PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB PADA MUATAN IPAS PESERTA DIDIK KELAS IV SDN 210/VI MERANGIN

Authors

  • Bella Chairun Nupus Universitas Jambi
  • Muhammad Sofwan Magister Pendidikan Dasar, Universitas Jambi, Indonesia
  • Destrinelli Magister Pendidikan Dasar, Universitas Jambi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.13584

Abstract

Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan karakter tanggung jawab peserta didik. PBL menempatkan peserta didik sebagai pusat pembelajaran dengan menantang mereka untuk memecahkan masalah nyata. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana kemampuan berpikir kritis dan karakter tanggung jawab pada mata pelajaran IPAS. Penelitian ini dilakukan dalam bentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini terdiri dari dua siklus, masing-masing dengan empat tahapan yang meliputi Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan, dan Refleksi. Lokasi penelitian dilakukan di SDN 210/VI Merangin, dengan subjek penelitian berjumlah 10 peserta didik kelas IV. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model PBL, dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan karakter tanggung jawab peserta didik. Peserta didik mulai aktif bertanya, mampu memberikan kesimpulan, serta lebih tanggap terhadap tenggat waktu dan tanggung jawab terhadap tugas.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Enok Noni Masrinah , Ipin Aripin, A. A. G. (2023). Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis: Meta Analisis. JSE: Jurnal Sharia Economica, 2(1), 42–49. https://doi.org/10.46773/jse.v2i1.559

Heni Susanti, Mulyawan, H., Nanang Purnama, R., Aulia, M., & Kartika, I. (2024). Pengembangan Kurikulum Merdeka untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal, 6(4), 13404–13408. https://doi.org/10.47467/reslaj.v6i4.1339

Kusumawati, I. T., Soebagyo, J., & Nuriadin, I. (2022). Studi Kepustakaan Kemampuan Berpikir Kritis Dengan Penerapan Model PBL Pada Pendekatan Teori Konstruktivisme. JURNAL MathEdu, 5(1), 13–18.

Millah, F. (2019). PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN SIKAP TANGGUNG JAWAB DAN HASIL BELAJAR SISWA. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 34–44.

Nida Winarti, Maula, L. H., Amalia, A. R., Pratiwi, N. L. A., & Nandang. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas Iii Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3), 552–563. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i3.2419

Purnamasari, A., & Afriansyah, E. A. (2021). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP pada Topik Penyajian Data di Pondok Pesantren. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 207–222. https://doi.org/10.31980/plusminus.v1i2.1257

Rifa Hanifa Mardhiyah, Sekar Nurul Fajriyah Aldriani, Febyana Chitta, M. R. Z. (2021). Pentingnya Keterampilan Belajar di Abad 21 sebagai Tuntutan dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia. 71(1), 63–71.

Rohman, F., & Kusaeri, K. (2021). Penilaian Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Pembelajaran Fikih Dengan Watson-Glaser Critical Thinking Appraisal (WGCTA). EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 19(3), 333–345. https://doi.org/10.32729/edukasi.v19i3.874

Sanapiah, S., Sukarma, I. K., Juliangkary, E., Yuliyanti, S., Pujilestari, P., Kurniawan, A., … Nurdin, N. (2020). WORKSHOP PENYUSUNAN PROPOSAL PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK) BAGI GURU DI MTsN 1 ALAS. Abdi Masyarakat, 2(1), 66–70. https://doi.org/10.36312/abdi.v2i1.1472

Saputri, M. A. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1), 92–98. https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.602

Downloads

Published

2024-05-17