DAMPAK PERLAKUAN MODEL PEMBELAJARAN RADEC BAGI CALON GURU TERHADAP KEMAMPUAN MERENCANAKAN PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR

  • Hany Handayani STKIP Purwakarta
  • Wahyu Sopandi Universitas Pendidikan Indonesia
  • Ernawulan Syaodih Universitas Pendidikan Indonesia
  • Dadan Setiawan Universitas Pendidikan Indonesia
  • Indra Suhendra Universitas Pendidikan Indonesia

Abstract

Mengembangkan keterampilan calon guru dalam merencanakan pembelajaran adalah salah satu tujuan utama dalam pendidikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dampak penerapan model pembelajaran RADEC (Read, Answer, Disscuss, Explain, and Create) terhadap kemampuan calon guru dalam merencanakan pembelajaran di sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuasi eksperimen dengan desain one shot case study. Populasi dalam penelitian berjumlah 40. Adapun jumlah sampel penelitian ini berjumlah 9 orang calon guru. Data diperoleh melalui observasi, dan studi dokumentasi hasil rencana pelaksanaan pembelajaran yang telah dibuat oleh calon guru. Hasil tersebut dianalisis dan dinilai berdasarkan instrument penilaian kemampuan merencanakan pembelajaran yang sudah dikembangkan. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh hasil bahwa skor rata-rata kemampuan calon guru dalam merencanakan pembelajaran sebesar 95,39. Hal tersebut menunjukkan bahwa model pembelajaran RADEC memiliki dampak yang baik terhadap kemampuan calon guru dalam merencanakan pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Sep 13, 2019
How to Cite
HANDAYANI, Hany et al. DAMPAK PERLAKUAN MODEL PEMBELAJARAN RADEC BAGI CALON GURU TERHADAP KEMAMPUAN MERENCANAKAN PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 79 - 93, sep. 2019. ISSN 2548-6950. Available at: <http://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/view/1857>. Date accessed: 14 aug. 2020. doi: http://dx.doi.org/10.23969/jp.v4i1.1857.