KONSEP DASAR KEBIJAKAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI

Authors

  • Wika Widiana Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Anni Saumi Fitri Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Cucu Atikah Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.13493

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji kebijakan pendidikan anak usia dini, karakteristik kebijakan pendidikan anak usia dini, dan implementasi kebijakan anak usia dini. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi literatur dan pengumpulan data menggunakan hasil jurnal, buku dan sumber lainnya yang berkaitan dengan topik. Hasil penelitian yang ditemukan bahwa kebijakan pendidikan anak usia dini merupakan aturan yang tertulis yang bertujuan untuk mengatur aktivitas pelaksanaan pendidikan anak usia dini serta perilaku secara terarah yang dikeluarkan berdasarkan hasil peraturan pemerintah. Karakteristik kebijakan Pendidikan anak usia dini yaitu Memiliki tujuan pendidikan, Memenuhi aspek legal-formal, Memiliki konsep operasional, dibuat oleh yang berwenang, dapat dievaluasi, memiliki sistematika. Komponen kebijakan pendidikan terdiri dari lima yaitu tujuan, rencana, program, keputusan, dan dampak. Implementasi kebijakan adalah proses yang terus berubah di mana pelaksana kebijakan melakukan tindakan atau kegiatan untuk mencapai hasil yang sesuai dengan tujuan kebijakan. Implementasi kebijakan PAUD yaitu mencakup sarana dan prasarana, dan faktor pendukung dan penghambat (komunikasi, sumberdaya, disposisi, struktur birokrasi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Elwijaya, F., Mairina, V., & Gistituati, N. (2021a). Konsep Dasar Kebijakan Pendidikan. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 6(1), 67. https://doi.org/10.29210/3003817000

Elwijaya, F., Mairina, V., & Gistituati, N. (2021b). Konsep Dasar Kebijakan Pendidikan. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 6(1), 67. https://doi.org/10.29210/3003817000

Hamidah, D. (2020). Kebijakan Pendidikan Dalam Kebijakan Publik. Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan, 9(1), 34–44. https://doi.org/https://doi.org/10.37755/jsap.v9i1.250

Hastuti, T. P., & Soehartono. (2018). Kebijakan Pendidikan Di Tinjau Dari Segi Hukum Kebijakan Publik. Jurisprudence, 8(1), 34–41. https://doi.org/https://doi.org/10.23917/jurisprudence.v8i1.6293

Hermanto, B. (2020). Perekayasaan sistem pendidikan nasional untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Foundasia, 11(2), 52–59. https://doi.org/10.21831/foundasia

Istiana, Y. (2014). Konsep-Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Didaktika, 20(2), 90–98.

Nurakhmaliyah, S., & Mawardi, I. (2021). Analisis Kebijakan PSBB dalam Proses Pembelajaran di PAUD Terpadu Az-Zahra Tegalrejo Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Anak, 10(2), 150–156. https://doi.org/https://orcid.org/0000-0002-5182-8778

Nurjanah, N. E., & Mukarromah, T. T. (2021). Pembelajaran Berbasis Media Digital Pada Anak Usia Dini Di Era Revolusi Industri 4.0 : Studi Literatur. Jurnal Ilmiah Potensia, 6(1), 66–77. https://doi.org/10.33369/jip.6.1

Putriana, R. D., & Purnaweni, H. (2016). Implementasi Kebijakan Pendidikan Anak Usia Dini Nonformal di Kecamatan Tembalang. Journal Of Public Policy And Management Review, 5(4), 1–7. www.fisip.undip.ac.id

Setiawan, F., Taufiq, W., Puji Lestari, A., Ardianti Restianty, R., & Irna Sari, L. (2021). Kebijakan Pendidikan Karakter Dalam Meminimalisir Kenakalan Remaja. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 18(1), 62–71. https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v18i1.263

Srihartini, Y., Wasliman, I., Iriantara, Y., & Sauri, R. S. (2021). Kebijakan Pendidikan Anak Usia Dini (Paud) Dalam Peningkatan Mutu Pembelajaran di Kabupaten Bogor. Reslaj, 3(2), 236–250. https://doi.org/10.47476/reslaj.v3i2.404

Tanjung, A., Yetti, S., Frinaldi, A., & Syamsir, S. (2023). Implementasi Kebijakan Pendidikan terhadap Kebijakan Publik. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(2), 545–551. https://doi.org/10.24815/jimps.v8i2.24712

Yuliah, E. (2020). Implementasi Kebijakan Pendidikan. Jurnal At-Tadbir: Media Hukum Dan Pendidikan, 30(2).

Yunita, A., Surya Putra, W., & Anggreny, D. (2023). Konsep Dasar Kebijakan Pendidikan. Journal Of International Multidisciplinary Research, 1(2), 652–657. https://doi.org/https://doi.org/10.62504/nc3ts542

Downloads

Published

2024-05-06