (2017). Dampak Penggunaan Metode Ceramah Monoton Terhadap Hasil Belajar dan Minat Belajar Siswa SMP Negeri 1 Kalikajar. Jurnal Pendidikan Islam STAIN Kudus, 3(2), 37-50.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.