ANALISIS PROGRAM TAHFIDZ AL- QURAN TERHADAP PENGUASAAN HAFALAN PADA SISWA KELAS V MI DARUL HIKMAH

Authors

  • Nining Silviana Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara
  • Erna Zumrotun Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i3.10826

Keywords:

Penguasaan, MI Darul Hikmah, Tahfidz Alquran

Abstract

Madrasah Ibtidaiyah Darul Hikmah, dengan visi menjadikannya sebagai lembaga pendidikan yang islami, berkarakter, dan berkerakyatan, telah menerapkan program Tahfidz Al-Quran yang merupakan sebuah program yang bertujuan untuk mencapai visi tersebut. Program ini disusun untuk menolong murid-murid menghafal Al-Quran dan pembentukan karakter dan prilaku yang selaras dengan ajaran Islam. Program ini juga relevan dengan visi madrasah karena menghafal Al-Quran memerlukan disiplin, berkonsentrasi, dan mengingat, yang merupakan indikator penting dalam capaian akademis. Selain itu, kemampuan menghafal Al-Quran sangat berharga untuk masyarakat Muslim, yang mendukung visi "kerakyatan" madrasah. Analisis mengenai program ini penting untuk mengetahui efektivitas program dalam menolong siswa menghafal Alquran dan mendukung pencapaian visi madrasah. Program ini memerlukan persiapan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasi yang menyeluruh di setiap tahap proses pembelajaran.Penelitian ini meggunakan pendekatan kualitatif, Dengan jenis tipe studi kasus, pengumpulan data yang digunakan antara lain observasi, wawancara,dokumentasidan angket. hasil penelitian ini di peroleh, 1). efektifitas rogram tahfidz, peserta didik memasuki kelas untuk mengikuti jam pelajaran selanjutnya kemudian peserta didik murojaah secara bersama-sama. murojaah surat-surat pendek pada juz amma yang sudah ditentukan oleh ustadz setiap harinya. Waktu pembelajaran tahfidz ada di jam pertama dan terkhir di kelas V.,2). Metode program kelas tahfidz, Dalam program Tahfidz, guru memakai metode murojaah dan Muri-Q. Pengulangan atau muraja'ah perlu dilaksanakan agar hafalannya bertahan dan semakin baik. 3). Peran guru dan sekolah, meliputi: pembing spiritual, pengawas dan penilai dan pendidik akhlak.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Assyakurrohim, D., Ikhram, D., Sirodj, R. A., & Afgani, M. W. (2022). Metode Studi Kasus dalam Penelitian Kualitatif. Jurnal Pendidikan Sains Dan Komputer, 3(01), 1–9. https://doi.org/10.47709/jpsk.v3i01.1951

Astutik, D. (2023). Pendampingan Belajar Menghafal Surat-Surat Pendek dengan Metode Muroja’ah di SDN 2 Sidoharjo Kecamatan Pulung Ponorogo. Social Science Academic, 2023, 123–131.

Azizah, D. D., & Murniyetti. (2023). Pelaksanaan Program Tahfidz Al-Qur’an Dalam Membentuk Karakter Religius Peserta Didik. An-Nuha: Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 60–73.

Hidayah, S., & Zumrotun, E. (2023). Penggunaan Met ode Qiro ’ ati Dalam Pembelajaran Membaca Al-. 6, 353–364.

Kamila, L., & Surakarta, S. M. P. A. (2023). ِ ا ن ْ ل ز ا ِ إ و ا ِ إ ن ر ك ذلا ح ُ هحل ن َّ ْ ح ن َّ ح ح ح ا ح ن ن ُ ن َ. 1419–1446. https://doi.org/10.30868/ei.v12i02.4081

Maria Ulfah, S. (2022). Implementasi Pendekatan Saintifik Sebagai Paradigma Pembelajaran Fiqih (Studi Implementasi Kurikulum 2013 di MTs Ma’arif NU 1 Kembaran Kabupaten Banyumas). Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2c), 844–854. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i2c.544

Maruapey, K., Khasanah, U., Sulistyowati, S., & Fatimah, M. (2023). Penerapan Metode Muroja’Ah Dalam Meningkatkan Hafalan Al-Qur’an. Mamba’ul ’Ulum, 19(1), 12–20. https://doi.org/10.54090/mu.92

Mustofa, A. S. (2022). Penerapan Metode Murottal Irama Qur’an (Muri-Q) dalam Menghafal Al Quran Surat-Surat Pendek di MTs Miftahul Ulum Rambipuji Tahun Ajaran 2021/2022.

Nadialista Kurniawan, R. A. (2021). Penerapan Metode Murojaah Tahfidzul Quran Bagi Mahasiswa Di Pondok Pesantren Putri Tahfidzul Qur'an Al- hiklmah Tugurejo. Industry and Higher Education, 3(1), 1689–1699. http://journal.unilak.ac.id/index.php/JIEB/article/view/3845%0Ahttp://dspace.uc.ac.id/handle/123456789/1288

Riandini, T., Sari, S. F., & Saputra, A. A. (2023). Kepala Sekolah Dalam Mengembangkan Tahfidz Al-Qur’an Di Madrasah Aliyah Al-Fatah Palembang. Wahana Karya Ilmiah Pendidikan, 7(01), 31–41. https://doi.org/10.35706/wkip.v7i01.9227

Rustiana, D., & Ma`arif, M. A. (2022). Manajemen Program Unggulan Tahfidz Qur’an dalam Meningkatkan Kualitas Hafalan Al-Qur’an Siswa. Kharisma: Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 1(1), 12–24. https://doi.org/10.59373/kharisma.v1i1.2

Salsabilah, A. N., Suwandayani, B. I., & Nuro, F. R. M. (2023). Implementasi Program Unggulan Tahfidz Quran dalam Optimalisasi Profil Pelajar Pancasila di SD Muhammadiyah 8 Tulangan – Sidoarjo. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 08(September), 5906–5919.

Downloads

Published

2023-11-14