PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB PADA MUATAN IPAS PESERTA DIDIK KELAS IV SDN 210/VI MERANGIN
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.13584Abstract
Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan karakter tanggung jawab peserta didik. PBL menempatkan peserta didik sebagai pusat pembelajaran dengan menantang mereka untuk memecahkan masalah nyata. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana kemampuan berpikir kritis dan karakter tanggung jawab pada mata pelajaran IPAS. Penelitian ini dilakukan dalam bentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini terdiri dari dua siklus, masing-masing dengan empat tahapan yang meliputi Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan, dan Refleksi. Lokasi penelitian dilakukan di SDN 210/VI Merangin, dengan subjek penelitian berjumlah 10 peserta didik kelas IV. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model PBL, dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan karakter tanggung jawab peserta didik. Peserta didik mulai aktif bertanya, mampu memberikan kesimpulan, serta lebih tanggap terhadap tenggat waktu dan tanggung jawab terhadap tugas.Downloads
References
Enok Noni Masrinah , Ipin Aripin, A. A. G. (2023). Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis: Meta Analisis. JSE: Jurnal Sharia Economica, 2(1), 42–49. https://doi.org/10.46773/jse.v2i1.559
Heni Susanti, Mulyawan, H., Nanang Purnama, R., Aulia, M., & Kartika, I. (2024). Pengembangan Kurikulum Merdeka untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal, 6(4), 13404–13408. https://doi.org/10.47467/reslaj.v6i4.1339
Kusumawati, I. T., Soebagyo, J., & Nuriadin, I. (2022). Studi Kepustakaan Kemampuan Berpikir Kritis Dengan Penerapan Model PBL Pada Pendekatan Teori Konstruktivisme. JURNAL MathEdu, 5(1), 13–18.
Millah, F. (2019). PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN SIKAP TANGGUNG JAWAB DAN HASIL BELAJAR SISWA. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 34–44.
Nida Winarti, Maula, L. H., Amalia, A. R., Pratiwi, N. L. A., & Nandang. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas Iii Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3), 552–563. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i3.2419
Purnamasari, A., & Afriansyah, E. A. (2021). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP pada Topik Penyajian Data di Pondok Pesantren. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 207–222. https://doi.org/10.31980/plusminus.v1i2.1257
Rifa Hanifa Mardhiyah, Sekar Nurul Fajriyah Aldriani, Febyana Chitta, M. R. Z. (2021). Pentingnya Keterampilan Belajar di Abad 21 sebagai Tuntutan dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia. 71(1), 63–71.
Rohman, F., & Kusaeri, K. (2021). Penilaian Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Pembelajaran Fikih Dengan Watson-Glaser Critical Thinking Appraisal (WGCTA). EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 19(3), 333–345. https://doi.org/10.32729/edukasi.v19i3.874
Sanapiah, S., Sukarma, I. K., Juliangkary, E., Yuliyanti, S., Pujilestari, P., Kurniawan, A., … Nurdin, N. (2020). WORKSHOP PENYUSUNAN PROPOSAL PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK) BAGI GURU DI MTsN 1 ALAS. Abdi Masyarakat, 2(1), 66–70. https://doi.org/10.36312/abdi.v2i1.1472
Saputri, M. A. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1), 92–98. https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.602
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.