PERANAN TEKNOLOGI DALAM PENGEMBANGAN MATERI ILMU PENGETAHUAN SOSIAL SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v8i3.10729Keywords:
educational technology, primary school, social sciencesAbstract
Pemanfaatan teknologi informasi dalam pendidikan di sekolah dasar sangat diperlukan untuk berbagai kepentingan termasuk dalam media pembelajaran. Selain digunakan untuk media pembelajaran, teknologi informasi juga dapat digunakan untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan mempermudah proses pengembangan materi IPS pembelajaran siswa sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran teknologi dalam pengembangan materi IPS sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat studi pustaka (library research) dengan menggunakan sumber data berupa buku-buku referensi dan artikel-artikel jurnal ilmiah untuk mendapatkan jawaban permasalahan dalam penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran teknologi dalam proses pembelajaran adalah sebagai alat bantu bagi siswa dan guru dalam proses pembelajaran yang dimana bertujuan untuk meningkatkan mutu pembelajaran materi IPS. Proses pembelajaran di sekolah dasar akan lebih berkualitas dengan memanfaatkan pengguanaan Teknologi Informasi dan Komunikasi. Selain itu terdapat hambatan dalam pelaksanaannya seperti keterbatasan alat maupun kemampuan guru dalam menjalankan teknologi. Maka dari itu perlu adanya anggaran dan pelatihan untuk penggunaan teknologi dalam pembelajaran, khususnya pembelajaran IPS di sekolah dasarDownloads
References
Achyanadia, S. (2016). Peran Teknologi Pendidikan Dalam Meningkatkan Kualitas SDN. Jurnal Teknologi Pendidikan, 5(1), 11–21. https://doi.org/10.32832/tek.pend.v5i1.486
Ajizah, I. (2021). Urgensi Teknologi Pendidikan : Analisis Kelebihan Dan Kekurangan Teknologi Pendidikan Di Era Revolusi Industri 4.0. Journal of Chemical Information and Modeling, 4(1), 25–36.
Akbar, A., & Noviani, N. (2019). Tantangan dan Solusi dalam Perkembangan Teknologi Pendidikan di Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang, 2(1), 18–25.
Andri, R. M. (2017). Peran Dan Fungsi Teknologi Dalam Peningkatan Kualitas Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Research Sains, 3(1), 122–129. Retrieved from http://www.jurnalmudiraindure.com/wp-content/uploads/2017/04/PERAN-DAN-FUNGSI-TEKNOLOGI-DALAM-PENINGKATAN-KUALITAS-PEMBELAJARAN.pdf
Ariyati, P., Sukrawarpala, I. W., & Santyasa, I. W. (2021). Problem Based E-Learning Dalam Pembelajaran Kimia Di Sma. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 9(1), 70. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v9n1.p70--89
Aspi, M., & Syahrani, S. (2022). Profesional Guru dalam Menghadapi Tantangan Perkembangan Teknologi Pendidikan. ADIBA: JOURNAL OF EDUCATION, 2(1), 64–73. https://doi.org/10.54443/injoe.v3i2.35
Badryatusyahryah, B., Winarsih, M., Kustandi, C., & Putro, P. A. (2022). Penerapan Gamifikasi Dalam Pendidikan Fisika: Suatu Studi Literatur Sistematis. Kwangsan: Jurnal Teknologi …, 07(02), 283–301. Retrieved from https://118.98.226.30/index.php/jurnalkwangsan/article/view/857
Budiyono, B. (2020). Inovasi Pemanfaatan Teknologi Sebagai Media Pembelajaran di Era Revolusi 4.0. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(2), 300. https://doi.org/10.33394/jk.v6i2.2475
Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Addie Model. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 35–42. https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124
