ANALISIS KEMAMPUAN NUMERASI AWAL SISWA DENGAN GANGGUAN TUNAGRAHITA

Authors

  • Machful Indra Kurniawan Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Novita Nur Anggraeni PGSD FPIP Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i3.11023

Keywords:

Kata Kunci: Kemampuan Numerasi, Tunagrahita, Sekolah Dasar

Abstract

Numerasi awal merupakan salah satu keterampilan matematika yang harus dikuasai oleh siswa sekolah dasar. Namun, untuk anak tunagrahita belum menguasai numerasi awal yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan numerasi awal siswa dengan gangguan tunagrahita. Dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif melalui pendekatan studi kasus dengan subjek yang terlibat dalam penelitian adalah 1 siswa laki-laki dan 1 siswa perempuan dengan gangguan tunagrahita kelas III. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini melalui observasi, wawancara dan tes numerasi awal siswa tunagrahita. Teknik analisis data dilakukan melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menyatakan bahwa D mampu mengenal bilangan 1 sampai 10 secara mandiri dan mampu menjumlahkan serta mengurangkan satuan dengan bantuan benda kongkrit. Sedangkan N belum bisa mengenal bilangan dan melakukan perhitungan sederhana. Namun N dapat menuliskan bilangan satuan sampai ribuan dengan menggunakan media gambar. Keduanya belum mampu membandingkan jumlah benda menggunakan symbol lebih dari (>), kurang dari (<), sama dengan (=). Ketidakmampuan siswa tunagrahita dalam menguasai numerasi awal ini dipengaruhi oleh kurangnya minat belajar serta terbatasnya fungsi intelektual atau IQ, yang menyebabkan siswa tunagrahita tidak mampu berpikir abstrak, sehingga berpengaruh besar terhadap kemampuan menguasai numeriknya

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adelzha, N. S., & Wulandari, M. D. (2022). Pengembangan Media Boxsemart Mengenal Huruf dan Angka bagi Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar. JURNAL BASICEDU, 5700-5707.

Amanullah, A. R. (2022). Mengenal Anak Berkebutuhan Khusus : Tuna Grahita,Down Syndrom Dan Autisme. jurnal almurtaja: jurnal pendidikan islam anak usia dini, 1-14.

Apanasionok, M. M., Alallawi, B., Grindle, C. F., Hastings, R. P., Watkins, R. C., Nicholls, G., . . . Staunton, D. (2021). Teaching early numeracy to students with autism using a school staff delivery model. British Journal of Special Education, 90-111.

Astutik, P. (2022). Media Math Manipulative Tentang Konsep Simbol Bilangan Dalam Meningkatkan Kemampuan Membandingkan Jumlah Benda Bagi Siswa Sd Kelas I Sdn Songgokerto 03 Batu. jurnal pendidikan taman widya humaniora (JPTWH), 583-606.

Creswell, J. W. (2013). Qualitative Inquiry & Research Design. Vicki Knight Associate.

Damastuti, E. (2020). Pendidikan Anak dengan Hambatan Intelektual. Prodi PLB FKIP ULM.

Darmawati, T. L., Hastijanti, R. R., & Murti, F. (2023). Strategi desain fasilitas pendidikan bagi tunanetra dan tunagrahita. sarga: journal of architecture and urbanism, 23-32.

Dermawan, N., Hadis, A., & Mustafa. (2023). PENINGKATAN KEMAMPUAN OPERASI PENJUMLAHAN MELALUI PENGGUNAAN PERMAINAN TRADISIONAL CONGKLAK PADA MURID TUNAGRAHITA RINGAN KELAS IV DI SLB NEGERI 1 GOWA. Pinisi journal of education, 1-12.

Faisah, S. N., Siregar, M. A., Firanda, Nandita, I., Mujahadah, Auliyah, A., . . . Samsuddin, A. F. (2023). Kesulitan Anak Berkebutuhan Khusus Tunagrahita dalam Belajar Mengenal Angka di SLB Bhakti Pertiwi Samarinda. prosiding seminar nasional pendidikan matematika, universitas mulawarman, 34-41.

