PENGARUH MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BERBANTUAN MEDIA ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR DITINJAU DARI MINAT BELAJAR SISWA PADA MATERI PERSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL KELAS VII

Authors

  • Sri Romlawati Universitas Mataram
  • Amrullah Universitas Mataram
  • Tabita Wahyu Triutami Universitas Mataram
  • Sri Subarinah Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i3.11693

Keywords:

Contextual Teaching & Learing (CTL), media animasi, hasil belajar, minat belajar.

Abstract

Berdasarkan hasil observasi, pembelajaran matematika masih didominasi dengan ceramah dan diskusi, belum adanya model pembelajaran inovatif yang diterapkan dan media pembelajaran alternatif yang digunakan sebagai pendukung proses pembelajaran, menyebabkan rendahnya hasil belajar matematika siswa, sehingga perlu adanya pembenahan dalam proses pembelajaran. Model Contextual Teaching and Learning (CTL) merupakan sebuah konsep belajar yang membantu guru menghubungkan materi yang diajarkan dengan kondisi kehidupan nyata dan mendorong siswa untuk menghubungankan antara pengetahuan yang telah dimiliki dengan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari, sedangkan media animasi yaitu media yang dirancang untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui perbedaan hasil belajar antara kelas yang menggunakan model CTL berbantuan media animasi dengan kelas yang menggunakan metode ceramah dan diskusi, (2) menggetahui perbedaan hasil belajar antara siswa yang memiliki minat belajar sangat tinggi, tinggi, cukup, kurang, dan sangat kurang pada kelas yang menggunakan model CTL berbantuan media animasi. Penelitian ini merupakan penelitaian kuantitatif dengan metode penelitian quasi experimental. Sampel pada penelitian ini adalah siswa SMPN 4 Mataram dengan siswa kelas VII.1 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VII.3 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes dan angket. Pengujian hipotesis menggunakan Analisis Variansi Dua Jalan Sel Tak Sama dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) terdapat perbedaan hasil belajar antara kelas yang menggunakan model CTL berbantuan media animasi dengan kelas yang menggunakan metode ceramah dan diskusi; 2) terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang memiliki minat belajar tinggi dan cukup pada kelas yang menggunakan model CTL berbantuan media animasi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aqib, Z. (2013). Model-Model Dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: Yrama Widya.

Arsyad, A. (2009). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Grafindo Persada.

Gustina, H. (2020). Pengaruh Minat Belajar Terdap Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran Matematika Di Sekolah Dasar Negeri 68 Kota Bengkulu. Institut Agama Islam Negeri Bengkulu.

Indriani, M. (2019). Pengaruh Model Contextual Teaching and Learning (CTL) Berbantu My Own Dictionary terhadap Penguasaan Konsep Ditinjau Dari Self Regulation Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Biologi Di SMAN 1 Seputih Agung [Universitas Islam Negeri raden Intan Lampung]. In Angewandte Chemie International Edition. http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/8209

Krapp, A. (1999). Interest, Motivation and Learning: An Educational-Psychological Perspective. European Journal of Psychology of Education, 14, 23–40. https://doi.org/10.1007/BF03173109

Krapp, A. (2002). Structural and dynamic aspects of interest development: Theoretical considerations from an ontogenetic perspective. Learning and Instruction, 12(4), 383–409. https://doi.org/10.1016/S0959-4752(01)00011-1

Merta, L. M. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual Terhadap Penguasaan Konsep Koloid Dan Sikap Ilmiah Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 1.

Nurhadi. (2005). Kurikulum 2004. Jakarta: Gransindo.

Nurlaili. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi Kelas XI.1 IS DI SMA Negeri 5 Banda Aceh. Jurnal Pendidikan Serambi Ilmu, 27(2).

Ramdani, P. (2021). Media Pembelajaran Animasi. Sukabumi: Farha Pustaka.

Sardini. (2013). Pengaruh Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas XI IPA MAN Pontianak. 0–17.

Sarjana, K., Hikmah, N., Baidowi, & Sananti, M. F. (2023). Kontribusi Minat Belajar Dan Kemampuan Awal Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Xi Ips Sma Negeri 1 Masbagik Tahun Ajaran 2022/2023. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2).

Sholeha, U., Arjudin, & Saputra, H. H. (2023). Hubungan Persepsi Dan Minat Belajar Dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Di Sdn 3 Golong Kecamatan Narmada Kabupaten Lombok Barat Tahun Pelajaran 2022 / 2023. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2).

Sridana, N., Widiati, Kurniati, N., & Amrullah. (2022). Pengaruh Minat Belajar dan Kebiasaan Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika. 2(4), 885–892.

Sripatmi, Rukmana, R. A., Salsabila, N. H., & Hayati, L. (2023). Pengaruh Kebiasaan Belajar dan Kepercayaan Diri Terhadap Hasil Belajar Matematika. Journal of Mathematics Educations, 2(1).

Sudjana, N., & Rivai, A. (2005). Media Pembelajaran. Bandung: Gransindo.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suprayogi, I. H., Sarjana, K., & Kurniati, N. (2019). Penerapan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) Pada Materi Persamaan Linear Dua Variabel Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII-G SMP Negeri 5 Mataram tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Ilmiah Pendidikan Indonesia, 1(2). https://jipi.unram.ac.id/index.php/jipi/article/view/12

Yenti, F. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa. Jurnal Curicula, 1(3).

Yulianti, D. (2008). Media Pembelajaran. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Zulaiha, S. (2016). Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dan Implementasinya Dalam Rencana Pembelajaran PAI MI. Jurnal Pendidikan Islam, 1(1).

Downloads

Published

2024-01-06

Most read articles by the same author(s)