PENERAPAN MODEL VCT (VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE) DALAM PEMBELAJARAN TEKS CERAMAH MELALUI MEDIA YOUTUBE MENGGYNAKAN METODE DISKUSI DI SMA NEGERI 11 PANGKEP

Authors

  • Nurhaeni Nurhaeni Universitas Muslim Indonesia
  • Sitti Rabiah Universitas Muslim Indonesia
  • Ihramsari Akidah Universitas Muslim Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i3.11187

Keywords:

application of the Vct Model, learning You Tube media lecture texts, discussion method

Abstract

This research aims to describe the process of applying the VCL model and discussion methods in teaching lecture texts. And describe the results of learning the lecture text. This type of research is Classroom Action Research (PTK). The data and data sources for this research are: 1) data on the process of learning activities and student learning outcomes using the VCT model and lecture method. All 11th grade students of Pangkep State High School, totaling 36 students. consisting of 13 men and 23 women. The techniques used to obtain data are observation, tests and documentation. The data was analyzed using percentage, qualitative and quantitative descriptive techniques. This research was carried out in two cycles, the results of the research in cycle one, the average value for cycle one was 60-70, and in cycle two the average student score reached 78-80.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anisa, Y. 2022. “Peran Chanel Youtube Sebagai Media Alternatif Untuk Membantu Proses Pembelajaran Matematika dan Media Informasi Pada Tingkat

Perguruan Tinggi”, Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, Vol.7 No.1

Akidah Ihramsari & Hamsa Akmal 2023. "Pelatihan Keterampilan Membaca Dengan Media Bermain Kartu Kata Sebagai Upaya Menggairahkan

Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas. Madaniya, Vol.3, No.4

Hasnih,dkk. 2022. “Penerapan Model Pembelajaran Value Clarification Technique

(VCT) Pada Pembelajaran IPS Siswa Sekolah Dasar: Literatur Review”, Jurnal Ilmiah Mandala Education ( JIM ), Vol.8, No. 2

Hamzah, Rabiah S., Mazhud N.2022. “Effect Of Character Education On The Outcome If Indonesia Language Learning Class XI SMAN 1 Takalar”. Jurnal Pendidikan dan Teknologi. Vol.1, No.2.

Kamhar, Muhammad. Y., & Erna. Lestari. 2019. "Pemanfaatan Sosial Media Youtube Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Perguruan

Tinggi". Jurnal Ilmu Pendidikan, Vol.1, No.2

Putri, Acelia. A., & Hani, Aprilia. 2022. “Struktur dan Kaidah Kebahasaan Teks Ceramah Dalam Buku Bahasa Indonesia Kelas XI”. Journal of Education and Teaching, Vol.1 No.2

Putri, L. A., & Dewi , P. S. 2020. “Media Pembelajaran Menggunakan Video Atraktif Pada Materi Garis Singgung Lingkaran”. Mathema Journal,. Vol.2 No.1

Rabiah Sitti. 2019. “Manajemen Pendidikan dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan”. Jurnal Sinar Manajemen. Vol.6, No.1.

Ritiauw, Samuel. Patra.dkk. 2021. “Penerapan Model Value Clarification Technique

( VCT ) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD

MUHAMAMMADIYAH AMBON”. Jurnal Pedagogik dan Dinamika

Pendidikan, Vol.9 No.2

Salehudin Mohammad. 2020. “Literasi Digital Media Youtube Anak Usia Dini”. Jurnal Ilmiah Potensi. Vol.5 No.2

Setiadi, U. N., & Sastromiharjo, A. 2021. "Penerapan Model VCT (Value Clarification Technique) Dalam Pembelajaran Menulis Argumentasi Di Era Society 5.0". Literasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia Dan Daerah, Vol.11 No.1

Shilphy A. Octavia 2020. Model-Model Pembelajaran. Yogyakarta: CV. Budi Utama.

Sudiyono, S. 2020. Metode Diskusi Kelompok dan Penerapannya Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di SMP. Jawa Barat: CV. Adanu Abimata

Supriyati, I. 2020. "Penerapan Metode Diskusi Dalam Pembelajaran Keterampilan Berbicara Pada Siswa Kelas VIII MTSN 4 Palu". jurnal bahasa dan sastra, Vol.5 No.1

Tamara, N. M. T. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Time Token Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar IPS. Journal For Lesson And Learning Studies, Vol.2 No.1

Theofilus, P. 2019. "Model Pembelajaran Value Clarification Technique (VCT)". Riksa Bahasa: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pembelajarannya, Vol.5 No.2

Valentina, I. 2020. "Peningkatan Kemampuan Mengkritik Isi Teks Ceramah Dengan Model Pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) Siswa kelas XI Sma Negeri 1 Tiga Panah". jurnal penelitian, pendidikan dan pengajaran, Vol.1 No.1

Widiana, I. W. 2022. "Model Pembelajaran Value Clarification Technique dan Pengaruhnya Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar". Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, Vol.5 No.2

Widodo, U., Ngadat, N., & Subandi, A. 2021. "Designing Interactive Audio-Visual Instructional Media Based On Value Clarification Technique (VCT)". Journal of Education Technology, Vol.5 No.4

Widiarsa, I. N. 2020. "Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Diskusi" .jurnal pendidikan indonesia, Vol.1 No.3

Downloads

Published

2023-12-11