PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE BERBANTUAN MEDIA PAPAN FLANEL TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA SISWA KELAS 1 DI SDN 2 KUTA

Authors

  • Dewi Kadar Manik Universitas Mataram
  • Husniati Universitas Mataram
  • Muhammad Sobri Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.13521

Keywords:

scramble, flannel board, vocabulary mastery

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran scramble berbantuan media papan flanel terhadap penguasaan kosakata siswa kelas 1 di SDN 2 Kuta. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Quasi Experiment dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas 1 SDN 2 Kuta yang berjumlah 54 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh yaitu jumlah populasi dijadikan sampel terdiri dari 27 siswa 1A sebagai kelas eksperimen dan 27 siswa kelas 1B sebagai kelas kontrol. Hasil pengujian sebagai prasayarat analisis, uji normalitas kelas eksperimen dan kontrol berdistribusi normal dan homogen. Hasil pengujian hipotesis diperoleh nilai signifikan (2-tailled) sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05. Hasil ini menunjukkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Berdasarkan hasil analisis data juga diperoleh thitung = 10,364 dan ttabel = 1,675 (pada taraf signifikansi 5%). Hal ini berarti bahwa thitung > ttabel, sehingga dapat diinterpretasikan terdapat pengaruh model pembelajaran scramble berbantuan media papan flanel terhadap penguasaan kosakata siswa kelas 1 di SDN 2 Kuta. Kata kunci: scramble, papan flanel, penguasaan kosakata.  

Downloads

Download data is not yet available.

References

Apriani, A., & Mujiburrahman. 2022. Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Indonesia Melalui Metode Scramble Pada Siswa Kelas IV SDN 1 Jeringo Tahun Ajaran 2021/2022. Journal of Mandalika Literature, 3(1), 116-124.

Aprila, E. F. S. S., & Fitriani, I. I. 2018. Meningkatkan Kosakata Bahasa Indonesia Anak Menggunakan Media Papan Flanel. Jurnal pendidkan, 19 (2), 109-155.

Apriliani, I. G. A. D., Husniati, H., & Sobri, M. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book Berbasis Keanekaragaman Budaya Sasambo Pada Muatan Pembelajaran IPS Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(3), 1522-1533.

Arios, E. 2021. Peningkatan Penguasaan Kosakata melalui Model Pembelajaran Scramble pada Siswa Kelas V SD Negeri 040551 Lau Pakam Tahun Pelajaran 2019/2020. Bahastra. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(2), 1-4.

Arni, G. A. V., Dewi, N. K., & Widodo, A. 2023. Pengaruh Model Pembelajaran Scramble Berbantuan Media Puzzle Terhadap Penguasaan Kosakata Siswa Kelas I SDN Gugus 1 Kecamatan Gerung. Journal of Classroom Action Research, 5 (SpecialIssue), 233-239.

Ermiana, I., Umar, U., Oktaviyanti, I., Fauzi, A., Hidayati, V. R., & Setiawan, H. (2020). Workshop Pembuatan Media Puzzle Berbahan Kardus Bekas Berbasis Tematik di SD Negeri 1 Tamansari. Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat, 3(3).

Fristoni, M., & Subagyo, F. M. 2013. Penggunaan Media Papan Flanel Untuk Meningkatkan Proses Pembelajaran Tematik Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal PGSD, 1(2), 1-11.

Kurniawati, W., & Karsana, D. 2020. Aspek Penguasaan Kosakata Bahasa Indonesia oleh Siswa Sekolah Dasar di Kota Medan. Ranah. Jurnal Kajian Bahasa, 9(2), 286-399.

Magdalena, dkk., 2021. Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SDN Meruya Selatan 06 Pagi. Jurnal Edukasi dan Sains, 3(2), 312-325.

Merliyani, R., Sari, I. K., & Hayati, F. (2021). Efektivitas Penggunaan Media Papan Flanel Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Pada Anak Kelompok B1 Tk Khairani Lubok Batee Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan, 2(2), 1-19.

Muzaiyanah, D. N., & Fanani, U. Z. 2018. Keefektifan Media Flannelgraph terhadap Penguasaan Kosakata dan Penyusunan Kalimat Sederhana Bahasa Mandarin Siswa Kelas X AP 1 SMKN 8 Surabaya Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan Bahasa Mandarin UNESA, 1(3).

Nurtikasari, E., & Fahri, M. 2020. Penerapan Model Pembelajaran Scramble Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas III MI Nurul Huda 1 Curug. JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 1(1), 42-51.

Putra, H., Mujiyanto, J., Astuti, P., & Syafri, F. 2022. Pengaruh Scrambled Word Terhadap Kemampuan Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris Siswa Kelas 7 pada Pelajaran Bahasa Inggris di SMP Juara Pekanbaru Tahun Akademik 2022/2023. In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS), 5 (1), 465-472.

Sartika, D. D., & Rohani, R. 2021. Pengaruh Model Pembelajaran Scramble dengan Media Crossword Puzzle terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Kognitif. Jurnal Biolokus: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi dan Biologi, 4(1), 27-35.

Shoimin, A. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Rembang: AR-RUZZMEDIA.

Sudarmi, S., & Burhanuddin, B. 2017. Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble dalam Keterampilan Menulis Kalimat Bahasa Jerman Siswa Kelas XI SMA Negeri 11 Makasar. Jurnal Pendidikan Bahasa Asing dan Sastra, 1(1), 72-79.

Sugiharti, R. E., & Riftina, Y. 2018. Upaya Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris melalui Model Scramble pada Siswa Kelas 4 SDN Jatimulya 04 Tambun Selatan. Indonesian Journal of Primary Education, 2(2), 14-22.

Supriyono, S. 2018. Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sd. Edustream: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 43-48.

Tahrim, dkk. 2021. Pengembangan Model dan Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia. Pidie Provinsi Aceh: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.

Widiyarto, S., Rusdianto, M., & Paryono, P. 2018. Peningkatan Penguasaan Kosa Kata Siswa SD Melalui Penggunaan Media Boneka Tangan. JPGSD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(1), 19-25.

Widodo, A., Indraswati, D., & Royana, A. 2020. Analisis penggunaan media gambar berseri untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa disleksia di sekolsh dasar. MAGISTRA: Media Pengembangan Ilmu Pendidikan Dasar Dan KeIslaman, 11(1), 1-21.

Zahro, U. A., Noermanzah, N., & Syafryadin, S. 2020. Penguasaan Kosakata Bahasa Indonesia Anak dari Segi Umur, Jenis Kelamin, Jenis Kosakata, Sosial Ekonomi Orang Tua, dan Pekerjaan Orang Tua. In Seminar Nasional Pendidikan Bahasa dan Sastra, 187-198.

Downloads

Published

2024-05-07

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>