KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA SEKOLAH DASAR DITINJAU DARI SELF CONCEPT

Authors

  • Machful Indra Kurniawan Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Ajeng Ulidatul Putri Algi PGSD FPIP Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i1.12553

Keywords:

Kemampuan Koneksi Matematis, Self Concept, Sekolah Dasar

Abstract

Rendahnya kemampuan koneksi matematis siswa dipengaruhi oleh rendahnya pengetahuan mereka dalam menerapkan matematika di kehidupan sehari-hari, serta kurangnya pemahaman konsep untuk mengatasi persoalan matematika. Guna mengurangi rendahnya koneksi matematis, perlu disusun proses pembelajaran matematika yang menggambarkan hubungan konsep dari situasi. Untuk itu, self-concept siswa dianggap sangat krusial dalam mengaitkan konsep satu dengan yang lain dan mengaplikasikan konsep dalam menyelesaikan masalah matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi tingkat kemampuan koneksi matematis siswa dengan mempertimbangkan self-concept mereka. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Analisis data yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pengumpulan data menggunakan instrumen evaluasi, dalam bentuk tes soal dan tes non-tes berupa angket. Subjek penelitian ini melibatkan 6 siswa kelas V di SDN Sumput Sidoarjo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan self-concept positif mampu menguasai semua indikator kemampuan koneksi matematis dengan baik. Sedangkan siswa dengan self-concept negatif kurang mampu menguasai kemampuan koneksi matematis.  

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aulya, Muhammad Rico, Nizaruddin, and Rizky Esti Utami. 2023. “Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Koneksi Matematis Siswa Pada Materi Segiempat Dan Segitiga Ditinjau Dari Self-Concept Matematis Siswa.” JURNAL KUALITA PENDIDIKAN 4(1):28–46. doi: https://doi.org/10.51651/jkp.v4i1.343.

Fani, Ayu Aprilianti Dwi, and Kiki Nia Sania Effendi. 2021. “Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Ditinjau Dari Kecemasan Belajar Pada Siswa Smp Pada Materi Lingkaran.” JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif) 4(1):137–48. doi: 10.22460/jpmi.v4i1.137-148.

Hadin, Hadin, Helmy Muhammad Pauji, and Usman Aripin. 2018. “Analisis Kemampuan Koneksi Matematik Siswa Mts Ditinjau Dari Self Regulated Learning.” JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif) 1(4):657. doi: 10.22460/jpmi.v1i4.p657-666.

Hermawan, Dadan, and Sufyani Prabawanto. 2016. “Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Teknologi Informasi Dan Komunikasi Terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Sekolah Dasar.” EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru 7(1). doi: 10.17509/eh.v7i1.2791.

Kenedi, Ary Kiswanto, Sheryane Hendri, Hasmai Bungsu Ladiva, and Nelliarti. 2018. “Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Sekolah Dasar Dalam Memecahkan Masalah Matematika.” Jurnal Numeracy 5(2):226–35. doi: https://doi.org/10.46244/numeracy.v5i2.396.

Koriyah, Vivi Nur, and Idris Harta. 2015. “Pengaruh Open-Ended Terhadap Prestasi Belajar, Berpikir Kritis Dan Kepercayaan Diri Siswa SMP.” Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika 10(1):95–105.

Lubis, Roslian, Toharuddin Harahap, and Dwi Putria Nasution. 2019. “Pendekatan Open-Ended Dalam Membelajarkan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa.” Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika 8(3):399–410. doi: 10.31980/mosharafa.v8i3.547.

Puteri, Junike Wulandari, and Selvi Riwayati. 2017. “Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Pada Model Pembelajaran Conneted Mathematics Project (Cmp).” FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika 3(2):161. doi: 10.24853/fbc.3.2.161-168.

Rahman, Risqy. 2012. “Hubungan Antara Self-Concept Terhadap Matematika Dengan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik Siswa.” Infinity Journal 1(1):19. doi: 10.22460/infinity.v1i1.4.

Ridzkiyah, Nur, and Kiki Nia Sania Effendi. 2021. “Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa Sma Dalam Menyelesaikan Soal Program for International Student Assessment (Pisa).” JIPMat 6(1):1–13. doi: 10.26877/jipmat.v6i1.8237.

Romlah, Siti, and Chandra Novtiar. 2018. “Hubungan Antara Self-Concept Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Mtsn 4 Bandung Barat.” Nusantara of Research : Jurnal Hasil-Hasil Penelitian Universitas Nusantara PGRI Kediri 5(1):9–15. doi: 10.29407/nor.v5i1.12087.

Romli, Muhammad. 2016. “Profil Koneksi Matematis Siswa Perempuan SMA Dengan Kemampuan Matematika Tinggi Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika.” MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology 1(2):144. doi: 10.30651/must.v1i2.234.

Sari, Siti Maryam, and Heni Pujiastuti. 2020. “Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Ditinjau Dari Self-Concept.” Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif 11(1):71–77. doi: 10.15294/kreano.v11i1.22717.

Yana, Fitri, and Haida Fitri. 2022. “Perbedaan Hasil Belajar Matematika Siswa Berdasarkan Tingkat Pendidikan Ayah.” Lattice Journal : Journal of Mathematics Education and Applied 1(1):53. doi: 10.30983/lattice.v1i1.4975.

Z, Yulia Rahmawati, Nanang Priatna, and Nurjanah Nurjanah. 2018. “Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematis Dan Self-Concept Siswa Melalui Pendekatan Saintifik Pada Materi Trigonometri.” JMPM: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika 3(2):108–22. doi: 10.26594/jmpm.v3i2.1272.

Downloads

Published

2024-03-03