MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KARTU KATA BERGAMBAR PADA KELAS 1 SD NEGERI 207/VIII SUNGAI ALAI

Authors

  • Suhaidi Suhaidi Universitas Jambi
  • Sukendro Magister Pendidikan Dasar, Universitas Jambi, Indonesia
  • Ugi Nugraha Magister Pendidikan Dasar, Universitas Jambi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i1.12980

Keywords:

Beginning Reading, Media, Picture Word Card, Elementary school

Abstract

Pembelajaran membaca merupakan langkah awal penting bagi siswa Sekolah Dasar (SD) dalam memahami pesan yang disampaikan oleh penulis melalui tulisan. Pembelajaran yang menarik dan efektif diperlukan agar siswa dapat menikmati proses membaca. Salah satu metode yang dapat digunakan adalah penggunaan media kartu kata bergambar, yang memiliki kelebihan dalam memperjelas konsep, mengatasi batasan ruang dan waktu, serta memfasilitasi pembelajaran secara menarik bagi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi efektivitas penggunaan media kartu kata bergambar dalam meningkatkan pemahaman membaca pada siswa kelas 1 SD. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan Tindakan Kelas, dengan model penelitian Kemmis & Mc Taggart dengan melalui empat tahap utama: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah 20 siswa kelas 1 di SDN 207/VIII Sungai Alai. Data dikumpulkan melalui observasi dan tes lisan. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam kemampuan membaca siswa setelah penerapan media kartu kata bergambar. Hasil Pra siklus menunjukkan data awal kemampuan membaca permulaan siswa yaitu sebesar 30%, kemudian setelah diberi tindakan pada siklus I  menjadi 40% dalam persentase ketuntasan tes lisan. Siklus kedua menunjukkan peningkatan lebih lanjut menjadi 57,5%, dan pada siklus ketiga, mencapai 82,5%. Hasil observasi juga menunjukkan peningkatan yang konsisten dari siklus ke siklus yang diakhiri pada siklus III dimana telah menjapai target keberhasilan penelitian yaitu keberhasilan secara klasikal  75%. Hasil penelitian membuktikan bahwa penggunaan media kartu kata bergambar efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Gading, I. K., Magta, M., & Pebrianti, F. (2019). Pengaruh Metode Suku Kata Dengan Media Kartu Kata Bergambar Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan. Mimbar Ilmu, 24(3), 270. https://doi.org/10.23887/mi.v24i3.21417

Herlina, E. S. (2019). MEMBACA PERMULAAN UNTUK ANAK USIA DINI DALAM ERA PENDIDIKAN 4.0. Jurnal Pionir LPPM Universitas Asahan, 5(4), 11–14.

Hoerudin, C. W. (2023). Penerapan Media Flash Card pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa. Jurnal Primary Edu (JPE), 1(2), 235–245.

Lestari, N. D. D., Ibrahim, M., Amin, S. M., & Kasiyun, S. (2021). Analisis Faktor-Faktor yang Menghambat Belajar Membaca Permulaan Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2611–2616.

Rahman, B., & Haryanto, H. (2014). Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan Melalui Media Flashcard Pada Siswa Kelas I Sdn Bajayau Tengah 2. Jurnal Prima Edukasia, 2(2), 127. https://doi.org/10.21831/jpe.v2i2.2650

Rika Widhi Rahayu, F., & Dwi Wardhani, J. (2023). Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Anak dengan Menggunakan Media Kartu Suku Kata Bergambar. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 688–698. https://doi.org/10.37985/murhum.v4i2.375

Salawati, J. B., & Suoth, L. (2020). Pengaruh Media Kartu kata Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan. International Journal of Elementary Education, 4(1), 100. https://doi.org/10.23887/ijee.v4i1.24383

Syatauw, G. R., Solehun, S., & Rumaf, N. (2020). Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan melalui Permainan Kartu kata Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 2(2), 80–86. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v2i2.495

Downloads

Published

2024-03-13

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>