PEMBIASAAN PAGI DI SD AL-ISLAM: MEMBANGUN GENERASI BERKARAKTER

Authors

  • Rahmawati Kumala Sari PGSD, Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara
  • Syailin Nichla Choirin Attalina PGSD, Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara
  • Erna Zumrotun PGSD, Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i1.12972

Keywords:

nilai narakter, pembiasaan pagi, sekolah dasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana pelaksanaan kegiatan pembiasaan pagi di SD Al-Islam memengaruhi pembentukan karakter peserta didik. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan pendekatan interaktif yang mencakup pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan pembiasaan pagi di SD Al-Islam melibatkan serangkaian aktivitas, seperti penyambutan siswa, doa pagi bersama, tadarus juz amma, salat dhuha berjamaah, istighosah hari Jumat, cemplungan (infak/sedekah Jumat), serta Sabtu bersih dan sehat. Kegiatan ini bertujuan untuk membentuk karakter generasi yang kuat. Nilai-nilai yang ditanamkan melalui kegiatan pembiasaan pagi meliputi nilai-nilai religius, disiplin, komunikatif, tanggung jawab, peduli sosial, demokratis, dan peduli lingkungan. Faktor pendukung dalam pelaksanaan kegiatan ini termasuk sumber daya manusia yang berkualitas dan berkompeten, fasilitas yang memadai, serta kepala sekolah dan guru yang menjadi teladan bagi peserta didik. Namun, terdapat pula faktor penghambat seperti perilaku sulit diatur pada peserta didik, kurangnya dukungan atau perhatian dari orangtua, dan kondisi cuaca yang tidak mendukung. Secara keseluruhan, kegiatan pembiasaan pagi ini memberikan dampak positif dengan membiasakan peserta didik pada kebiasaan yang baik, memberikan pemahaman tentang nilai-nilai karakter yang baik, dan membantu membangun perilaku yang positif pada peserta didik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afifah, N. N., Rahman, Y., Jasmienti, & Nurhasnah. (2023). Penerapan Budaya Religius dan Dampaknya Terhadap Kecerdasan Spiritual Peserta Didik di SDN 35/VI Seling Kabupaten Merangin Jambi. SIMPATI: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Bahasa, 1(4), 131–148.

Ahsanulkhaq, M. (2019). Membentuk Karakter Religius Peserta Didik melalui Metode Pembiasaan. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 2(1), 21–33. https://doi.org/10.24176/jpp.v2i1.4312

Akhyar, Y., & Sutrawati, E. (2021). Implementasi Metode Pembiasaan dalam Membentuk Karakter Religius Anak. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 18(2), 132–146. https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v18i2.363

Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. CV Jejak.

Anindita, F. F., & Attalina, S. N. C. (2023). Internalisasi Pendidikan Karakter Religius melalui Budaya Sekolah di SD. Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter, 6(3), 172–182. https://doi.org/10.31949/jee.v6i2.5324

Choirot, S. A. D. F., & Supriyadi. (2023). Penguatan Pendidikan Karakter Religius Siswa Sekolah Dasar Berbasis Budaya Sekolah. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 08(01), 3047–3061.

Difany, S. (2021). Aku bangga menjadi guru: Peran guru dalam penguatan nilai karakter peserta didik. UAD Press.

Gantini, H., & Fauziati, E. (2021). Penanaman Karakter Siswa Sekolah Dasar melalui Pembiasaan Harian dalam Perspektif Behaviorisme. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 3(2), 145–152. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v3i2.1195

Hayati, R. K., & Utomo, A. C. (2022). Penanaman Karakter Gotong Royong dan Tanggung Jawab melalui Metode Pembiasaan di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 6419–6427. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3248

Iswayurani, U., & Attalina, S. N. C. (2023). Analisis Penerapan Pendidikan Karakter Gotong Royong di Lingkungan Kelas IV SDN 04 Bawu Jepara. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 4(3), 2705–2715.

Jasmana. (2021). Menanamkan Pendidikan Karakter melalui Kegiatan Pembiasaan di SD Negeri 2 Tambakan Kecamatan Gubug Kabupaten Grobogan. Elementary:Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 1(4), 164–172.

Kamila, A. (2023). Pentingnya Pendidikan Agama Islam dan Pendidikan Moral dalam Membina Karakter Anak Sekolah Dasar. Al-Furqan : Jurnal Agama, Sosial, Dan Budaya, 2(5), 321–338.

Khoirroni, I. A., Patinasarani, R., Hermayanti, N. I., & Santoso, G. (2023). Pendidikan Karakter: Tingkat Anak Sekolah Dasar di Era Digital. Jurnal Pendidikan Transformatif (Jupetra), 2(2), 269–279.

Maimun, A. (2022). Kecerdasan Spiritual Profetik : Membangun Kecerdasan Spiritual Profetik Ala Nabi Muhammad. Jurnal Living Sufism, 1(2), 141–155.

