PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA PADA PEMBELAJARAN IPAS KELAS V SDN 165/1 SINGKAWANG
Abstract
Pendidikan memiliki peran krusial dalam memajukan kualitas sumber daya manusia dengan mengembangkan potensi siswa secara holistik. Salah satu inisiatif baru dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia adalah penerapan Kurikulum Merdeka, yang menekankan pembelajaran berpusat pada siswa untuk meningkatkan relevansi, kreativitas, dan adaptabilitas pendidikan. Kreativitas memainkan peran penting dalam proses pembelajaran, memungkinkan siswa untuk mengembangkan pola pikir adaptif dengan memadukan konsep ilmiah. Namun, tantangan masih ada dalam mengembangkan kreativitas siswa, terutama dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial di sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dalam pembelajaran IPAS di kelas V SDN 165/1 Singkawang dengan tujuan meningkatkan kreativitas siswa. Metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) digunakan dengan subjek penelitian sebanyak 22 siswa. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah Kemmis dan Mc Taggart, yang terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan kreativitas siswa dari siklus ke siklus, dengan aktivitas guru sebagai fasilitator penting dalam proses pembelajaran. Model PjBL berhasil meningkatkan kreativitas, Siswa mampu mengajukan pertanyaan yang kritis, mengungkapkan pendapatnya dengan berani, bekerja sama dalam kelompok, dan menuangkan ide-ide baru secara kreatif.Downloads
References
Al-furqon, R., Aisyah, S., & Anshori, M. I. (2023). Conscientiousness and Creativity : Unraveling the. Jurnal Riset Dan Inovasi Manajemen, 1(3), 62–85. Retrieved from https://doi.org/10.59581/jrim-widyakarya.v1i2
Azzahra, U., Arsih, F., & Alberida, H. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Project-Based Learning ( Pjbl ) Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik Pada Pembelajaran Biologi : Literature Review. BIOCHEPHY: Journal of Science Education, 3(1), 49–60.
Budiono, A. A. (2024). OPTIMALISASI METODE DISKUSI BERPANDUAN DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI BERPIKIR KREATIF PADA PEMBELAJARAN IPS DI MA MAMBUAL ULUM BATA-BATA PANAAN PAMEKASAN. 2(1), 110–120.
Damayanti, A., Rachmatunnisa, S., & Rahmawati, L. (2020). Peningkatan Kreativitas Berkarya Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Steam Dengan Media Loose Parts. Jurnal Buah Hati, 7(2), 74.
Fauzi, A. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Penggerak. Pahlawan: Jurnal Pendidikan-Sosial-Budaya, 18(2), 18–22. https://doi.org/10.57216/pah.v18i2.480
Gumilar, G., Rosid, D. P. S., Sumardjoko, B., & Ghufron, A. (2023). Urgensi Penggantian Kurikulum 2013 menjadi Kurikulum Merdeka. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 5(2), 148–155. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v5i2.4528
Heny, K. W., & Fauzatul, M. (2016). Pentingnya Strategi Pembelajaran Inovatif Dalam Menghadapi Kreativitas Siswa Di Masa Depan. Proceedings International Seminar FoE (Faculty of Education), 268–278.
Jannati, P., Ramadhan, F. A., & Rohimawan, M. A. (2023). Peran Guru Penggerak Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(1), 330. https://doi.org/10.35931/am.v7i1.1714
Ramadhan, E. H., & Hindun. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa. Jurnal Bahasa, Sastra, Budaya, Dan Pengajarannya (Protasis), 2(2), 43–54. Retrieved from https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/26787/%0Ahttps://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/26787/1/THESIS SUQYA RAHMAH %28170203166%29 - WATERMARK-1.pdf
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.