MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBASIS GAMES UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR IPS PADA MATERI SEJARAH LOKAL KELAS 7 SMP NEGERI 6 SIDOARJO

Authors

  • Li’anatus Sukma Wardani Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
  • Mya Hardianti Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
  • Aida Kurniawati Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
  • Utik Rednawati SMP Negeri 6 Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.13976

Keywords:

Keaktifan Belajar, Motivasi Belajar, Model PBL Berbasis Games

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar peserta didik dalam model pembelajaran problem based learning (PBL) berbasis games pada materi sejarah lokal kelas 7 SMP Negeri 6 Sidoarjo. menjadi salah satu tantangan dalam penerapan kurikulum merdeka. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian kelas 7A dengan jumlah 32 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah uji t (paired sample t-test) dan prosentase. Penelitian dilakukan dalam 2 siklus, yang menunjukkan hasil motivasi belajar siklus 1 melalui penerapan model PBL yaitu 71.95 mencapai kategori “tinggi”. Kemudian untuk siklus 2 melalui penerapan PBL berbasis games motivasi belajar peserta didik meningkat 23% dengan skor 88.3 mencapai kategori “sangat tinggi”.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alsubaie, M. A. (2016). Curriculum Development: Teacher Involvement in Curriculum Development. Journal of Education and Practice, Vol (7), No (9), Hlm 106-107.

Anam, M. M., Utami, W. S., Khotimah, K., & Marzuqi, M. I. (2023). Persepsi Guru Mata Pelajaran IPS dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di SMP Sidoarjo. Dialektika Pendidikan IPS, Vol (3), No (3), Hlm 20-35.

Asfuri, A. (2020). Implementasi Pembelajaran Door to Door Pada Perkembangan Psikologi Belajar Anak di TKIT Raudlotul Mu’minin. Indonesian Journal of Islamic Psychology, 2(1), 84-111.

Dimas Anjar Kisworo, N. S. (2021). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Tematik Melalui Pendekatan Problem Based Learning Peserta didik Kelas 5 SD. Journal of Education Action Research, 5(3), 318-326.

Frida Kristining Tyas, M. M. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Problem-Based Learning (PBL) Berbasis Game “Meet The Right Couple”terhadap Motivasi Belajar Peserta didik pada Materi Elektrokimia. jurnal beta kimia, 3 (1), 86-93.

Jumarniati, & Anas, A. (2019). 6426Pengaruh Motivasi Belajar dan Aktivitas Belajar terhadap Hasil Belajar Mahapeserta didik Program Studi PGSD. CJPE: Cokroaminoto Journal of muzePrimaryEducation, Vol 2 (2), Hlm 41-47.

Komang Redy Winatha, I. M. (2020). Pengaruh Game-Based Learning Terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 10

(3), 198-206.

Lilis, Febriani, W. D., & Pratama, F. F. (2023). Peningkatan Motivasi Belajar Peserta didik Melalui Model Pembelajaran Whole Brain Teaching Pada Pembelajaran PPKn SD. Jurnal Pacu Pendidikan Dasar, Vol 3 (1), Hlm 14-27.

Mardani, N., Atmadja, N., & Suastika, I. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPS. Jurnal Pendidikan IPS Indonesia, Vol 5 (1), Hlm 55-65.

Nevi Kilauwati, Y. R. (2018). Penerapan Model Problem Based Learning Dengan Game Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik Pada Konsep Gerak Harmonis Sederhana. Prosiding SENDIKFI, 1 (1), 7-11.

Novelni, D., & Sukma, E. (2021). Analisis Langkah-Langkah Model Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Di Sekolah Dasar

Menurut Pandangan Para Ahli. Journal of Basic Education Studies , Vol 4 (1).

Novita Rahmawati, R. A. (2022). Peningkatan Kemampuan Berkarya Seni Rupa Melalui Media Dari Barang Bekas. Jurnal Mentari, 2(1), 28-36.

Nurul Karimah, R. A. (2022). Identifikasi Tingkat Keaktifan Belajar Peserta didikdi SMP Negeri 1 Kota Jambi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 1(2),12972-12977.

Rahmatika, D., Muriani, & Setiawati, M. (2022). Peran Guru Dalam Memberikan Motivasi Dalam Penerapan Kurikulum Merdeka Pada Mata Pelajaran IPS Di SMPN 9 Kubung. JUPEIS: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial , Vol (1), No (4), Hlm 115-121.

Silvani Ali, U. M. (2022). Pengaruh Motivasi Dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Peserta didik Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VIII Di SMP Negeri 1 Bulango Utara Kabupaten Bone Bolango. Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 08 (2), 1553-1560.

Supriani, Y., Ulfah, & Arifudin, O. (2020). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajat Peserta Didik dalam Pembelajaran. Jurnal Al Amar (JAA), Vol 1 (1), Hlm 1-10.

Suwarni La Usa, F. M. (2021). Pengaruh Keaktifan Belajar dan Motivasi Belajar Peserta didik Terhadap Hasil Belajar Peserta didik Kelas VII SMP Negeri 2 Sampolawa. Jurnal Akademik Pendidikan Matematika, 7(1), 87-92.

Uri’ Sinta Parende, W. S. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Peserta didik Menggunakan Model Problem Based Intruction (PBI) Tema 8 pada Peserta didik Kelas IV SDN 001 Samarinda Utara. Sistema: Jurnal Pendidikan, 1(1), 23-35.

Downloads

Published

2024-06-10