PELAKSANAAN PEMBINAAN KEPRIBADIAN PADA NARAPIDANA DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN PEREMPUAN KELAS III MATARAM

Authors

  • Dewi Wulan Sumantri Universitas Mataram
  • Mohamad Mustari Universitas Mataram
  • Bagdawansyah Alqadri Universitas Mataram
  • Yuliatin Yuliatin Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i3.10735

Keywords:

Character development, Prisoners, Correctional Institutions

Abstract

This research aims to describe the implementation of personality development for female prisoners at the Class III Mataram Women's Correctional Institution and the supporting factors that influence the implementation of personality development for female prisoners at the Class III Mataram Women's Correctional Institution. This research uses a qualitative approach with descriptive methods. The data collection techniques used were interview, observation and documentation techniques. Subjects in this research were determined based on various criteria. The collected data was analyzed descriptively through data reduction, data presentation and conclusions. The results of this research show that there is implementation of personality development for prisoners in Class III Mataram Women's Prison. The activities implemented in prisons are specifically personality development with activity programs such as: Devotion to Almighty God, National and State Awareness, Intellectuals, Attitudes and Behavior, and Legal Awareness. Supporting factors are divided into two, namely internal and external, internal factors consist of infrastructure facilities, human resources, attitudes of prisoners, quality of personality development programs. Meanwhile, external factors are cooperative relationships with other agencies. The benefits of research contribute to legal thinking for law enforcement in imposing sentences on women. With the problems above, it can be concluded that the training of female prisoners is carried out in stages so that prisoners understand and are aware w    hile serving their sentences.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alqadri, B., Kurniawansyah, E., & Fauzan, A. (2021). Habituasi Nilai-Nilai Karakter Sebagai Perilaku Anti Korupsi Pada Masyarakat Kajang. Jurnal Pendidikan Sosial Keberagaman, 8(1), 10–29. https://doi.org/10.29303/juridiksiam.v8i1.178

Arkani, H. (2017). Pembentukan Kepribadian Oleh Guru Melalui Pendidikan Karakter di SMA Puspita Kabupaten Banyuasin. Prosiding Seminar Nasional 20 Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, November, 84–91.

Ayuba Pantu & Buhari Luneto. 2014. Pendidikan Karakter dan Bahasa. Vol.14 No.1

Doni Koesoemo A. 2010. Pendidikan Karakter:Strategi Mendidik Anak di Zaman Global. Jakarta. Grasindo.

Dwidja Priyatno. 2009. Sistem Pelaksanaan Pidana Penjara Di Indonesia, PT Refika Aditama, Bandung.

Erina Suhestia Ningtyas, Abd. Yuli Andi Gani, Sukanto. Pelaksanaan Program Pembinaan Narapidana Pada Lembaga Pemasyarakatan Dalam Rangka Pengembangan Sumber Daya Manusia (Studi pada Lembaga Pemasyarakatan Klas IA Lowokwaru Kota Malang). Jurnal Administrasi Publik (JAP), Vol. 1, No. 6.

Fatchul Mu’in. 2011. Pendidikan Karakter: Konstruksi Teoretik dan Praktik. Yogyakarta. Ar-Ruzz Media. Hlm 211-212.

Haslan, M. M., Dahlan, D., & Fauzan, A. (2022). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Terjadinya Merariq Pada Masyarakat Suku Sasak. CIVICUS : Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 9(2), 15. https://doi.org/10.31764/civicus.v9i2.6835

Husniah, R. (2017). Pembinaan kepribadian narapidana yang ditempatkan di rumah tahanan negara kaitannya dalam pencapaian tujuan pemasyarakatan. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Lexy J. Moloeng. 2005. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung. PT Remaja Rosdakarya Offset.

Madiana, I., Alqadri, B., Sumardi, L., & Mustari, M. (2022). Penerapan Kebijakan Sistem Zonasi Kesetaraan Hak Memperoleh Pendidikan serta Dampaknya terhadap. 7, 735–740.

Moleong, Lexy J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Penerbit PT Remaja Rosdakarya Offset. Bandung.

Mustari, M. (2011). Nilai Karater: Refleksi untuk Pendidikan Karakter. Yogyakarta: LaksBang PRESSindo.

Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia Nomor 21 Tahun 2016 Tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Nomor 21 Tahun 2013 Tentang Syarat dan Tata Cara Pemberian Remisi, Asimilasi, Cuti Mengunjungi Keluarga, Pembebasan Bersyarat, Cuti Menjelang Bebas, dan Cuti Bersyarat.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 31 Tahun 1999 Tentang Pembinaan dan Pembimbingan Warga Binaan Pemasyarakatan.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 1999 Tentang Syarat dan Tata Cara Pelaksanaan Pembinaan Warga Binaan Pemasyarakatan.

Priyatno, Dwidja. 2013. Sistem Pelaksanaan Pidana Penjara di Indonesia. Bandung: PT Refika Aditama.

Rispawati, Kuliah, Ahmad Fauzan, and M. Salam. 2022. “Internalisasi Nilai-Nilai Karakter Melalui Mata,” Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan PKN 09(01):1-12.

Safitri, E. A., Sumardi, L., Fauzan, A., Alqadri, B., Studi, P., Pancasila, P., Ips, J. P., & Mataram, U. (2023). Kontribusi Himpunan Mahasiswa Program Studi Menumbuhkembangkan Karakter Tanggung Jawab Pengurus PPKn Dalam. 8, 532-538.

Shintia Oktaviana. 2017. Pembinaan Moral Terhadap Warga Binaan Di Lembaga Pemasyarakatan Kelas Iib Kota Tegal. Skripsi. Semarang : Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Semarang.

Sri Adyanti Pratiwi1 I.Nyoman Lemes2. 2018. Pelaksanaan Pembinaan Narapidana Sebagai Upaya Mengatasi Timbulnya Residivis Dilembaga Pemasyarakatan Kelas Iib Singaraja. Jurnal Hukum Vol. 6 No. 1.Erina Suhestia Ningtyas, Abd. Yuli Andi Gani, Sukanto. Pelaksanaan Program Pembinaan Narapidana Pada Lembaga Pemasyarakatan Dalam Rangka Pengembangan Sumber Daya Manusia (Studi pada Lembaga Pemasyarakatan Klas IA Lowokwaru Kota Malang). Jurnal Administrasi Publik (JAP), Vol. 1, No. 6.

Tamrin. 2016. Pendidikan Karakter (sebuah pendekatan nilai). Jurnal Al-Ta’dib. Vol. 9 No. 1 Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 1995 Tentang Pemasyarakatan.

Downloads

Published

2023-12-09