PENERAPAN PROGRAM LITERASI AL-QUR’AN DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA DI SMPN 19 MATARAM
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v8i3.10691Keywords:
Kata Kunci : Literasi Al-Qur’an, Karakter Religius, SiswaAbstract
Penerapan pelaksnaan program literasi Al-Qur’an ini adalah proses berjalannya suatu sistem kegiatann yang telah diatur pelaksanaanya secara terstruktur, tujuan dari penelitian ini adalah untuk membentuk karakter religius siswa SMPN 19 Mataram dan untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat program kegiatan literasi Al-Qur’an. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriftif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi, teknik analisis data menggunakan reduksi data, ppenyajian data, dan penarikan kesimpulan, uji keabsahan data yang di gunakan adalah triangulasi teknik, triangulasi sumber dan triangulasi waktu. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa siswa masih kurang di siplin waktu dalam menjalankan kegiatan literasi Al-Qur’an , sehingga di terapkannya beberapa kegiatan dalam program literasi Al-Qur’an seperti : 1) pembacaan al-qur’an; 2) ceramah ; 3) pembacaan shalawat; 4) shalat berjamaah; 5) doa, yang menjadi faktor pendukung dari berjalannya kegiatan ini adalah : 1) dukungan dari pihak sekolah ; 2) media dan sumber belajar; 3) dukungan pihak orang tua, sedangkan yang menjadi faktor penghambat kegiatan ini yaitu : 1) kurang disiplinnya siswa; 2) sarana dan prasarana.Downloads
References
Agustiawan, H., & Puspitasari, E. D. (2019). Pembentukan karakter siswa SMP melalui literasi sains. Symposium of Biology Education (Symbion), 2, 273–281. https://doi.org/10.26555/symbion.3548
Aziizu, B. Y. A. (2015). Tujuan Besar Pendidikan Adalah Tindakan. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 295–300. https://doi.org/10.24198/jppm.v2i2.13540
Khumaira, A. F. (2022). Literasi Al-Quran ; Gerakan Tanpa Buta Huruf hijaiyah ( GTBH ) bagi Peserta Didik di SDN 1 Ciarus. PROCEEDING: The Annual Conference on Islamic Religious Education, 2(April), 877–888.
Mahdali, F. (2020). Analisis Kemampuan Membaca Al-Qur’an Dalam Perspektif Sosiologi Pengetahuan. Mashdar: Jurnal Studi Al-Qur’an Dan Hadis, 2(2), 143–168. https://doi.org/10.15548/mashdar.v2i2.1664
Mohamad Nasirudin, Mazidatul Faizah, Salim Ashar, M. K. D. (2021). Penerapan Metode Tilawati dalam Pembelajaran Membaca Al-Quran di Pondok Sabilul Huda. Ekonomi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 127–131.
Muliati, M., Zubair, M., & Basariah, B. (2022). Peran Orang Tua dalam Mendorong Motivasi Belajar Anak Selama Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran PPKn (Studi di Lingkungan Tolotongga). Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3b), 1610–1614. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i3b.821
Mustari, M., Ph, D., Rahman, M. T., & Ph, D. (2014). Manajement Pendidikan. In RajaGrafika Persada.
Nurhaliza, Lestari, E. T., & Irawani, F. (2021). Analisis Metode Ceramah dalam Pembelajaran IPS Terpadu di Kelas VII SMP Negeri 1 Selimbau Kabupaten Kapuas Hulu. Jurnal Pendidikan Sejarah, Budaya Sosial, 1(2), 11–19.
Rahman, A., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1–8.
Rofifah, D. (2020). Doa dan Pembelajarannya. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 12–26.
SAMUDRA, G., Suastra, M., & Suma, M. (2014). Permasalahan-Permasalahan Yang Dihadapi Siswa SMA Di Kota Singaraja Dalam Mempelajari Fisika. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran IPA Indonesia, 4(1), 1–7.
Yati, R. (2015). DALAM PERSPEKTIF PSIKOLOGI PENDIDIKAN.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.