Marlinawati, H., Narimo, S., Fathoni, A., Minsih, & Fuadi, D. (2022). Penguatan Karakter Kedisiplinan melalui Pembiasaan BUDTRI di Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8506–8516.

Maulidya, D., Syauqi, A., Taraki, A., Jannah, M., & Purba, W. N. Z. (2023). Integrasi Pendekatan Pembiasaan dalam Membentuk Akhlakul Karimah pada Anak Didik melalui Kegiatan Keagamaan di Madrasah Ibtidaiyah. JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar), 6(1), 66–76. https://doi.org/10.26618/jrpd.v6i1.9777

Mursid, & Maulani, N. H. (2023). Penguatan Pendidikan Karakter melalui Pembiasaan Sholat Dhuha Bersama di Sekolah Dasar Berbasis Islam. Ta’rim: Jurnal Pendidikan Dan Anak Usia Dini, 4(4), 169–175.

Musbikin, I. (2019). Penguatan Pendidikan Karakter (PPK). Nusa Media.

Ningsih, W. W., Sofiana, N., & Hamidaturrohmah. (2023). Implementasi Habituasi Profil Pelajar Pancasila dalam Pembentukan Karakter Siswa: Faktor Pendukung dan Penghambat. Jurnal Inovasi Pendidikan, 1(2), 156–172.

Niswah, N., Zumrotun, E., & Attalina, S. N. C. (2023). Pendidikan Karakter Peserta Didik Program Kampus Mengajar di Sekolah Dasar. Jurnal PAKAR Pendidikan, 21(2), 179–190.

Nugroho, I. A., Marwanti, E., & Setyawan, A. D. (2020). Implementasi Pendidikan Karakter Kedisiplinan Siswa di SD Negeri Kliteran Yogyakarta. Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Dan Humaniora, 6(1), 60–66.

Nurdin, A. (2021). Konsepsi Manajemen Pendidikan Karakter dalam Al-Quran. Jurnal Andragogi, 3(1), 94–116.

Pradina, Q., Faiz, A., & Yuningsih, D. (2021). Peran Guru dalam Membentuk Karakter Disiplin ( Studi pada Siswa di Mi Nihayatul Amal Gunungsari Cirebon ). Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 4118–4125.

Rahman, A. M., Ru’iya, S., & Abid, D. F. (2022). Tahap Perkembangan Moral Anak Perspektif Psikologi Pendidikan Islam. Akhlaqul Karimah: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1), 38–50.

Romadhon, K., Hidayat, N., Malahati, F., Rizki, A., & Fitriyati, I. (2023). Menggali Pendidikan Karakter Siswa melalui Kegiatan Keagamaan di Madrasah Ibtidaiyah. Literasi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 15(2), 103–112.

Rukin. (2021). Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. CV. Jakad Media Publishing.

Shinta, M., & Ain, S. Q. (2021). Strategi Sekolah dalam Membentuk Karakter Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 4045–4052. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1507

Siswanto, Nurmal, I., & Budin, S. (2021). Penanaman Karakter Religius melalui Metode Pembiasaan. AR-RIAYAH : Jurnal Pendidikan Dasar, 5(1), 1–11. https://doi.org/10.29240/jpd.

Sri Mulyani, E., & Hunainah. (2021). Pembiasaan Shalat Dhuha untuk Meningkatkan Disiplin Belajar Siswa. Jurnal Qathruna, 8(1), 1–20. https://doi.org/10.32678/qathruna.v8i1.4782

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Suparno. (2018). Analisis Faktor-Faktor Pembentuk Karakter Smart Siswa Di Sekolah Islam Terpadu. Jurnal Pendidikan Karakter, 9(1), 62–73. https://doi.org/10.21831/jpk.v8i1.21675

Tamimi, T. A., Sulistiana, & Hami, W. (2022). Pembentukan Karakter Religius Peserta Didik Melalui Kegiatan Pembiasaan Tadarus Al-Qur’an di SMPN 3 Bojong. Jurnal Al-Miskawaih, 3(2), 69–76. https://doi.org/10.58410/al-miskawaih.v3i2.577

Tsoraya, N. D., Khasanah, I. A., Asbari, M., & Purwanto, A. (2023). Pentingnya Pendidikan Karakter terhadap Moralitas Pelajar di Lingkungan Masyarakat Era Digital. Literaksi: Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(1), 7–12.

Uge, S., Arisanti, W. O. L., & Hikmawati. (2022). Upaya Guru dalam Menanamkan Karakter Disiplin Siswa Sekolah Dasar. ELSE ( Elementary School Education Journal ), 6(6), 460–476.

Yulianti, Y. (2021). Pentingnya Pendidikan Karakter untuk Membangun Generasi Emas Indonesia. CERMIN: Jurnal Penelitian, 5(1), 28–35. https://doi.org/10.36841/cermin_unars.v5i1.969

Downloads

Published

2024-03-13