NILAI-NILAI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL PADA FILM HICHKI
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.13291Keywords:
Pendidikan Multikultural, Pendidikan Khusus, Hichki, BullyingAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pendidikan multikultur pada film “Hickhi” sebagai bentuk menghargai perbedaan. Sumber data diperoleh dengan mengamati cerita dari film “Hickhi” secara langsung. Teknik untuk mengumpulkan data menggunakan ulasan film atau mendengarkan dan mempelajari. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat nilai-nilai multikultural yang disampaikan melalui adegan dalam film “Hickhi”. Nilai-nilai pendidikan multikultural dalam film “Hickhi” dapat dipahami dari dialog dan adegan yang dimainkan oleh para pemain atau aktor dalam film tersebut. Film “Hickhi” berisi nilai-nilai pendidikan multikultural yang relevan sebagai pembentukan karakter siswa dalam memahami perbedaan. Film ini dapat digunakan sebagai media pembelajaran yang bertujuan pembentukan karakter siswa dalam memahami perbedaan.Downloads
References
Cahyono, H., & Susanti, Y. (2019). Nilai-nilai pendidikan multikultural dalam film animasi Upin ipin episode Esok hari raya, Gong xi fa cai, dan Deepavali. At-Tajdid: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam, 3(01), 70-84.
Choirul Mahfud, 2014. Pendidikan Multikultural, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar,2014). hal. 175
Damayanto, A., Prabawati, W., dan Jauhari, M. N. 2020. Kasus Bullying pada Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Inklusi. Jurnal Ortopedagogia Vol. 6 No. 2, http://journal2.um.ac.id/index.php/jo
Mahi M. Hikmat, 2011. Metodologi Penelitian Dalam Perspektif Ilmu Komunikasi dan Sastra, (Yogyakarta, GRAHA ILMU, 2011). hal. 107
Wijaya, R. S. (2021). NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA FILM" HICKHI"(CEGUKKAN) DAN IMPLEMENTASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA. Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 6(1), 28-32.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.