PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS HOTS SEBAGAI UPAYA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS V SD NEGERI 111/I MUARA BULIAN

Authors

  • Yosia Septi Indriasih Universitas Jambi
  • Syahrial Syahrial FKIP Universitas Jambi
  • Akhmad Faisal Hidayat FKIP Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.10265

Keywords:

Pembelajaran, HOTS, Kemampuan Berpikir Kiritis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa kelas V SD Negeri 111/I Muara Bulian. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan data penelitian diperoleh melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Data pada penelitian ini diolah secara kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus dan pada setiap siklusnya terdiri dari dua pertemuan dengan tahapan yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa meningkat dengan menerapkan pembelajaran berbasis HOTS. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari analisis data setiap siklus. Rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa pada siklus I adalah sebesar 71,31% lalu mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 16,06% sehingga rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa menjadi 87,37%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran berbasis HOTS dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas V SD Negeri 111/I Muara Bulian yang terbukti dengan keberhasilan penelitian ini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ariyana, Y., Bestary, R., Yogyakarta, U. N., & Mohandas, R. (2018). Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi.

Fau, L. C. (2022). Implementasi Pembelajaran Berbasis Higher Order Thinking Skills ( HOTS ) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Siswa. Sanata Dharma.

Girsang, B., Ayu, E., Sinaga, L., Tamba, P. G., Sihombing, I., & Siahaan, F. B. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dengan Model Program For International Student Assesment ( PISA ) Konten Quantitiy Pada Materi Himpunan di Kelas VII SMP HKBP Sidorame Medan. October, 172–180.

Lestari, I. (2019). Berpikir Kritis dalam Konteks Pembelajaran (Issue August).

Lukitasari, D. R. (2013). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah Film sebagai Sumber Belajar Pada Pokok Bahasa Sikap Pantang Menyerah dan Ulet Kelas X PM SMK N 1 Batanv.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 57 Tahun 2021 Tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Depdiknas.

Pujiriyanto. (2019). MODUL 2 “Peran Guru Dalam Pembelajaran Abad 21.” Modul 2 PPG, 168.

Saputra, H. (2016). Pengembangan Mutu Pendidikan Menuju Era Global: Penguatan Mutu Pembelajaran dengan Penerapan HOTS (High Order Thinking Skills). In SMILE’S Publishing

Downloads

Published

2023-10-11