PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO BERBASIS CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) UNTUK SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR YLPI PEKANBARU

Authors

  • Marchella Amelia Putri Harahap Universitas Islam Riau
  • Laili Rahmi Universitas Islam Riau
  • Fitriyeni Universitas Islam Riau

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i3.10985

Keywords:

Media Pembelajaran, CTL, Powtoon

Abstract

Perkembangan teknologi saat ini memberikan pengaruh diberbagai bidang. Bidang pendidikan menjadi salah satunya. Pendidikan bukan hanya sekedar melestarikan dan meneruskan dari generasi ke generasi, akan tetapi pendidikan diharapkan dapat mengubah dan mengembangkannya. Untuk itu perlu adanya peningkatan mutu dibidang pendidikan. Berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan di SD YLPI, melihat  guru yang dijadikan objek observasi yang dilakukan oleh penulis, ditemukan permasalahan berupa penggunaan media pembelajaran yang kurang bervariasi. Media yang digunakan dalam pembelajaran masih belum sesuai dengan materi yang disampaikan, khususnya pembelajaran IPA materi Rantai Makanan. Keterbatasan lapangan dan lingkungan sekolah kurang mendukung untuk menjadi media pembelajaran. Karena terbatasnya media yang ada dilingkungan sekolah. Salah satu upaya yang dapat dilakukan guru untuk meningkatkan pemahaman siswa dalam mempelajari materi IPA yang berjudul memakan dan dimakan (rantai makanan) adalah melalui model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL). Media pembelajaran video yang tepat untuk digunakan salah satunya yaitu berbasis aplikasi Powtoon. Powtoon merupakan sebuah program aplikasi berbasis web yang bersifat online dan berfungsi sebagai aplikasi pembuat video animasi untuk presentasi dan membantu memberikan penjelasan materi yang sulit dipahami sehingga membantu proses penyampaian materi kepada siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdul, K., et al. (2008). Dasar Dasar Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Group.

Amirul, H., Haryono. (2005). Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: CV Pustaka Setia.

Anggraini, M., Yacob, F., & Hidayat, M. (2018). Desain Media Audio-Visual Pada Pembelajaran Ipa Materi Sistem Peredaran Darah Manusia Tingkat Smp Di Kecamatan Sukamakmur Dan Kuta Malaka, Prosiding Seminar Nasional Biotik. ISBN: 978-602-60401-9-0. Prosiding Seminar Nasional Biotik, 772–777.

Awliyarizka, S. (2021). Pengembangan Video Animasi Pada Pembelajaran IPA Kelas V

Materi Perpindahan Kalor SD Negeri Kota Lubuklinggau. Jurnal Pembelajaran Dan Pengajaran Pendidikan Dasar, 4(2), 114–123.

Dewi, F. F., & Handayani, S. L. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi En-Alter Sources Berbasis Aplikasi Powtoon Materi Sumber Energi Alternatif Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2530–2540.

Fadhillah, & Efi, A. (2022). Pengembangan media belajar peserta didik menggunakan video pada pembelajaran batik tulis di sekolah. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 7(2), 337–342.

Fuad, I. (2011). Dasar Dasar Kependidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamid, D. (2013). Dimensi – Dimensi Metode Penelitian Pendidikan dan Sosial. Bandung: Alfabeta.

Komara, A. L., Pamungkas, A. S., & Dewi, R. S. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi Kartun Development

of Cartoon Animation Video-Based Learning Media in Elementary School. Primary : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(April), 316–326.

Lukman, A., Hayati, D. K., & Hakim, N. (2019). Pengembangan Video Animasi Berbasis Kearifan Lokal pada Pembelajaran IPA Kelas V di Sekolah Dasar. Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(2), 153.

Downloads

Published

2023-12-31