UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR IPA DENGAN MENGGUNAKAN METODE QUANTUM TEACHING PADA PESERTA DIDIK KELAS IV DI SD NEGERI 238 PALEMBANG
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.10319Keywords:
Motivasi Belajar, IPA, Quantum TeachingAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar IPA melalui metode pembelajaran Quantum Teaching pada peserta didik kelas IV SD Negeri 238 Palembang. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SD Negeri 238 Palembang sebanyak 28 orang. Desain penelitian yang digunakan adalah model Kemmis dan Mc Taggart yang berisi tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, dan refleksi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi, lembar wawancara, skala motivasi belajar untuk mengukur motivasi belajar IPA. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran Quantum Teaching dapat meningkatkan motivasi belajar IPA. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA pada dari siklus I kesiklus II. Pada saat siklus I hasil rata-rata motivasi belajar memperoleh presentase rata-rata sebesar 69,52% dengan katagori cukup, selanjutnya setelah melakukan perbaikan pada siklus II, pencapaian motivasi belajar IPA peserta didik meningkat 16,36% menjadi 85,88% dengan katagori baik.Downloads
References
Astriyani, Triyono, & Hitipeuw, I. (2018). Hubungan Motivasi Belajar dan Tindakan Guru dengan Prestasi Belajar Siswa dengan Latar Belakang Broken Home Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(6), 806–809. http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v3i6.11220
Arikunto, S. (2009). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktek. Rineka Cipta.
Hero, H., & Sni, M. E. (2018). Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas V Di Sekolah Dasar Inpres Iligetang. JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar), 1(2), 129–139. https://doi.org/10.26618/jrpd.v1i2.1568
Imamora, M., Fitri, D. W., & Lizelwati, N. (2020). Pengembangan Modul Gejala Pemanasan Global Berbasis Pendekatan SETS untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Fisika Kelas XI SMAN 7 Sijunjung. Sainstek : Jurnal Sains dan Teknologi, 12(2), 51. https://doi.org/10.31958/js.v12i2.2625
Porter, B. de, Readon, M., & Singer, S. (2014). Quantum teaching : mempraktikkan quantum learning di ruang-ruang kelas. Penerbit Kaifa.
Purwanto, N. (2010). Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. PT Remaja Rosdakarya.
Sadiman, A., Rahardjo, R., Haryono, A., & Harjito. (2014). Media Pendidikan. Raja Grafindo Persada.
Suardi, M. (2018). Belajar dan Pembelajaran. CV Budi Utama.
Sulistyorini, S. (2007). Pembelajaran IPA sekolah dasar. Tiara Karya.
Sulthon, S. (2017). Pembelajaran IPA yang Efektif dan Menyenangkan bagi Siswa MI. ELEMENTARY: Islamic Teacher Journal, 4(1). https://doi.org/10.21043/elementary.v4i1.1969
Sumantri, M., & Syaodih, N. (2007). Perkembangan Peserta Didik. Universitas Terbuka.
Supriyadi, D. (2004). Membangun bangsa melalui pendidikan. Remaja Rosdakarya.
Wiyono, B. H., & Budhi, W. (2018). Pengaruh Metode Pembelajaran CTL Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VIII Ditinjau Dari Kemampuan Berkomunikasi. Natural: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 5(1), 11. https://doi.org/10.30738/natural.v5i1.2561
Yuliati, Y., & Lestari, I. (2019). Penerapan Model Creative Problem Solving Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 5(1). https://doi.org/10.31949/jcp.v5i1.1200.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.