ANALISIS KETERAMPILAN MENGAJAR GURU PADA MUATAN PEMBELAJARAN IPAS KELAS IV SEKOLAH DASAR

Authors

  • Maulida Nurul Aini PGSD FSTP Universitas Muhammadiyah Lamongan
  • Rossa Selfi Yuliana Putri PGSD FSTP Universitas Muhammadiyah Lamongan
  • Septiaini Dwi Nurcholisyah PGSD FSTP Universitas Muhammadiyah Lamongan
  • A.F. Suryaning Ati MZ Universitas Muhammadiyah Lamongan

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i1.12560

Keywords:

IPAS, Keterampilan Mengajar, Sekolah Dasar

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mengetahui keterampilan mengajar guru pada mata pelajaran IPAS kelas IV Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Metode penelitian kualitatif digunakan untuk menggambarkan dan menganalisis fenomena, peristiwa, aktivitas sosial, sikap, kepercayaan, persepsi, dan pemikiran baik secara individu maupun dalam kelompok. Data penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan pedoman observasi dan pedoman studi dokumentasi yang telah disusun dan dikembangkan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 4 Made Lamongan. Dan objek penelitian ini adalah keterampilan mengajar guru kelas IV di SD Negeri 4 Made Lamongan. Fokus penelitian ini adalah pada gejala fenomena keterampilan mengajar guru yang mengajar muatan pembelajaran IPAS di kelas IV Sekolah Dasar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan mengajar guru kelas IV pada pembelajaran IPAS di SD Negeri 4 Made Lamongan secara umum berada pada kategori sangat baik. Dapat disimpulkan bahwa penerapan keterampilan dasar mengajar oleh guru kelas IV pada pembelajaran IPAS sudah berjalan dengan cukup baik. Dari delapan keterampilan mengajar yang diamati, hampir seluruh keterampilan tersebut dapat diterapkan guru dengan baik dalam proses pembelajaran IPAS.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arqam madjid, kompetensi profesional guru: keterampilan dasar mengajar, (pare-pare, peqguruang: conference series, th 2019)h, 314

Asmahasanah, S., Sa’diyah, M., & Ibdalsyah, I. (2018). Analisis Keterampilan Mengajar Guru dan Penanaman Nilai Positif Melalui Pemanfaatan Kebun Sekolah. Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan, 27(2), 167–173. https://doi.org/10.17977/um009v27i22018p167

Bastian, B. (2019). Analisis Keterampilan Dasar Mengajar Guru Dalam Melaksanakan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. JURNAL PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 3(6), 1357. https://doi.org/10.33578/pjr.v3i6.7899

Dewi, N. K., Nasaruddin, N., Safruddin, S., & Affandi, L. H. (2021). Pelatihan Penyusunan Bahan Ajar Daring Berbasis Hots Dan Kelokalan Ntb Pada Mahasiswa PGSD FKIP UNRAM. Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat, 4(4), 480- 486.

Hariati, L., Turmuzi, M., & Saputra, H. H. (2022). Analisis Keterampilan Mengajar Guru Pada Muatan Pembelajar Matematika Kelas V di SD Negeri 1 Kempo Tahun Ajaran 2021/2022. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3), 1132–1142. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i3.722

Hartini, S. (2019). Kompetensi Profesional Guru dalam Meningkatkan Motif Berprestasi Peserta Didik: Studi di SDN Karangpucung 04 dan SDN Karangpucung 05 Kabupaten Cilacap. Indonesian Journal of Education Management & Administration Review, 3(1), 71-76.

Hendratmoko, T., Kuswandi, D., & Setyosari, P. (2018). Tujuan Pembelajaran Berlandaskan Konsep Pendidikan Jiwa Merdeka Ki Hajar Dewantara. JINOTEP (Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran): Kajian dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 3(2), 152-157.

Inri novita dwianti, rekha ratri julianti, ega trisna rahayu, “pengaruh media powerpoint dalam pembelajaran jarak jauh terhadap aktivitas kebugaran jasmani sisw. (karawang: universitas singaperbangsa karawang.2021)h. 675

Inshofa. (2018). Analisis Keterampilan Proses IPA Dasar Dalam Pembelajaran Tematik- Terpadu.

Juharti, “Pengaruh Keterampilan Menjelaskan Terhadapmotivasi Belajar Siswa Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran Di Smk Negeri 4 Pangkep” Disertasi Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran.