Fitriani, I. (2023). ANALISIS PROSES BERPIKIR SISWA TUNAGRAHITA MAMPU DIDIK (MILD) DALAM MENYELESAIKAN MASALAH OPERASI HITUNG BILANGAN DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJARNYA. Yogyakarta.

Friantini, R. N., Winata, R., Lase, V. M., Miranda, L. L., Kristina, & Rosa. (2021). PENGUATAN NUMERASI ANAK TAHAP AWAL SEKOLAH DI DUSUN UGAN HILIR DESA NYIIN. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 2231-2245.

Hamlin, R., Mustafa, & Pristiwaluyo, T. (2023). PENINGKATAN KEMAMPUAN OPERASI PENGURANGAN MELALUI BALOK CUISENAIRE PADA ANAK TUNAGRAHITA KELAS VI DI SLB NEGERI 1 KENDARI. repository software universitas negeri makassar, 1-24.

Humairo, V. M., & Amelia, Z. (2020). Peningkatan Kemampuan Berhitung Awal Melalui Modifikasi Bentuk Permainan Congklak. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 19-30.

Jubaidah, & Utomo, P. (2021). Pola Pembelajaran dalam Layanan Bimbingan dan Konseling Terhadap Siswa Berkebutuhan Khusus ( Tunagrahita ) di Sekolah Luar Biasa. jambura guidance and counseling journal, 62-73.

Kemendikbud. (2017). MATERI PENDUKUNG LITERASI NUMERASI. Jalan Daksinapati Barat IV, Rawamangun, Jakarta Timur.

Khoirunnisa, S., & Adirakasiwi, A. G. (2023). ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI SISWA SMP PADA ERA MERDEKA BELAJAR. jurnal pembelajaran matematika inovatif, 925-936.

Latifah, & Rahmawati, F. P. (2022). Penerapan Program CALISTUNG untuk Meningkatkan Literasi Numerasi Siswa Kelas Rendah di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5021-5029.

Lubaidi, W., Darmiany, Setiawan, H., & Umar. (2022). Profil Kemampuan Numerasi Peserta Didik Kelas V MI. Minhajussa’adah Tahun Ajaran 2021/2022. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 1944-1950.

Machdarini, & Hidayat, L. (2021). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berhitung Pada Anak Tuna Grahita Ringan Dengan Menggunakan Media Kantong Biji Tasbih PADA SISWA KELAS III SLB NEGERI KUALA TUNGKAL. Exponential (Education For Exceptional Children), 232-236.

Maulidiyah, F. N. (2020). Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Untuk Anak Tunagrahita Ringan. Jurnal pendidikan, 93-100.

Maulyda, M. A., Affandi, L. H., Rosyidah, A. K., Oktaviyanti, I., Erfan, M., & Hamdani, I. (2021). PROFIL WAWASAN GURU SEKOLAH DASAR DALAM PEMBELAJARAN NUMERASI BERBASIS LEVEL KEMAMPUAN SISWA. JPMI Jurnal Pembelajaran Matematika, 619-630.

Mutaali, A. A. (2021). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN KONSTEKTUAL PADA ANAK TUNAGRAHITA. Adijaya jurnal multidisplin, 705-713.

Ngurawan, S. (2021). Penggunaan Media Puzzle dalam Meningkatkan Kemampuan Mengenal Angka 1-10 Pada Siswa Tunagrahita Ringan di Kelas 1 SLB Maranatha Airmadidi. jurnal ilmiah wahana pendidikan, 455-458.

Nugrahani, F. (2008). metode penelitian kualitatif. surakarta.

Perdana, R., & Suswandari, M. (2021). Numerical Literacy in Thematic Learning for Upper Grade Elementary School Students. Absis: Mathematics Education Journal, 9-15.

Purpura, D. J. (2010). Informal Number-Related Mathematics Skills: An Examination of the Structure of and Relations Between These Skills in Preschool. Florida State University Libraries.

Puspitasari, I., & Noormiyanto, F. (2021). Meningkatkan Kemampuan Berhitung Melalui Media Busy Book Siswa Kelas 2 Sdlb-C Slb Sekar Handayani. Jurnal exponential, 212-218.

