SURVEI KEPERCAYAAN DIRI TERHADAP KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI SISWA KELAS TINGGI DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Suci Sutiasih Universitas Negeri Jakarta
  • Linda Zakiah PGSD FIP Universitas Negeri Jakarta
  • M. Syarif Sumantri PGSD FIP Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.13497

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan mengetahui lebih lanjut tentang perbandingan kepercayaan diri terhadap kemampuan berkomunikasi siswa kelas tinggi di sekolah dasar. Metode yang digunakan adalah metode survei. Populasi dan sampel adalah siswa kelas tinggi yang berjumlah 104 siswa di SDN Jatipadang 01 Pagi. Pengambilan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner dengan 10 pernyataan kepercayaan diri dan 10 pernyataan kemampuan berkomunikasi. Diperoleh hasil penelitian kepercayaan diri siswa menunjukkan kriteria baik dan hasil kemampuan berkomunikasi menunjukkan kriteria baik yang artinya, rata-rata siswa kelas tinggi di SDN Jatipadang 01 Pagi memiliki kepercayaan diri dan kemampuan berkomunikasi yang baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Septikasari, R., dan Frasandy, R. N. (2018). Keterampilan 4C Abad 21 dalam Pembelajaran Pendidikan Dasar. Tarbiyah Al-Awlad: Jurnal Kependidikan Islam Tingkat Dasar, 8(2), 107-117.

Luckyta, L., Sutisnawati, A., dan Uswatun, D. A. (2020). Peran Kemampuan Komunikasi Terhadap Sikap Percaya Diri Siswa Sekolah Dasar. WASIS: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(2), 68-73.

Zakiah, L. (2020). Pengembangan Instrumen Keterampilan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran Ppkn Sd. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(02), 272-281.

Syatriadin, S. (2021). Pengaruh Percaya Diri Siswa dan Kemampuan Komunikasi Terhadap Pembelajaran di Sekolah MI An-Nisa. AL-FURQAN, 9(2), 19-32.

Septia, S., Sumantri, M. S., dan Hasanah, U. (2021). Hubungan Kepercayaan Diri dengan Kemampuan Komunikasi Siswa Kelas V Sekolah Dasar. EduStream: Jurnal Pendidikan Dasar, 5(2), 152-159.

Alfaini, Z. A. (2021). Komunikasi Antar Pribadi Guru dengan Murid dalam Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa Kelas VA SD Negeri 1 Sungailiat Bangka. Studia Komunika: Jurnal Ilmu Komunikasi, 30-37.

Widyaningrum, A., dan Hasanah, E. (2021). Manajemen Pengelolaan Kelas untuk Menumbuhkan Rasa Percaya Diri Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Kepemimpinan Dan Pengurusan Sekolah, 6(2), 181-190.

Azhari, N. A., Pratama, Y. H., Adli, M. S., Jumri, R., Pahrizal, P., & Sepika, S. (2022). Upaya Peningkatan Kemampuan Publik Speaking Guna Mengembangkan Kepercayaan Diri Bagi Siswa SD Muhammadiyah Bengkulu. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (JIMAKUKERTA), 2(3), 490-494.

Anggitawati, B. H., Hadiyanti, A. H. D., dan Kriswanto, Y. B. (2023). Implementasi Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Sikap Percaya Diri dan Kemampuan Komunikasi Peserta Didik. Didaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan, 23(2), 159-174.

Polumulo, M., Rahim, M., dan Botutihe, S. N. (2023). Percaya Diri dan Hubungannya dengan Kemampuan Komunikasi Interpersonal Siswa. Student Journal of Guidance and Counseling, 2(2), 134-144.

Lombu, D., & Lase, F. (2023). Membangun Rasa Percaya Diri Individu dalam Komunikasi Interpersonal. Educativo: Jurnal Pendidikan, 2(1), 241-251.

Febriyanti, B. D. (2023). Model The Learning Cell untuk Melatih Kepercayaan Diri dan Kemampuan Komunikasi Siswa. Al-Ashr: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 8(2), 1-10.

Alika, O., Handayani, A., dan Rakhmawati, D. (2024). Penerimaan Diri dan Sikap Percaya Diri Pada Anak Sekolah Dasar. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 10(1), 607-618.

Nugraha, A. W. (2024). Jenis-Jenis Penelitian. Padang: CV. Gita Lentera.

Downloads

Published

2024-05-06

Most read articles by the same author(s)