PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 7 PINRANG
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.9976Keywords:
jigsaw cooperative model, speaking ability, explanatory textAbstract
This study aims to describe the application of the jigsaw cooperative learning model in improving speaking skills in class XI students of SMA Negeri 7 Pinrang. This research is a classroom action research. The data in this study is the process of applying the jigsaw cooperative learning model and learning activities so that student learning outcomes are obtained. The data analysis technique in this study is a quantitative description that describes the actual data. The results of this study are based on observations made on pre-cycle actions, cycle I to cycle II which show the implementation process and learning outcomes that are different from each cycle. The results of observations in cycle I showed that students' speaking skills still needed to be improved, while in cycle II it showed that students' speaking skills had improved from before. The student response in the learning cycle I was still not optimal with the results of students' KKM achievement which was at a percentage of 63.4% or as many as 26 students who achieved KKM, 36.9% or 15 students who did not reach KKM. In cycle II, student achievement increased rapidly with the number of students who achieved the KKM as many as 39 students with a percentage of 95.1% while those who did not reach the KKM were 2 people with a percentage of 4.1%. This result is reinforced by the KKM achievement criteria at SMA Negeri 7 Pinrang which is very good with a score range of 85-100. So it can be concluded that the application of the jigsaw cooperative learning model improves the speaking skills of class XI students at SMA Negeri 7 Pinrang.Downloads
References
Daryanto. 2018. Penelitian Tindakan Kelas dan Penelitian Tindakan Sekolah. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.
Djamarah, SyaifulBahri. 2017. Strategi BelajarMengajar. Jakarta: PT RinekaCipta.
Fendika Prastiyo. 2019. Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik dengan Model Kooperatif Jigsaw pada Materi Pecahan di Kelas V Sdn Sepanjang 2. Jawa Tengah: Penerbit CV Kekata Group.
Ilham, dkk. 2020. Keterampilan Berbicara Pengantar Keterampilan Berbahasa. Pasuruan: Lembaga Academic dan Research Institute.
Luluk Sri Agus Prasetyoningsih, dkk. 2021. Keterampilan Berbicara Tinjauan Deskriptif dan Penerapannya dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jawa Timur: Penerbit Literasi Nusantara.
Rabiatul Adawiyah Siregar. 2021. Keterampilan Berbicara. Sumatera Barat: Penerbit Yayasan Pendidikan Cendekia Muslim.
Sitti Rabiah. 2019. Bahasa Indonesia Untuk Perguruan Tinggi. Makassar: De La Macca.
Sutarno. 2019. Cermat berbahasa Indonesia. Sukabumi: CV Jejak (Jejak Publisher).
Wiriaatmadja, Rochiati. 2019. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Agus Darmuki,dkk. 2019. “Peningkatan Keterampilan Berbicara Menggunakan Metode Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Mahasiswa PBSI Tingkat I-B IKIP PGRI Bojonegoro Tahun Akademik 2018/2019”.Vol. 2 No. 2. Bojonegoro: IKIP PGRI.
Anis Rosidatul Husna. 2020. “Analisis Keterampilan Berbicara Siswa Kelas IV Sdn 1 Sripendowo Ketapang Lampung Selatan Dalam Pembelajaran Tematik”. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.
Deswinta Febiyanti. 2020. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Berbantuan Mind Mapping Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas IV Sd Di Gugus VI Kecamatan Sawan Kabupaten Buleleng Tahun Pelajaran 2019/2020”.Jurusan Pendidikan Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Pendidikan Ganesha. Skripsi.
Devina Elni Zahra. 2022. “Analisis Kemampuan Siswa Dalam Keterampilan Berbicara Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia (Studi Kasus Pada Siswa Kelas V Sdn 6 Jatimulyo). Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan. Universitas Islam Negeri (UIN). Skripsi.
Fadlah Izzati. 2019. “Upaya Meningkatkan Keterampilan Berbicara Anak Melalui Penggunaan Media Boneka Tangan”. Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (Piaud). Fakultas Tarbiyah. Institut Perguruan Tinggi Ilmu Al Quran Jakarta. Skripsi.
Eka Chintia. 2020. “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Sdn 07 Limbur Kab.Merangi”.Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidayah. Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan. Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi. Skripsi.
Intan. 2019. “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Berbasis Kearifan Lokal Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Di Sekolah Dasar”.Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Institut Agama Islam Negeri Palopo. Skripsi.
Monalisa. 2020. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas III Min 3 Simeulue. Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh. Skripsi.
Rizmi Nur Andari. 2020. “Peningkatan Kemampuan Berbicara dengan Model Quantum Learning Berbantuan Media Podcast (PenelitianTindakan Kelas terhadap Siswa Kelas XI RPL A SMK Negeri 1 Cimahi Tahun Ajaran 2019/2020)”. S1 thesis, Universitas Pendidikan Indonesia.
Ihramsari Akidah, dkk. 2023. Peningkatan keterampilan Berbicara Melalui Pendekatan Proses Siswa SMA Negeri 16 Bone. Journal on Education Vol 6, No.1.
Juni Marlina Sinaga. 2021. “Peningkatan Keterampilan Berbicara Menyampaikan Informasi Berdasarkaan Teks Nonfiksi Melalui Metode Kooperatif Jigsaw”. Jurnal Educatio. Vol. 7, No. 3.
Mansyur, U. & Rahmat, 2019. "Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru MTs Mizanul' Ulum Desa Sanrobone Kabupaten Takalar". Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Vol. 2. No. 3.
Mazhud, N. & Sulaiman, R. 2021. "Pelatihan Membuat Video Pembelajaran Bahasa Indonesia Guru MA Wihdatul Ulum". Jurnal Madaniya, Vol. 2 No. 4.
Muhali. 2019. “Pembelajaran Inovatif Abad ke-21”. Jurnal Penelitian dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: e saintika. Vol 3, No. 2.
Muhammad Ali, 2020. “Pembelajaran Bahasa Indonesia dan Sastra (Basastra) di Sekolah Dasar,” Pernik: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol. 3, No. 1.
Ngumpriyatun. 2020. “Penggunaan Metode Talking Ball untuk Meningkatkan Keterampilan Bercerita pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar”. Autentik: Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, Vol.4, No.1.
Putri Juwita, Nirmawan. 2020. “Peningkatan Kemampuan Berbicara Siswa Melalui Cerpen”. Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP). Vol. 1, No. 2.
Tabelessy, Novita. 2020. “Keterampilan Berbicara Berbasis Metode Ekstemporan bagi Siswa SMP”. Jurnal Tahuri. Vol. 1, No. 8.
Taufiana, dkk. 2019. “Penerapan Storytelling untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara di Sekolah Dasar”. Jurnal Basicedu. Vol.3, No.4.
Zulham, M. 2019. “Penerapan Metode Rule Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Berbicara Siswa Kelas V SD Negeri 23 Batara Kota Palopo”. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, Vol. 4, No.2.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.