Rakhmawati, Y., & Mustadi, A. (2022). The circumstances of literacy numeracy skill: Between notion and fact from elementary school students. Jurnal Prima Edukasia, 9-18.

RAMADHAN, M. A. (2020). PENERAPAN METODE BERMAIN LEMPAR GELANG DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG PENJUMLAHAN PADA MURID TUNAGRATHITA RINGAN KELAS DASAR III SLB YPPLB PANGKEP. eprints repository software universitas mnegeri makassar, 1-12.

Rezieka, D. G., Putro, K. Z., & Fitri, M. (2021). Faktor Penyebab Anak Berkebutuhan Khusus Dan Klasifikasi Abk. Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak, 40-53.

Ridho, R. M., & Danuri. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Operasi Hitung Matematika Pada Siswa Kelas IV SD N Bugel Panjatan Kulon Progo. Jurnal Penelitian & Artikel Pendidikan, 67-76.

Rizki, P. (2020). analisis kesulitan anak tunagrahita dalam menyelesaikan operasi penjumlahan disekolah luar biasa (SLB). palembang.

Rohmah, N. N., Rahmadani, A., Ariyanto, A., Widiyasari, C., & Minsih. (2023). IMPLEMENTASI GERAKAN LITERASI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH DASAR. Jurnal ilmiah mitra swara ganesha, 1-7.

Saputri, S., Ningsih, E. F., & Widyawati, S. (2017). Analisis Kesulitan Anak Tunagrahita Dalam Menyelesaikan Soal Operasi Penjumlahan Di Sekolah Luar Biasa (Slb) Harapan Ibu Metro. MaPan: jurnal matematika dan pembelajaran, 187-200.

Sarnoto, A. Z. (2023). Pelatihan Literasi Numerasi Kelas Awal di Jakarta Selatan. SABAJAYA: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 7-13.

Shabrina, L. M. (2022). KegiataKampus Mengajar dalam Meningkatkan Keterampilan Literasi dan Numerasi Siswa Sekolah Dasar. JURNAL BASICEDU, 916-924.

Sukarani, N. M., & Bella, C. (2022). Sejarah Aritmatika : Manfaat Pembelajaran. Dunia Ilmu, 1-8.

Susilowati, R., Malik, H. A., & Kusuma, A. P. (2019). Pengaruh Permainan Papan Magnet terhadap Kemampuan Berhitung Awal Anak Usia Dini. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara, 1-6.

Taunu, E. S., Ngaba, A. L., & Nuhamara, Y. T. (2023). Analisis Kesulitan Berhitung Siswa Sekolah Luar Biasa Negeri Kanatang. Simpati: jurnal penelitian pendidikan dan bahasa, 207-213.

Toala, D. S., Mansoer, Z., & Mappapoleonro, A. M. (2020). Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Konsep Ukuran (Perbandingan Lebih Dari-Kurang Dari) Melalui Media Manipulatif. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara II, 91-98.

Wahyuni, S., & Muliati, F. (2022). Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca, Menulis Dan Menghitung Melalui Remedial Teaching Bagi Anak Tunagrahita Ringan Di Wisma Paulo 6 Yayasan Bhakti Luhur Malang. Jurnal Pelayanan Pastoral, 24-32.

Wahyuningsih, S. (2013). Metode Penelitian Studi Kasus: Konsep, Teori Pendekatan Psikologi Komunikasi, dan Contoh Penelitiannya. Madura: UTM PRESS Bangkalan - Madura.

Widiastuti, N. K., & Winaya, I. A. (2019). Prinsip Khusus Dan Jenis Layanan Pendidikan Bagi Anak Tunagrahita. Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP), 116-126.

Yunarti, T., & Amanda, A. (2022). Pentingnya Kemampuan Numerasi Bagi Siswa. Seminar Nasional Pembelajaran Matematika, Sains dan Teknologi, 44-48.

ZAHROH, N. (2019). peran guru terhadap penyesuaian sosial anak tunagrahita di sekolah inklusi SDN Mulyorejo 1 Malang.

Downloads

Published

2023-12-03