DAMPAK PERLAKUAN MODEL PEMBELAJARAN RADEC BAGI CALON GURU TERHADAP KEMAMPUAN MERENCANAKAN PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Hany Handayani STKIP Purwakarta
  • Wahyu Sopandi Universitas Pendidikan Indonesia
  • Ernawulan Syaodih Universitas Pendidikan Indonesia
  • Dadan Setiawan Universitas Pendidikan Indonesia
  • Indra Suhendra Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v4i1.1857

Keywords:

Model Pembelajaran RADEC, Kemampuan Merencanakan Pembelajaran

Abstract

Mengembangkan keterampilan calon guru dalam merencanakan pembelajaran adalah salah satu tujuan utama dalam pendidikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dampak penerapan model pembelajaran RADEC (Read, Answer, Disscuss, Explain, and Create) terhadap kemampuan calon guru dalam merencanakan pembelajaran di sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuasi eksperimen dengan desain one shot case study. Populasi dalam penelitian berjumlah 40. Adapun jumlah sampel penelitian ini berjumlah 9 orang calon guru. Data diperoleh melalui observasi, dan studi dokumentasi hasil rencana pelaksanaan pembelajaran yang telah dibuat oleh calon guru. Hasil tersebut dianalisis dan dinilai berdasarkan instrument penilaian kemampuan merencanakan pembelajaran yang sudah dikembangkan. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh hasil bahwa skor rata-rata kemampuan calon guru dalam merencanakan pembelajaran sebesar 95,39. Hal tersebut menunjukkan bahwa model pembelajaran RADEC memiliki dampak yang baik terhadap kemampuan calon guru dalam merencanakan pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akkaya, N., & Kirmizi, F. S. (2010). Relationship between attitudes to reading and time allotted to writing in primary education. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 2(2), 4742–4746. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2010.03.761.

Alexander, K. P., DePalma, M. J., & Ringer, J. M. (2016). Adaptive Remediation and the Facilitation of Transfer in Multiliteracy Center Contexts. Computers and Composition, 41, 32–45. https://doi.org/10.1016/j.compcom.2016.04.005

Allison, E., & Allison, E. (2018). Modern Scientific Literacy: A Case Study of Multiliteracies and Scientific Practices in a Fifth Grade Classroom. 270–283.

Binkley, M., et. al. (2012). Defining Twenty-First Century Skills. dalam Griffin, P. Assesment and Teaching of 21st Century Skills. New York: Springer.

Bonyadi, A., & Zeinalpur, S. (2014). Perceptions of Students Towards Self-selected and Teacher-assigned Topics in EFL Writing. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 98, 385–391. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.03.430.

Decker, S. L., Roberts, A. M., Roberts, K. L., & Stafford, A. L. (2016). Cognitive components of developmental writing skill. 53(6).https://doi.org/10.1002/pits

Faelasofi, R., Arnidha, Y., & Istiani, A. (2015). Metode Pembelajaran Mind Mapping untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika. JURNAL E-Du Math, 1(2). https://doi.org/10.26638/je.116.2064.

Hamdu, G., & Agustina, L. (2011). Pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar IPA di sekolah dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan, 12(1), 90–96.

Herman, T. (2007). Pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir matematis tingkat tinggi siswa sekolah menengah pertama. Educationist, 1(1), 47–56.

Kependidikan, D. T., JENDERAL, D., Kependidikan, P., & NASIONAL, D. P. (2008). Penilaian kinerja guru. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Lukmanudin. (2018). Penguasaan Konsep IPA dan Kemampuan Menjelaskan Fenomena Perpindahan Zat Pencemar Melalui Pembelajaran RADEC (Tesis, Universitas Pendidikan Indonesia, 2018).

Morocco, C. C., Aguilar, C. M., & Bershad, C. J. (2010). Supported Literacy for Adolescents.: Transforming Teaching and Content Learning for the 21st Century. John Wiley & Sons.

Nurgiyantoro, B. (2010). Penilaian Pembelajaran Sastra Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: BPFE.

Pemerintah Republik Indonesia. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Sekretariat Negara Republik Indonesia. Jakarta.

Saragih, A. H. (2008). KOMPETENSI MINIMAL SEORANG GURU DALAM MENGAJAR. Jurnal Tabularasa, 5, 23–34.

Sardiman, A. M. (2004). Interaksi & motivasi belajar mengajar. Rajagrafindo persada (rajawali pers).

Soltani, A., & Kheirzadeh, S. (2017). JOURNAL OF LANGUAGE AND LINGUISTIC STUDIES Exploring EFL students ’ use of writing strategies and their attitudes towards reading-to-write and writing-only tasks, 13(2), 535–560.

Pratiwi, N., Sopandi, W., & Rosdiono, M. (2018). The Students’ Conceptual Understandings on Global Warming through Read-Answer- Disscuss-Explain-and Create (RADEC) Learning. Proceedings of International Conference on Elementary Education, 635–639.

Sopandi, W., & Handayani, H. (2019). The Impact of Workshop on Implementation of (RADEC) Learning Model on Pedagogic Competency of Elementary School Teachers. International Conference of Innovation in Education (ICoIE) 178, pp. 7-11.

Sopandi, W., Pratama, Y., & Handayani, H. (2019). Sosialisasi dan Workshop Implementasi Model Pembelajaran RADEC Bagi Guru-Guru Pendidikan Dasar dan Menengah. Jurnal Pedagogia, Vol. 8 (1), 19-34.

Sopandi, W. (2017). The quality improvement of learning processes and achievements through the read-answer-discuss-explain-and create learning model implementation. Proceeding 8th Pedagogy International Seminar 2017: Enhancement of Pedagogy in Cultural Diversity Toward Excellence in Education, 8(229), 132–139.

Sudjana. (1983). Teknik analisis regresi dan korelasi bagi para peneliti. Tarsito, Bandung.

Vygotsky, L.S. (1962). Thought and Language: Kap. 6 The Development of Scientific Concepts in Childhood, Übersetzt von Eugenia Hanfmann und Gertrude Vakar, New York and London: MIT Press - John Wiley & Sons, Inc, S.

Zandvakili, E., Washington, E., Gordon, E., & Wells, C. (2018). Mastery Learning in the Classroom : Concept Maps, Critical Thinking, Collaborative Assessment (M3CA) Using Multiple Choice Items (MCIs), 7(6), 45–56. https://doi.org/10.5539/jel.v7n6p45

Downloads

Published

2019-09-13