MENERAPKAN STRATEGI PEMASARAN BISNIS INTERNASIONAL SERTA DAMPAKNYA BAGI UMKM PASAR PETISAH MEDAN

Authors

  • Muhammad Helma Musyafa Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Hendra Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i3.11780

Keywords:

Pemasaran Internasional, UMKM, Pasar Petisah

Abstract

Adanya kegiatan ekspor dan impor menyebabkan defisit pasar dalam perdagangan. Karena luasnya cakupan usaha, bukan tidak mungkin para pengusaha yang termasuk dalam kategori usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dapat berpartisipasi di pasar bisnis internasional. Namun untuk mencapai level ini, Anda pasti memiliki strategi yang harus diterapkan untuk mencapai level yang lebih tinggi dan Anda akan mengetahui manfaat dari segalanya. Tujuannya untuk mengetahui apa saja strategi pemasaran perusahaan internasional dan bagaimana pengaruhnya terhadap pasar UMKM di Medan. Metodologi penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Penelitian kualitatif adalah penelitian yang menggunakan hasil dokumenter sebagai bahan yang dapat memberikan gambaran secara jelas. gambaran objek penelitian, setelah itu diolah dan dianalisis untuk ditarik kesimpulan. Data kualitatif digunakan dalam penelitian sebagai metode analisis data  untuk menjelaskan suatu objek atau fenomena dengan aspek-aspek yang biasanya tidak mungkin dihitung dengan informasi dokumenter, penelitian kepustakaan, dan data sekunder. bahwa strategi yang digunakan  menggunakan strategi pemasaran 4P yaitu 1) Produk 2) Harga 3) Promosi. 4) Lokasi. Dan strategi kepuasan pelanggan. Hasilnya, UKM dapat berekspansi ke luar negeri melalui ASEAN Online Sales Day (AOSD), mendapatkan insentif perpajakan yang dapat bermanfaat bagi usaha kecil dan menengah, serta memperluas ekspor produk Indonesia.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Buchari Alma. 2014. Manajemen Pemasaran Dan Pemasaran Jasa. Bandung: alfabeta.

Fitriyana, R. 2019. “IMPLEMENTASI ISLAMIC CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY PADA LIDA JAYA KONVEKSIPADURENAN GEBOG KUDUS TAHUN 2018.” Institut Agama Islam Negeri Kudus.

Kotler, Keller. 2008. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip dan Gary Armstrong. 2014. Principles of Marketing 15 Edition. Pearson Education Limited.

Raudah, Zakiyah, Yunisa fitriana. 2021. “ANALISIS STRATEGI MARKETING MELALUI INSTAGRAM UNTUK MENINGKATKAN JUMLAH PELANGGAN DI MASA PANDEMI DALAM PERSFEKTIF ETIKA BISNIS.” EPRINTS UNISKA, 1–10.

SMESTA KOMENKOPKM. 2022. “What Is Marketing Mix? Get to Know the 4P and 7P Concepts.” 2022.

Suhairi et al. 2022. “Peranan Lingkungan Budaya Dan Sosial Terhadap Pemasaran Global.” JIKEM 2, no. 2: 3931.

Tambunan, T.T. 2017. Usaha Mikro, Kecil, Menengah Cetakan Ke 1. Bogor: Ghalia Indonesia.

Tjiptono, F dan G Chandra. 2017. Pemasaran Strategik-Mengupas Pemasaran Strategik, Branding Strategy, Customer Satisfaction, Strategi Kompetitif Hingga e-Marketing. 3rd ed. Yogyakarta: CV Andi Offset.

Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Pemasaran Edisi III. Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Downloads

Published

2024-01-04