PENGARUH BERMAIN KOLABORATIF DENGAN MEDIA LEGO TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI ANAK GANGGUAN PEMUSATAN PERHATIAN DAN HIPERAKTIVITAS (GPPH) DI TK MAKASSAR MONTESSORI SCHOOL
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i1.12796Keywords:
Bermain Kolaboratif, Kemampuan Komunikasi, Anak GPPHAbstract
Penelitian ini di latar belakangi oleh permasalahan anak yang mengalami Gangguan Pemusatan Perhatian dan Hiperaktivitas (GPPH) di TK Makassar Montessori School diantaranya anak sulit berbicara sehingga terhambatnya komunikasi dua arah, anak tidak melakukan kontak mata pada saat melakukan komunikasi dan anak sulit bersosialisasi serta suka menyendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bermain kolaboratif dengan media Lego terhadap kemampuan komunikasi anak. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis single subject design. subjek yang digunakan dalam penelitian ini yaitu eksperimen subjek tunggal dan melakukan penelitian terhadap satu orang anak yang berinisial P. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, tes dan dokumentasi. Prosedur pengumpulan data mencakup perencanaan, tahapan baseline 1, pemberian perlakuan intervensi dan pemberian baseline dua serta analisis hasil. Data yang diperoleh akan dianalisis sesuai kondisi yaitu analisis dalam kondisi, analisis antarkondisi dan perubahan kecenderungan stabilitas dan efektivitas. Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa dengan adanya penggunaan metode bermain kolaboratif dengan media Lego dapat meningkatkan kemampuan komunikasi pada anak dengan Gangguan Pemusatan Perhatian dan Hiperaktivitas (GPPH) di TK Makassar Montessori School.Downloads
References
Gunawan, L. (2021). Komunikasi Interpersonal pada Anak Dengan Gangguan Attention Deficit Hyperactivity Disorder (GPPH). Psiko Edukasi, 19(1), 49-68.
Ilyas, S. N., Amal, A., Asti, A. S. W., & Hajerah, H. (2021). Pengembangan Media Busy Book pada Guru PAUD di Kecamatan Pattalassang Kabupaten Takalar. INOVASI: Jurnal Hasil Pengabdian Masyarakat, 1(1), 11-16.
Mayasari, A. Kemampuan Komunikasi Anak GPPH Dalam Interaksi Sosial Usia 4-5 Tahun Di Tk Inklusi Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember (Doctoral Dissertation, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan).
Muadzin, M. (2016). Keefektifan model bantuan Carkhuff untuk meningkatkan kemandirian pengambilan keputusan karier siswa Sekolah Menengah Atas (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Malang).
Nasution, S. (2017). Variabel penelitian. Jurnal Raudhah, 5(2). https://doi.org/10.24952/masharif.v4i1.721
Noorhayati, S., & Dewi, N. F. K. (2019). Dampak penggunaan gadget terhadap komunikasi anak usia 4-5 tahun. Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, 8(1), 1-10.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.