PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS APLIKASI ISPRING SUITE PADA KURIKULUM MERDEKA DALAM PEMBELAJARAN IPA DI KELAS V SEKOLAH DASAR

Authors

  • Muhammad Kifron Kifron Universitas Jambi
  • Syahrial Syahrial Universitas Jambi
  • Eddy Haryanto Eddy Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i1.12860

Keywords:

multimedia, interaktif, pembelajaran IPA, ispring suite

Abstract

Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan. Penelitian ini berupa pengembangan multimedia interaktif berbasis aplikasi iSpring suite dengan beracuan pada kurikulum merdeka yang dapat digunakan guru sebagai bahan ajar pendukung dalam proses pembelajaran di sekolah dasar. Multimedia interaktif dalam pembelajaran merupakan suatu media pembelajaran yang dapat menyajikan infromasi dengan bentuk tampilan yang lebih menarik dikarenakan adanya gabungan antara teks, grafik, gambar, animasi, bahkan suara yang menarik, sehingga belajar menjadi lebih menyenangkan. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan prosedur pengembangan, tingkat validitas dan kepraktisan dari produk yang dikembangkan. Model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE yang terdiri atas 5 tahap utama, yaitu Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. hasil penelitian menunjukan bahwa validasi dari penilian ahli materi memperoleh nilai rata-rata 4,1 dengan kategori valid, dari penilaian ahli bahasa memperoleh nilai rata-rata 4,41 dengan kategori sangat valid, dan dari penilaian ahli media memperoleh nilai rata-rata 4,2 dengan kategori valid. selanjutnya hasil dari penilaian angket respon guru memperoleh nilai rata-rata 4,7. Penilian dari angket respon peserta didik pada uji coba kelompok kecil memperoleh nilai rata-rata keseluruhan 4,5. Serta penilaian dari angket respon peserta didik pada uji coba kelompok besar memperoleh nilai rata-rata 4,5. Berdasarkan hasil penelitian yang di peroleh dapat disimpulkan bahwa Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Aplikasi Ispring Suite Pada Kurikulum Merdeka Dalam Pembelajaran IPA di Kelas V Sekolah Dasar yang telah dikembangkan dinyatakan valid dan praktis untuk digunakan dalam pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arsyad, A. (2006). Media Pembelajaran. PT Raja Grafindo Persada.

Chan, F., & Budiono, H. (2019). Pengembangan Buku Petunjuk Praktikum IPA Berbasis Learning Cycle Bagi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 4(2), 166–175.

Endang Mulyatiningsih. (2011). Riset Terapan Bidang Pendidikan dan Teknik. UNY Press.

Kemendikbud. (2022). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2022. Kemendikbud RI, Standar Proses Pendidikan Dasar Dan Menengah.

Kemendikbudristek. (2022). Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 56/M/2022 Tentang Pedoman Penerapan Kurikulum Dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran.

Kumalasani, M. P. (2018). Kepraktisan Penggunaan Multimedia Interaktif pada Pembelajaran Tematik Kelas IV SD. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar (JBPD), 2(1A), 1–11.

Munir. (2012). MULTIMEDIA Konsep & Aplikasi dalam Pendidikan. Alfabeta, CV. www.cvalfabeta.com

Putri, R. (2019). Pengaruh Kebijakan Perubahan Kurikulum Terhadap Pembelajaran Di Sekolah. Universitas Negeri Padang, 1–9.

Sugiono. (2015). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R&D. ALFABETA.CV.

Downloads

Published

2024-03-11