STRATEGI KEPALA SEKOLAH PADA PEMBINAAN KOMPETENSI SOSIAL GURU DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Franciska Susilawati Universitas Terbuka
  • Wanto Rivaie Pendidikan Dasar Universitas Terbuka
  • Sri Tatminingsing Pendidikan Dasar Universitas Terbuka

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i3.11159

Keywords:

Strategi Pembinaan, Kepala Sekolah, Kompetensi Sosial Guru, Pembelajaran Tematik

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi Kepala Sekolah dalam membina kompetensi sosial guru dalam menyusun perencanaan, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran berbasis tematik di kelas IV SDN 12 Ansok. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, dan siswa kelas IV SDN 12 Ansok. Instrumen yang digunakan lembar observasi, paduan wawancara, angket dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) adanya upada kepala sekolah untuk meningkatkan guru dalam RPP berbasis pembelajaran tematik dengan memberi program pelatihan penyusunan RPP. (2) Kepala sekolah melakukan pengamatan pada pembelajaran di kelas guna memastikan guru berkomunikasi dengan efektif, empatik dan santun berkomunikasi dengan peserta didik. (3) dalam melaksanakan evaluasi kepala sekolah melakukan pengamatan, baik secara langsung atau secara tidak langsung, dengan memberi masukan kepada guru dalam melakukan evaluasi haruslah bersikap dan bertindak objektif. (4) Kendala yang dihadapi adalah masih ditemukan guru kurang terbuka terkait kebutuhan untuk peningkatan kompetensi sosialnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A Kosasih Jahari. 1996. Menelusuri Dunia Afektif. Pendidikan Nilai dan Moral Penerbit: IKIP-Bandung

Kusen, K., Hidayat, R., Fathurrochman, I., & Hamengkubuwono, H. (2019). Strategi Kepala Sekolah Dan Implementasinya Dalam Peningkatan Kompetensi Guru. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 3(2), 175-193.

Librianty, N. (2018). Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru di SD Muhamadiyah Kota Bangkinang. Jurnal Basicedu, 2(2), 1-4.

Lickona, T. 1991. Educating For Character: How Our School Can Teach Respect and Responsibility. New York: Bantam Books.

Maftuh, Bunyamin. 2009. Bungai Rampai Pendidikan Umum danPendidikan Nilai. Penerbit: Yasindo Multi Aspek Bandung.

Moleong. (2011). Metode Penelitian Kualitatip, Jakarta: Rosdyakarya.

Muspiroh, N. (2016). Peran kompetensi sosial guru dalam menciptakan efektifitas pembelajaran. Edueksos Jurnal Pendidikan Sosial & Ekonomi, 4(2).

Purwanto, Ngalim. (2009). Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: Rosdakarya.

Ravven, H. M. (2014). The self beyond itself: An alternative history of ethics, the new brain sciences, and the myth of free will. New Press, The.

Rosita, R., & Djailani, A. R. (2016). Strategi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru pada SD Negeri Unggul Montasik. Jurnal Administrasi Pendidikan: Program Pascasarjana Unsyiah, 4(1).

Sopian, A. (2016). Tugas, peran, dan fungsi guru dalam pendidikan. Raudhah Proud To Be Professionals: Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 1(1), 88-97.

Syah, M. 2008. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Rosda.

Tariman, T., & Maziyah, I. (2021). Peran Kepala Sekolah dalam Membina Kompetensi Sosial Guru. JUMPA: Jurnal Manajemen Pendidikan, 2(2).

Undang-Undang Republik Indonesia Peraturan Pemerintah No 14 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.

Yanto, M. (2020). Manajemen Kepala Sekolah Dalam Menumbuhkan Kompetensi Sosial Di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah 10 Karang Anyar Rejang Lebong. AR-RIAYAH: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 83-91.

Downloads

Published

2023-12-14