PENGARUH RELIGIOSITY TERHADAP MINAT BOYCOTT YANG DIMEDIASI OLEH BRAND ATTITUDE PRODUK PRO ISRAEL AMDK MEREK AQUA DI BANDUNG RAYA

Penulis

  • Nursafitri Nur Universitas Jenderal Achmad Yani, Manajemen Ekonomi & Bisnis
  • Tania Adialita

Kata Kunci:

Religiosity, Boycott, Brand Attitude

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh religiosity terhadap minat boycott yang dimediasi oleh brand attitude produk pro Israel pada AMDK merek Aqua di Bandung Raya. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu konsumen yang mengkonsumsi atau menggunakan produk AMDK merek Aqua dengan usia minimum 18 tahun dan berdomisili di Bandung Raya. Teknik pengumpulan sampel dalam penelitian ini diantaranya convenience sampling yang melibatkan 90 responden. Data yang digunakan berupa data primer yang diperoleh dari hasil survey dengan dilakukan penyebaran kuesioner secara online dengan teknik cross-sectional. Penelitian ini menggunakan teknik uji validitas dan reliabilitas untuk dilakukan pengujian instrument, uji deskriptif, uji asumsi klasik, uji regresi berganda, uji hipotesis dengan menggunakan Software Programme Social Science (SPSS) version 25 serta  uji sobel dengan menggunakan kalkulator sobel dari Interactive Mediation Tests. Hasil penelitian ini diantaranya religiosity berpengaruh negatif terhadap brand attitude dan brand attitude berpengaruh negatif terhadap minat boycott. Selain itu, brand attitude mampu berperan memediasi pengaruh religiosity terhadap minat boycott pada produk pro Israel AMDK merek Aqua di Bandung Raya.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Abdullah, Z., Anuar, M., & Noor, M. (2024). Consumer Boycott: The Effect of Religiosity and Consumer Attitudes. 85–97. http://jurnal.usas.edu.my/gjat/index.php/journal

Abdullah, Z., Anuar, M., & Yaacob, M. R. (2021). The Effect of Religiosity and Attitude on Consumer Boycotts. Jurnal Internasional Penelitian Akademik Dalam Bisnis Dan Ilmu Sosial, 1(18), 133–150. https://doi.org/10.6007/IJARBSS

Abdullah, Z., Mohamed Anuar, M., & Yaacob, M. (2021). The Effects of Religiosity and Attitude on Consumer Boycotts. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 11. https://doi.org/10.6007/IJARBSS/v11-i18/11432

Abosag Ibrahim. (2010). Dancing with Macro-Boycotters: The Case of Arla Foods. Jurnal Perencanaan Dan Intelijen Pemasaran, 28(3), 365–373.

Annur, C. M. (2022, December 1). Merek Air Mineral dalam Kemasan Botol Paling Disukai di Indonesia (2022). Databoks.

Assael, H. (2001). Consumer Behaviour and Marketing Action (6th ed.). Thompson.

Assael Henry. (2002). Assael H. (2002), Consumers Behavior and Marketing Action, Edisi 3, Kent Publishing Company, Boston Massachusset, AS. (Third Edition).

, Hari Besar, dan Kitab Sucinya. Tokopedia. https://www.tokopedia.com/blog/agama-di-indonesia- edu/

Darsono, L. I., & Dharmmesta, B. S. (2005). Kontribusi Involvement dan Trust in a Brand dalam Membangun Loyalitas Pelanggan. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Indonesia, 20(3), 237–304.

Dekhil, F., Jridi, H., & Farhat, H. (2017). Effect of religiosity on the decision to participate in a boycott: The moderating effect of brand loyalty – the case of Coca-Cola. Journal of Islamic Marketing, 8(2), 309–328. https://doi.org/10.1108/JIMA-01-2013-0008

Fakriza, R., & Nurdin, R. (2019). Pengaruh Religiusitas Terhadap Boikot Dengan Loyalitas Merek Sebagai Variabel Moderasi Pada Kfc Banda Aceh. In Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Manajemen (Vol. 4, Issue 1).

Fakriza, R., Nurdin, R., Manajemen, M. J., Ekonomi, F., Bisnis, D., Syiah Kuala, U., & Dosen, ). (2019). (Pendukung 5) Pengaruh Religiusitas Terhadap Boikot Dengan Loyalitas Merek Sebagai Variabel Moderasi Pada Kfc Banda Aceh. In Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Manajemen (Vol. 4, Issue 1).

Friedman. (1985). Consumer Boycotts in the United States, 1970-1980: Contemporary Events in Historical Perspective. The Journal of Consumer Affairs, 19(1), 96–117. https://www.jstor.org/stable/23859226

Garret DE. (1986). (ARTIKEL) Pemboikotan Konsumen: Apakah Target Selalu Orang yang Buruk?,. Business and Society Review, 58, 17–21.