Elihami, E., & Saharuddin, A. (2018). Peran Teknologi Pembelajaran Islam Dalam Organisasi Belajar. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 1(1), 1–8. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v1i1.34
Gani, A. G. (2019). e-Learning Sebagai Peran Teknologi Informasi Dalam Modernisasi Pendidikan. Jurnal Sistem Informasi Universitas Suryadarma, 3(1), 1–19. https://doi.org/10.35968/jsi.v3i1.52
Hahn, L., & Klein, P. (2022). Eye tracking in physics education research: A systematic literature review. Physical Review Physics Education Research, 18(1), 13102. https://doi.org/10.1103/PhysRevPhysEducRes.18.013102
Nugroho, A. Y., Hartono, H., & Sudiyanto, S. (2020). ANALISIS KEBUTUHAN PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran, 4(1), 15–25. https://doi.org/10.21831/jk.v4i1.19736
Nuraini, N., & Abidin, Z. (2020). Kesulitan guru dalam mengimplementasikan pembelajaran tematik terintegratif di sekolah dasar. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 10(1), 49. https://doi.org/10.25273/pe.v10i1.5987
Pratiwi, S. A., Bramastia, Nf., & Purnama, E. K. (2022). Integrasi Teknologi Dalam Pendidikan Di Masa Pandemi Covid-19. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 10(1), 131. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v10n1.p131--146
Rahadian, D., Rahayu, G., & Oktavia, R. R. (2019). Teknologi Pendidikan: Kajian Aplikasi Ruangguru Berdasarkan Prinsip dan Paradigma Interaksi Manusia dan Komputer. Jurnal Petik, 5(1), 11–24. https://doi.org/10.31980/jpetik.v5i1.489
Raja, R., & Nagasubramani, P. C. (2018). Impact of modern technology in education. Journal of Applied and Advanced Research, 3, S33–S35. https://doi.org/10.21839/jaar.2018.v3is1.165
Salsabila, U. H., Ilmi, M. U., Aisyah, S., Nurfadila, N., & Saputra, R. (2021). Peran Teknologi Pendidikan dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan di Era Disrupsi. Journal on Education, 3(01), 104–112. https://doi.org/10.31004/joe.v3i01.348
Sirrate, S. F. S., & Yaumi, M. (2017). Perspektif Belajar Sebagai Landasan Psikologis Dalam Pengembangan Media Dan Teknologi Pembelajaran. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 20(1), 98–111. https://doi.org/10.24252/lp.2017v20n1a8
Sofianto, A., & Zuhri, M. (2021). Hambatan Dan Solusi Pembelajaran Jarak Jauh Pada Era Pandemi Covid-19 Di Jawa Tengah. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(2), 173–186. https://doi.org/10.24832/jpnk.v6i2.1841
Solviana, M. D. (2020). Pemanfaatan Teknologi Pendidikan di Masa Pandemi Covid-19: Penggunaan Gamifikasi Daring di Universitas Muhammadiyah Pringsewu Lampung. Al Jahiz: Journal of Biology Education Research, 1(1), 1. https://doi.org/10.32332/al-jahiz.v1i1.2082
Sulisworo, D., Kaliappen, N., & Winarti, W. (2021). Evaluation of STEM-based physics learning on students’ critical thinking skills: a systematic literature review. Indonesian Review of Physics, 4(2), 23–31. https://doi.org/10.12928/irip.v4i2.3814
Suprayekti, S., & Hanum, F. F. (2018). Penerapan Teknologi Pendidikan Di Lembaga Persekolahan. Perspektif Ilmu Pendidikan, 32(2), 165–179. https://doi.org/10.21009/pip.322.9
Susanti, S., Junianto, E., & Rachman, R. (2017). Implementasi Framework Laravel Pada Aplikasi Pengolah Nilai Akademik Berbasis Web. Jurnal Informatika (JI) UBSI, 4(1). https://doi.org/10.31311/JI.V4I1.1562
Widiyono, A., & Millati, I. (2021). The Role of Educational Technology in the Perspective of Independent Learning in Era 4.0. Journal of Education and Teaching (JET), 2(1), 1–9.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.