PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA SISWA

Authors

  • Indah Panjaitan Universitas Jambi
  • Eko Kuntarto universitas jambi

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i3.10604

Keywords:

The Role Of The Teacher, Students' Reading Interest

Abstract

Facilities and habits really help encourage students' interest in reading and also teachers play a major role for students in increasing their interest in reading, how teachers guide and motivate students in growing their interest and teachers are one of the facilitators for students. This research uses a descriptive qualitative method with a phenomenological type of research. This research data was obtained by interviewing and observing teachers, school principals and students. The results of this research describe that the role of teachers in increasing students' interest in reading at SDN 93/I Lopak Aur is as a motivator, facilitator and guide in school literacy activities and reading corners. Factors that influence the role of teachers in increasing students' interest in reading are the lack of facilities and infrastructure at school, the existence of motivational support from teachers, as well as habits and activities at school such as school literacy and reading corners which help students increase their interest in reading.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ainurrofiq Dawam, Kiat Menjadi Profesional, (Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2008), hlm. 127

Akhyak, Profil pendidik sukses, (Surabaya: Elkaf, 2005), hlm.15

Alawiyah, F. (2013). Peran guru dalam kurikulum 2013. Aspirasi: Jurnal Masalah Masalah Sosial, 4(1), 65-74.

Arif S. Sadiman, dkk., Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya, (Jakarta: CV. Rajawali, 1986), hlm.31

BSNP, Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Insonesia Nomor 16 Tahun 2007 Tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru, (Jakarta, 2007).

Dalman. 2014. Keterampilan Membaca. Jakarta: Rajawali Pers

DIANINGRUM, Y. (2021). Pemahaman Siswa Sd Terhadap Materi Pembelajaran Bahasa Jawa Ditinjau Dari Minat Baca (Doctoral dissertation, STKIP PGRI PACITAN).

Dianingrum, Y. (2021). Pemahaman Siswa SD terhadap Materi Pembelajaran Bahasa Jawa Ditinjau Dari Minat Baca (Doctoral dissertation, STKIP PGRI PACITAN).

E. Mulyasa, Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2007), hlm. 67

Gumono, G. (2016). Profil Minat Baca Mahasiswa Fkip Universitas Bengkulu. Wacana: Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra dan Pengajaran, 14(1), 65-78.

Hamid Darmadi, Pengantar Pendidikan Era Globalisasi, (Jakarta : An1mage, 2019),

HANIFAH, M. (2019). Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Minat Membaca Siswa Di SMPN 3 Kedungwaru Tulungagung. hlm. 6

Harsono dan Susilo Joko, Pemberontakan Guru Menuju Peningkatan Kualitas, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2010), hlm. 22

https://ayoguruberbagi.kemdikbud.go.id/artikel/tugas-peran-serta-tanggung-jawab-seorang-guru/

Imron, M. A., & Kuntarto, E. (2019). Revitalisasi Perpustakaan Sekolah Untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa. Repository Unja.

Karmila, L. (2019). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa. Journal of Educational Social Studies, 8(1), 167-174.

Kartika, Esther. 2004. Memacu Minat Membaca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Penabur - No.03 / Th.III / Desember 2004. hal. 113-128

Kuntarto, E., & Sari, N. (2017). Pengalaman Terbaik Dalam Menumbuhkan Minat Membaca Buku Perpustakaan Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 2(2), 185-201.

Lestari, R. D., Kuntarto, E., & Sholeh, M. (2021). Strategi Guru Menumbuhkan Minat Membaca Siswa Hiperaktif pada Masa Pandemi Covid-19 di Kelas III C sekolah Dasar (Doctoral dissertation, Universitas Jambi).

Mansyur, U., & Indonesia, U. M. (2019, November). Gempusta: Upaya meningkatkan minat baca. In Prosiding Seminar Nasional Bahasa Dan Sastra II FBS UNM (pp. 203-2017).

Marimbun, M. (2019). Minat membaca dan implementasinya dalam bimbingan dan konseling. ENLIGHTEN: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 2(2), 74-84.

Moh. Roqiq & Nurfuadi, Kepibadian Guru (Upaya Mengembangkan Kepribadian Guru yang Sehat di Masa Depan), (Yogyakarta: STAIN Purwokerto Press, 2011), hlm, 107

Muchtar Buchori, Spektrum Problemtika Pendidikan di Indonesia (Yogyakarta: Tiara Wacana, 1994), hlm. 81

Mujtahid, Pengembangan Profesi Guru (Malang: UIN-Maliki Press, 2011), hlm.45

Nurtika, L. (2021). Strategi Meningkatkan Minat Baca Pada Masa Pandemi. Lutfi Gilang.

Permatasari, A. W., Kuntarto, E., & Destrinelli, D. (2021). Strategi Guru Dalam Menumbuhkan Minat Baca Siswa Pada Masa Pandemi Covid-19 (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS JAMBI).

Prasetyono, Rahasia Mengajarkan Gemar Membaca Pada Anak Sejak Dini. Yogyakarta: Diva Press , 2008, hlm. 59

Rahmi, A. A. (2022). Peran Guru Dalam Minat Membaca Siswa Kelas Ii Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 5(2).

Rintang, K. (2020). Analisis Peran Guru Dalam Meningkatkan Minat Baca Peserta Didik SD Negeri Karangasem 3 Surakarta (Penelitian Studi Kasus Pada Guru SD Negeri Karangasem 3 Surakarta Tahun 2020).

Rintang, K., Istiyati, S., & Hadiyah, H. (2021). Analisis peran guru dalam meningkatkan minat baca peserta didik di sekolah dasar. Didaktika Dwija Indria, 9(1).

Rofiqi & Rosyid, M. Z. (2020). Diagnosis kesulitan belajar pada siswa. Malang: Literasi Nusantara.

Downloads

Published

2023-11-05