Garrett, D. E. (1987). The Effectiveness of Marketing Policy Boycotts: Environmental Opposition to Marketing. In Source: Journal of Marketing (Vol. 51, Issue 2).

Ghufron Nur. (2016). Teori-Teori Psikologi (S Rini Risnawita, Ed.). Ar-Ruzz Media. https://perpustakaan.binadarma.ac.id/opac/detail-opac?id=17130

Husna, K., Hafidzi, A., & Hanafiah, M. (2023). Dampak Pemboikotan Produk Pro Israel Fatwa Dsn Mui Nomor 83 Tahun 2023 Bagi Warung Rumahan Di Kota Banjarmasin. In Indonesian Journal of Islamic Jurisprudence,Economic and Legal Theory (IJIJEL (Vol. 1, Issue 4). https://shariajournal.com/index.php/IJIJEL

Ichsan, M. (2023, November 15). Daftar 121 Produk Pro Israel, Air Minum Kemasan Aqua dari Danone Masuk List Boikot. DISWAY.ID2023. https://disway.id/read/742697/daftar-121- produk-pro-israel-air-minum-kemasan-aqua-dari-danone-masuk-list-boikot#google_vignette

Ishak, S., Khalid, K., & Sulaiman, N. (2018). Influencing consumer boycott: between sympathy and pragmatic. Journal of Islamic Marketing, 9(1), 19–35. https://doi.org/10.1108/JIMA-05-2016- 0042

Ismuputro, R. M. (2020). Peran Citra Merek, Harga Dan Kemasan Terhadap Keputusan Pembelian Air Minum Dalam Kemasan Aqua. In Jurnal Ilmu Manajemen (Vol. 8).

Koenig Harold G., McCullough Michael E, & Larson David B. (2000). Handbook of Religion and Health. Oxford University Press. Koenig, H.G., McCullough, M.E., and Larson, D.B. authored the book

Kurniawati, Dewi, Suharyono, & Andriani Kususmawati. (2009). Pengaruh Citra Merek dan kualitas Produk terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan (Studi pada pelanggan KFC Cabang Kawi Malang). Urnal Administrasi Bisnis (JAB), 14(2).

Lindenmeier, J., Schleer, C., & Pricl, D. (2012). Consumer outrage: Emotional reactions to unethical corporate behavior. Journal of Business Research, 65(9), 1364–1373. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2011.09.022

Nashori, F. (2013). Agama Dan Optimisme. JIP (Jurnal Intervensi Psikologi), 5(1), ii–iv. https://journal.uii.ac.id/intervensipsikologi/article/view/3966

Nugroho, S. A. (2013). Analisis Pengaruh Daya Tarik Iklan dan Kekuatan Celebrity Endorser Terhadap Brand Awareness dan Dampaknya Terhadap Brand Attitude Handphone Nokia [Skripsi]. Universitas Diponegoro.

Octaviasari Sherly. (2011). Analisis Pengaruh Daya Tarik Iklan dan Efek Komunitas Terhadap Kesadaran Merek dan Sikap Terhadap Merek Kartu Seluler Prabayar Mentari di Semarang [Skripsi]. Universitas Diponegoro.

Peter, J. P. , & O. J. C. (2010). Consumer Behavior & Marketing Strategy. McGraw-Hill.

Peterson, L. , & Roy, A. (1985). Religiosity, Anxiety, and Meaning and Purpose: Religion’s Consequences for Psychological Wellbeing. Review of Religious Research, 27, 49–62.

Sen, Canli, G., & Morwitz. (2001). Withholding Consumption: A Social Dilemma Perspective on Consumer Boycotts. Journal of Consumer Research, 28, 399–417. Sen, Gürhan-Canli, and Morwitz’s article.

Sormin, S. K., Diba, F., & Malik, M. (2024). Perilaku Konsumsi Terhadap Boikot Produk Pro Israel

(Vol. 3).

Sutisna. (2002). Perilaku Konsumen & Komunikasi Pemasaran. PT Remaja Rosdakarya.

Timpal, N., Slhvj, L., & Van Rate, P. (2016). Pengaruh Brand Awareness dan Brand Atitude Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Merek Nokia (Studi Kasus Pada Siswa Sma Dan Smk Di Kota Manado) The Influence Of Brand Awareness And Brand Attitude On Purchase Decision Of Nokia Handphone (Case Study At High School Students In Manado City). In Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi (Vol. 16, Issue 01).

Top Brand Award. (2024). Top Brand Award. Frontier. https://www.topbrand- award.com/komparasi_brand/bandingkan?id_award=1&id_kategori=2&id_subkategori=432

Walla. (2023, March 22). Danone: Why did the French food giant invest in this Israeli company?

The Jerusalem Post.

Diterbitkan

2025-07-31