STRATEGI PEMASARAN BISNIS INTERNASIONAL PADA PERSAINGAN STUDI KASUS BASRENG BANG AL

Authors

  • Muhammad Hasby Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Hendra Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i3.11781

Keywords:

Strategi Pemasaran, Bisnis Internasional

Abstract

Semakin meningkatnya minat masyarakat pada makanan ringan dan cepat saji, menyebabkan adanya persaingan yang semakin ketat. Bukan tanpa alasan, sebab penggemar makanan di Indonesia ini sangatlah besar, sehingga di tiap daerah mempunyai makanan khasnya tersendiri. Salah satunya adalah basreng, basreng ini adalah makanan ringan yang terbuat dari bakso yang dipotong-potong hingga kecil kemudian digoreng, Akan tetapi bisnis seperti ini tidak bis akita remehkan, sebab pada Basreng Bang Al ini sudah sampai ke luar negeri khususnya negara tetangga, hal ini membuktikan bahwa minat terhadap cemilan atau makanan ringan sangatlah tinggi, Namun di sisi lain, dengan adanya persaingan maka produsen harus pandai memilih strategi yang digunakan agar tetap mampu bersaing, Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui strategi apa yang digunakan agar tetap bisa bersaing hingga keluar negeri dan tetap mendapat posisi di hati konsumennya. Metode penelitian ini yaitu dengan wawancara dan mengobservasi apa yang sudah terjadi pada Basreng Bang Al. Hasilnya yaitu Keunggulan dari strategi pemasaran yang diterapkan oleh Basreng Bang Al yaitu perusahaan selalu mengedepankan kualitas pelayanan dan kualitas produk yang dijualnya dengan pengecekan berkala serta langsung dipantau oleh ownernya Strategi pemasaran yang baik yang dilakukan Basreng Bang Al  untuk memenangkan persaingan di masa depan, yaitu  lebih menekankan pada periklanan, seperti misalnya  iklan di TV, YouTube, radio, media sosial

Downloads

Download data is not yet available.

References

Gumilar, A. (2018). ANALISIS BISNIS INTERNASIONAL DI INDONESIA. Jurnal Ilmiah ADBIS (Administrasi Bisnis), 2(2), 141–154.

Taufiq, A. R., Mandasari, A. E., & Romdani, A. (2019). Analisis Faktor-Faktor Pembentuk Konsumsi Status Pada Generasi Millennial. Jurnal Ekonomi Manajemen, 4(2), 143–149. https://doi.org/10.37058/jem.v4i2.704

Tjiptono, F. (2008). Strategi Pemasaran Edisi III. CV. Andi Offset.

Downloads

Published

2024-01-04