ANALISIS PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA DI UPT SD NEGERI 012 LANGGINI BANGKINANG KOTA

Authors

  • Nurul Ramadhia Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Rizal Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Rizki Ananda Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Mufarizuddin Mufarizuddin Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Yanti Yandri Kusuma Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.10154

Keywords:

Kurikulum, penerapan, kendala, dan upaya dalam memfasilitasi

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh bagaimana penerapan Kurikulum merdeka di masa uji cobanya pada tahun ini. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kendala yang dialami guru dalam penerapan kurikulum merdeka, dan bagaimana pihak sekolah dalam memfasilitasinya. Penelitian ini Menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan kurikulum merdeka di UPT SD Negeri 012 Langgini Bangkinang Kota sudah terlaksana dengan baik. Kendala yang dialami guru pada penerapan kurikulum merdeka itu ialah dalam penyusunan ATP dan Modul ajar karena terdapat perubahan pada penyusunan ATP dan Modul ajar pada penerapan, belum terlaksananya pembelajaran berdiferensiasi, dan kurangnya sarana dan prasarana sekolah. Upaya pihak sekolah dalam memfasilitasinya dengan mempersiapkan untuk mengikuti workshop baik secara daring maupun luring, melengkapi sarana dan prasarana, dan membentuk team work antara kepala sekolah, guru, dan orang tua peserta didik. Dari temuan hasil penelitian, penulis menyimpulkan bahwa penerapan kurikulum merdeka di UPT SD Negeri 012 Langgini Bangkinang Kota sudah terlaksana dengan baik, kendala yang dialami guru yaitu pada penyusunan ATP dan Modul ajar, belum terlaksananya pembelajaran berdiferensiasi dan kurangnya sarana dan prasarana. dalam upaya sekolah memfasilitasi nya dengan mempersiapkan untuk mengikuti workshop, melengkapi sarana dan prasarana serta membangun kerjasama dengan orang tua peserta didik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Wahira, W., Hamid, A., & HB, L. (2023). Pelatihan Pemahaman Kurikulum Merdeka Belajar Pada Guru Sekolah Dasar. EJOIN : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 43–47. https://doi.org/10.55681/ejoin.v1i2.572

Putri Sayekti, S., & Al-Hamidiyah Jakarta, S. (2022). “Menyongsong Kurikulum Merdeka dalam Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila” Systematic Literature Review: Pengembangan Asesmen Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar Tingkat Sekolah Dasar Systematic Literatur Review: Development Of Learning Asessment For In. Seminar Nasional Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2, 23–28.

Downloads

Published

2023-09-30