EFEKTIVITAS PROBLEM BASED LEARNING AND CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP MINAT BELAJAR IPA KELAS III

Authors

  • Devina Inka Universitas Kristen Satya Wacana
  • Gamaliel Septian Airlanda Universitas Kristen Satya Wacana

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i3.10625

Keywords:

Problem Based Learning, Contextual Teaching and Learning, Minat Belajar

Abstract

Penentu keberhasilan pembentukan kepribadian peserta didik dalam pembelajaran IPA adalah menumbuhkan minat dan konsep diri melalui model pembelajaran yang menarik. Sehingga dilakukan penelitian untuk mengetahui pengaruh minat belajar IPA peserta didik kelas III dalam pembelajaran menggunakan model Problem Based Learning dan Contextual Teaching and Learning. Jenis penelitian ini adalah Quasi Experimental Research atau penelitian eksperimen semu. Dalam penelitian ini, digunakan desain Quasi Experimental Pretest-Posttest Nonequivalent Control Group Design. Berdasarkan hasil uji Independent Sample T-test pada kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh nilai sebesar 0,013 dan 0,012. Maka Sig (2-tailed) < 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian penggunaan model Problem Based Learning mempengaruhi minat belajar peserta didik pada muatan pembelajaran Bahasa Indonesia kelas III terhadap minat belajar dengan hasil Uji-t menghasilkan nilai Sig (2-tailed) sebesar 0,013 < 0,05.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alfianita, R., & Astuti, S. (2022). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Contextual Teaching and Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dalam Pelajaran Matematika pada Siswa Kelas 4 Sekolah Dasar. Jurnal Kewarganegaraan, 6(2), 4387–4397.

Janna, N. M., & Herianto, H. (2021). Konsep Uji Validitas dan Reliabilitas dengan Menggunakan SPSS.

Meilasari, S., & Yelianti, U. (2020). Kajian model pembelajaran problem based learning (pbl) dalam pembelajaran di sekolah. BIOEDUSAINS: Jurnal Pendidikan Biologi Dan Sains, 3(2), 195–207.

Nur Kumala, F. (2016). PEMBELAJARAN IPA SD. Ediide Indografika.

Purwanto, N. (2019). Variabel Dalam Penelitian Pendidikan. Jurnal Teknodik, 6115, 196–215. https://doi.org/10.32550/teknodik.v0i0.554

Putra, R. D. O., & Suyatini, M. M. (2022). Pengaruh Problem Based Learning Berbantu Media Puzzle Terhadap Minat Belajar Siswa SD. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 1711–1717.

Rambe, A. H., Sari, A. J., Siregar, H., Ritonga, N. Z., & Novita, N. (2022). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 423–428.

Siyoto, S., & Sodik, M. A. (2015). Dasar metodologi penelitian. literasi media publishing.

Surtikawati, E., Desstya, A., & Fathoni, A. (2022). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Tematik Di Kelas VI SD N 2 Girimarto. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 6(1), 76–91.

Sutriyani, W., & Widyatmoko, H. (2020). Efektivitas Model PBL Menggunakan Media Lagu Rumus Matematika terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Tunas Nusantara, 2(2), 220–230.

Ulfa, R. (2021). Variabel Penelitian Dalam Penelitian Pendidikan. Al-Fathonah, 1(1), 342–351.

Downloads

Published

2023-11-03