PENGGUNAAN MODEL PROJECT BASE LEARNING GUNA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS IPA SISWA KELAS IV SD N BALEKAMBANG

Authors

  • Sri Fajar Istriyanti Prodi Pendidikan Dasar Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Meiria Wulandari Sutoro Prodi Pendidikan Dasar Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Danik Dwi Prastiwi Prodi Pendidikan Dasar Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Ana Fitrotun Nisa Prodi Pendidikan Dasar Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i3.11880

Keywords:

Kata kunci: Pembelajaran, PjBl, berfikir Kritis

Abstract

ABSTRACT This research was carried out to increase the conceptual understanding of fourth grade students at SD N Balekambang using project based learning (PjBL). The method used was classroom action research. The subjects of this research were class IV students with a total of 23 students and was carried out in 2 cycles. The data collection method used is test questions to measure critical thinking skills. understanding of students' concepts. The data analysis technique used is descriptive statistics. Based on the results of research that has been carried out by applying the project based learning (PjBl) model in learning during research, it can improve students' critical thinking skills, learning activities in the learning process in cycle I, the class average obtained is 75 with the number of students still below The KKM was 13 people and in the second cycle it increased to 82.5. There is 4 student who has not yet completed. Keywords: Learning, PjBL, Critical thinking   ABSTRAK Penelitian ini dilaksanakan untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas IV SD N Balekambang dengan menggunakan pembelajaran project based learning (PjBL) .Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas  IV dengan jumlah siswa 23 dan dilaksanaan dalam 2 siklus. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah soal tes untuk mengukur keterampilan berfikir kritis. pemahaman konsep siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan dengan menerapkan model project based learning (PjBl)) pada pembelajaran selama penelitian dapat meningkatkan kemampuan berfikir kritis siswa kegiatan belajar pada proses pembelajaran di siklus I rata-rata kelas yang didaptkan adalah 75 dengan jumlah siswa yang masih dibawah KKM adalah 13 orang dan pada siklus ke II mengalami peningkatan menjadi 82.5. Siswa yang belum tuntas menjadi 4 orang. Kata kunci: Pembelajaran, PjBl, berfikir Kritis

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alec Fisher. 2009. Berpikir Kritis: Sebuah Pengantar. Jakarta: Erlangga.

Amalia, N. F., & Susilaningsih, E. (2014). Pengembangan instrumen penilaian keterampilan berpikir kritis siswa SMA pada materi asam basa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 8(2).

Fathurrohman M (2016) , Model-model Pembelajaran Inovatif, Yogyayakarta: Ar-ruzz Media.

Ghufron, G. (2018, September). Revolusi Industri 4.0: Tantangan, Peluang, dan solusi bagi dunia pendidikan. In Seminar Nasional Dan Diskusi Panel Multidisiplin Hasil Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat 2018 (Vol. 1, No. 1).

Kemendikbud RI. (2021). Program Sekolah Penggerak 2021. Kemendikbud. https://sekolah.penggerak.kemdikbud.go.id/wpcontent/uploads/2021/02/Paparan-Program-SekolahPenggerak.pdf

Kemendikbud. 2014. Model Pembelajaran Project Based Learning. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kemmis, S. & Mc. Taggart, R. 1988. The Action Research Planner. Victoria: Deakin. University Press.

Mulyadi, E. (2015). Penerapan model project based learning untuk meningkatan kinerja dan prestasi belajar Fisika siswa SMK. Jurnal pendidikan teknologi dan kejuruan, 22(4), 385-395.

Mulyasa, E. (2014). Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Munawwaroh, L., Krisnamurti, C. N., & Wahyuni, M. M. S. (2023). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis dengan Menggunakan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) berbasis STEM pada Materi Kalor dan Perpindahannya di Kelas V SD Negeri Ploso. Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran: JPPP, 4(2), 97-102.

Downloads

Published

2023-12-31