PENGARUH PENDIDIKAN MULTIKULTURAL TERHADAP SIKAP TOLERANSI BERAGAMA SISWA DI SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.25112Keywords:
Pendidikan Multikultural, Toleransi Beragama, Sekolah DasarAbstract
Pendidikan multikultural di Indonesia memiliki urgensi yang tinggi mengingat kondisi pluralisme yang ada. Jika keberagaman tidak dikelola dengan baik, hal ini dapat menimbulkan konflik sosial. Pengembangan sikap toleransi, khususnya toleransi beragama, pada siswa sekolah dasar sangat penting. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pendidikan multikultural terhadap sikap toleransi beragama siswa sekolah dasar. Metode yang digunakan adalah studi literatur (literature review) dengan mengidentifikasi, mengevaluasi, dan mensintesiskan hasil penelitian sebelumnya. Data dikumpulkan melalui pencarian di database akademik seperti Google Scholar, ScienceDirect, dan perpustakaan universitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan multikultural memiliki pengaruh positif terhadap sikap toleransi beragama siswa. Pendidikan multikultural berperan penting dalam membentuk sikap toleransi beragama dan dapat dijadikan dasar untuk pengembangan pendidikan yang lebih terbuka dan menghargai perbedaan di sekolah dasar.Downloads
References
Cahyaningtiyas, N., & Rahayu, D. N. (2023). Menanamkan Sikap dalam Toleransi Beragama pada Siswa Sekolah Dasar Melaluo Pembelajaran IPS (Multicultural Based). Jurnal Pendidikan, Kewarganegaraan, Hukum, Sosial Dan Politik, 6(1).
Dewi, L., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Penanaman Sikap Toleransi Antar Umat Beragama di Sekolah. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 8060–8064.
Firdaus, R. A., Sunarto, S., Cahyono, H., Asmaroini, A. P., & Umam, M. K. (2023). Models of Multicultural Education in Efforts to Grow Tolerance in the Guidance Center of SMP An Nahdloh Malaysia. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 15(2), 887–896.
Hadisaputra, P., & Syah, B. R. A. (2020). Tolerance Education in Indonesia: A Literature Review. Jurnal Dialog, 43.
Handayani, P. T., Zakiah, L., Pasha, N. M., Zahra, A. S., & Jaya, I. (2024). Pentingnya Pendidikan Multikultural dan Pendidikan Inklusi di Sekolah Dasar dalam Menghargai Keberagaman: Studi Literatur. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 09.
Idawati, Rosmiati, & Syamsuddin, A. (1998). The Impact of College on the Development of Tolerance. NASPA Journal, 35(4), 281–295.
Koilmo, A. F. E., Beniehaq, F., Sanam, F., Nome, M., Tinenti, M., Beeh, N., & Lala, S. U. (2025). Peran Pendidikan Multikultural dalam Meminimalisir Problematika Toleransi Beragama pada Anak di Sekolah Dasar. Vol. 6.
Lalita, A. C., Zakiah, L., & Haikal, D. R. (2024). The Effect of Multicultural Education on the Tolerant Attitudes of Elementary School Students : A Literature Study. Pendidikan Multikultural, 8(1), 16–21.
Lao, H. A., Bara Pa, H. D., & Dami, F. (2025). Pengaruh Penerapan Pendidikan Multikultural Terhadap Tingkat Toleransi Beragama Berbasis Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Jurnal Dedikasi Pendidikan, 9(1).
Maemunah, Y., Darmiyanti, A., & Ferianto. (2023). Implementasi Pendidikan Multikultural Melalui Rasa Toleransi Beragama di Sekolah Dasar Negeri 1 Cikampek Selatan Jakarta. Jurnal Penelitian dan Pemikiran Keislaman, 10(2).
Muliastrini, N. K. E., Ariska, B., Gotama, P. B. A. P., & Handayani, N. N. L. (2022). Membangun Moderasi Beragama Umat Melalui Budaya Religius Sekolah.
Nasution, abdul saman. (2022). Strategi Membangun Nilai-Nilai Toleransi Antar Umat Beragama di Indonesia. Braz Dent J., 33(1), 1–12.
Nizam, S., & Ubabuddin. (2025). Kajian Literatur Tentang Hubungan Pendidikan Multikultural Dan Sikap Toleransi Siswa. Islamic Learning Journal (Jurnal Pendidikan Islam).
Novianti, Sabillah, B. M., HS, E. F., Amaliyah, N., & Guru Sekolah Dasar, P. (2024). Pengaruh Pendidikan Multikultural Terhadap Sikap Toleransi Siswa di UPTSPF SD Inpres Antang 1 Kota Makassar. Journal Binagogik, 11(1), 1–8. https://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/pgsd
Nur Latifah, Marini, A., & Maksum, A. (2021). Pendidikan Multikultural di Sekolah Dasar (Sebuah Studi Pustaka). Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 6(2), 42–51.
Oktavia, N. I., & Torro, S. (2021). Pengaruh Pendidikan Multikultural Terhadap Tingkat Toleransi Beragama Mahasiswa Pendidikan Sosiologi Universitas Negeri Makassar. In Pinisi Journal Of Sociology Education Review, 1(2).
Sirait, E., Zakiah, L., Agtyasha, G. S., Fadjrin, R. S., & Jaya, I. (2024). Pembelajaran Berbasis Multikultural Dalam Keberagaman Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 09(02), 978–987.
Slamet, S., Agustiningrum, M., Soelistijanto, R., Handayani, D. A. K., Widiastuti, E. H., & Hakasi, B. S. (2021). The Urgency of Multicultural Education for Children. Universal Journal of Educational Research, 9(1), 60–66.
Wales, R. (2023). Pendidikan Multikultural di Indonesia. 1–17.
Yunita, Y., Pangestoeti, W., Ramadhani, B., & Syalsabila, K. D. (2024). Keanekaragaman Masyarakat Indonesia. Socius: Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial, 1(11), 77–80.
Zakiah, L., Sarkadi, & Marini, A. (2023). Teachers’ strategies in teaching social tolerance to elementary school students in Jakarta, Indonesia. Issues in Educational Research, 33(2), 839–855.
Zamroni, A. D. K., Zakiah, L., Rifka Amelia, C., Ahma Shaliha, H., & Jaya, I. (2024). Analisis Pengaruh Implementasi Pendidikan Multikultural Terhadap Sikap Toleransi Keberagaman Siswa Sekolah Dasar Inklusi. Jurnal Imiah Profesi Pendidikan.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.