PENGADAAN POJOK BACA SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MINAT BACA SISWA SEKOLAH DASAR

Authors

  • Tiara Nuraini Universitas Negeri Jakarta
  • Linda Zakiah Universitas Negeri Jakarta
  • M. Syarif Sumantri Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i1.13145

Abstract

Minat baca adalah kecenderungan individu untuk memiliki keinginan atau ketertarikan yang kuat dalam melakukan kegiatan membaca, yang juga diiringi dengan usaha yang berkelanjutan. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh minat baca individu siswa yang masih rendah khususnya tingkat sekolah dasar. Tujuan dari penelitian ini untuk mengumpulkan data dan menggambarkan pengadaan pojok baca dalam meningkatkan minat baca siswa sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian menggunakan teknik survei dan kuesioner dengan pendekatan kuantitatif. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa minat baca siswa sekolah dasar dengan adanya pojok baca di sekolah masih dalam kriteria cukup dengan rata-rata skor 58,7%. Kesimpulan penelitian ini secara keseluruhan menunjukkan bahwa pengadaan pojok baca dapat menjadi salah satu langkah yang efektif dalam meningkatkan minat baca siswa sekolah dasar, namun masih ada sebagian yang membutuhkan perhatian khusus dalam meningkatkan minat baca mereka. Upaya-upaya tambahan dapat dilakukan untuk terus meningkatkan minat baca siswa, seperti obsevasi berulang untuk memahami perubahan dalam minat baca siswa seiring waktu setelah penerapan pojok baca.Kata Kunci: Minat Baca, Pojok Baca, Sekolah Dasar

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anjani, S., Dantes, N., & Artawan, G. (2019). PENGARUH IMPLEMENTASI GERAKAN LITERASI SEKOLAH TERHADAP MINAT BACA DAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS V SD GUGUS II KUTA UTARA. 2.

Aswat, H., & Nurmaya G, A. L. (2019). ANALISIS GERAKAN LITERASI POJOK BACA KELAS TERHADAP EKSISTENSI DAYABACA ANAK DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Basicedu, 4(1), 70–78. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i1.302

Devega, E. (2017, Oktober 10). TEKNOLOGI Masyarakat Indonesia: Malas Baca Tapi Cerewet di Medsos. 2017. https://www.kominfo.go.id/content/detail/10862/teknologi-masyarakat-indonesia-malas-baca-tapi-cerewet-di-medsos/0/sorotan_media

Fauzan Juliansyah, & Rukmana, D. (2022). THE EFFECT OF THE READING CORNER PROGRAM ON INCREASING READING INTEREST. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3), 798–809. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i3.2633

Hermawan, I. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan (Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed Method) (hlm. 40–41). Hidayatul Quran.

Ilmi, N., Wulan, N. S., & Wahyudin, D. (2021). Gerakan Literasi Sekolah dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(5), 2866–2873. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.990

Lestari, R. Y., Rohmayati, T., Oktaviani, R., Karimah, N., & Roudotul, T. (2023). Efektivitas Penerapan Pojok Baca Dalam Peningkatan Literasi Peserta Didik Di SMPN 7 Kota Serang.

Linda Zakiah. (2021). PENGEMBANGAN INSTRUMEN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PADA PEMBELAJARAN PPKN SD. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(02), 272–281. https://doi.org/10.21009/jpd.v11i02.19056

Riyanti, A. (2021). KETERAMPILAN MEMBACA. K-Media.

Salma, A. (2019). Analisis Gerakan Literasi Sekolah Terhadap Minat Baca Siswa Siswa Sekolah Dasar. 7(2).

Sugiyono. (2018). Metode penelitian kuantitatif (1 ed.). Penerbit Alfabeta.

Downloads

Published

2024-03-30

Most read articles by the same author(s)