Kemendikbudristek, “Buku Saku: Tanya Jawab Kurikulum Merdeka,” Kemendikbudristek (2022): 9–46, ult.kemdikbud.go.id

Laela Purnama, L. N., Asrin, A., & Syahrul Jiwandono, I. (2021). Kompetensi Guru Dalam Pengelolaan Pembelajaran Kelas Di SD Negeri Tampar-Ampar Kecamatan Praya Tengah Kabupaten Lombok Tengah. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 5(2), 195. https://doi.org/10.26858/jkp.v5i2.19756

Lase, D. (2019). Education and industrial revolution 4.0. Jurnal Handayani Pgsd Fip Unimed, 10(1), 48-62.

Maesaroh, S., Kurnia, B., & Yusup, R. (2023). Analisis Kemampuan Guru Menerapkan Keterampilan Bertanya Pada Pembelajaran IPAS di Kelas IV SD Negeri 1 Parakansalak. 09(04), 2206–2223.

Merliza, P., Ralmugiz, U., & Waritsman, A. (2020). Role Of Scaffolding Toward Enhancing Understanding Of Low-Achieving Students ( LAS ) In Mathematics Learning. Jurnal International Conference On Research, 30(May), 16–17.

MZ, A. Suryaning Ati, Rusijono, and Suryanti. 2021. “Pengembangan Dan Validasi Perangkat Pembelajaran Berbasis Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar.”Jurnal Basicedu5(4):2685–90.

Mz, A. F. S. A. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Gambar Seri Terhadap Kemampuan Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas V Mi Muhammadiyah 1 Payaman. Bintang : Jurnal Pendidikan Dan Sains, 3(1), 142–152.

MZ, M, Miftachul. H., Kharism, A. I. (2020). Implementation of School Field Introduction (PLP) on Basic Teaching Skills for Prospective Elementary School Teacher Students. Jurnal Basicedu, 5(5), 3(2), 524–532. https://journal.uii.ac.id/ajie/article/view/971

N. Nuridin, J. Jupriyanto, and R. A. Frastika, 2019 Pengaruh Keterampilan Mengajar Guru Terhadap Aktivitas Belajar Siswa Sd Negeri 04 Loning, J. Ilm. Pendidik. Dasar, 6(1), 4

Ningsih, S., Ermiana, I., & Husniati, H. (2023). Analisis Keterampilan Mengajar Guru Pada Pembelajaran Tematik Kelas IV di SDN 1 Gerung Selatan. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(1), 496–506. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i1.1332

Retnodari, Wahyuning, W. F. E. dan S. L. (2020). dalam Pembelajaran Matematika. Scaffolding Dalam Pembelajaran Matematika, 4(November), 978–979. http://idealmathedu.p4tkmatematika.org/wp-content/uploads/2016/01/4_Nelly-Yuliana.pdf

Rohima, R., Wardhani, S., & S.W. Sumah, A. (2021). Analisis Keterampilan Mengajar Guru IPA Pada Masa Pandemi Di SMP Islam Terpadu Se-Kota Palembang. Biodik, 7(4), 136–144. https://doi.org/10.22437/bio.v7i4.14523

Rymarczyk, J. (2020). Technologies, opportunities and challenges of the industrial revolution 4.0: theoretical considerations. Entrepreneurial business and economics review, 8(1), 185-198.

Shahroom, A. A., & Hussin, N. (2018). Industrial revolution 4.0 and education. Internasional Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 8(9), 314-319

Shita, S. T., Istiyati, S., & Hadiyah. (2021). Analisis Keterampilan Dasar Mengajar Guru pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Didaktika Dwija Indria, 9(6), 367–370.

Sopandi, A. (2019). Pengaruh kompetensi profesional dan kompetensi kepribadian terhadap kinerja guru. Scientific Journal of Reflection: Economic, Accounting, Management and Business, 2(2), 121-130.

Sridana, I. N., Arjudin, A., Amrullah, A., Turmuzi, M., & Junaidi, J. (2021). Sosialisasi dan implementasi perangkat pembelajaran matematika dalam mendukung keterampilan abad 21. Rengganis Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 58-62

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfaberta.

Sumiah, N., Aminuyati, & Khosmas, F. Y. (2018). Analisis keterampilan mengajar guru dalam meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Ekonimi di SMA. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(9), 1–17.

Syaripuddin. (2019). Sukses Mengajar Di Abad 21 (Keterampilan Mengajar Dan Pendekatan Pembelajaran K13). Uwais Inspirasi Indonesia: Jakarta.

Downloads

Published

2024-03-04