SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK DI SEKOLAH DASAR NEGERI 19 PAUH KECAMATAN TEMPUNAK KABUPATEN SINTANG

Authors

  • Yati Universitas Terbuka
  • Luhur Wicaksono Pendidikan Dasar Universitas Terbuka
  • Sri Tatminingsing Pendidikan Dasar Universitas Terbuka

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i3.11193

Keywords:

Pembelajaran Tematik, Guru Kelas IV, Supervisi Kepala Sekolah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi Kepala Sekolah dalam membina guru dalam menyusun perencanaan, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran tematik di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 19 Pauh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru. Instrumen yang digunakan lembar observasi, lembar wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian terkait strategi kepala sekolah dalam supervisi pembelajaran tematik (1) guru dalam menyusun rencana pembelajaran (RPP) pembelajaran tematik sudah baik, (2) Kepala sekolah melakukan pengamatan pada pembelajaran tematik di kelas guna memastikan guru berkomunikasi dengan efektif, empatik dan santun berkomunikasi dengan peserta didik. (3) dalam melaksanakan evaluasi kepala sekolah melakukan pengamatan pada pembelajaran tematik, baik secara langsung atau secara tidak langsung, dengan memberi masukan kepada guru dalam melakukan evaluasi haruslah bersikap dan bertindak objektif. (4) Kendala yang dihadapi adalah masih ditemukan guru-guru yang kurang terbukanya guru terkait kebutuhan untuk peningkatan kemampuan menyusun perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran tematik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdiyah, L. (2021). Penerapan Teori Konstruktivistik Dalam Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar. ELSE (Elementary School Education Journal), 5(2), 127-136.

AMELIA, D. D. (2021). MANAJEMEN SUPERVISI AKADEMIK DALAM PENINGKATAN KINERJA GURU (Studi Kasus di SD IT Insan Robbani Lampung Utara) (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS LAMPUNG).

Anwar, M. (2018). Menjadi guru profesional. Prenada Media.

Arnasih, N. W., Marhaeni, M. P. A. N., & Putu, M. S. P. I. B. (2015). Pengaruh Implementasi Pembelajaran Tematik Berbantuan Cerita Terhadap Aktivitas dan Prestasi Belajar Calistung Siswa Kelas III SD di Gugus V Kecamatan Tegallalang Kabupaten Gianyar (Doctoral dissertation, Ganesha University of Education).

Awuy, E. (2014). Pengintegrasian nilai-nilai kemanusiaan (human values) dalam pembelajaran tematik sekolah dasar. Kreatif, 17(2).

Bahri, S. (2014). Supervisi akademik dalam peningkatan profesionalisme guru. Visipena, 5(1), 100-112.

Guntoro, G. (2020). Supervisi Pengawas dan Kepemimpinan Kepala Sekolah sebagai Stimulus dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Jurnal Ilmiah Iqra', 14(1), 64-77.

Indriani, F. (2016). Kompetensi pedagogik mahasiswa dalam mengelola pembelajaran tematik integratif kurikulum 2013 pada pengajaran micro di pgsd uad Yogyakarta. Elementary School: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ke-SD-An, 3(1).

Rohmah, R. M. R., Azizah, R., Mardiansyah, R. N., & Yusuf, A. (2023). Efektivitas Teori Belajar Gestalt Pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(15), 608-615.

Ubabuddin, U. (2020). Pelaksanaan Supervisi Pembelajaran Sebagai Upaya Meningkatkan Tugas Dan Peran Guru Dalam Mengajar. Nidhomul Haq: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(1), 102-118.

Yunita, Y. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Tematik Untuk Meningkatkan Berfikir Kreatif Siswa. Jurnal Dewantara, 6(02), 182-199.

Downloads

Published

2023-12-14