PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATERI BANGUN RUANG

Authors

  • Atep Lesmana Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Sekolah Tinggi Keguruan Ilmu Pendidikan Purwakarta
  • Mubarok Somantri Universitas Pendidikan Indonesia
  • Hany Handayani STKIP Purwakarta
  • Yeni Novianti STKIP Purwakarta

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v7i2.4746

Keywords:

Model Problem Based Learning, Hasil Belajar, Bangun ruang

Abstract

The purpose of this study is to know the influence of Problem Based Learning (PBL) towards students learning result of grade on geometry materials. This study uses quantitative approach with quasi exsperiment research and Nonequivalent Control Group design. The population in this study were all of the student in the  grade of SDN 2 Nagritengah. The taking sample in this study uses Non Probability Sampling with Saturation Sampling Technique. The collecting data on this study uses observation and test in the form of essay questions. The hipotesis exsperiment uses formulation t-test that starts with analysys test are normality test and homogenety test. The result of the study has shown there is an influence use Problem Based Learning (PBL) towards students learning result of grade on geometry materials. It’s based on hipotesis calculation. The result from t-test  has gotten P-Value (Sig. 2 tailed) 0,000 < 0,05. The average result score on posttest in experiment group got 65,20 it’s better then the average posttest score in control group got 50,53.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alfianiawati, T. (2019). “Pengaruh Penggunaan Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IIPS Di Kelas V SD”. E-Jurnal Inovasi Pembelajaran di Sd. Volume 7 No 3. Hal 1-10.

Apriani, N. (2018). “Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa SD”. Skripsi.Purwakarta: STKIP Purwakarta.

Burhaein, E. (2017). “Aktivitas Fisik Olahraga untuk Pertumbuhan dan Perkembangan Siswa SD”. Indonesian Journal of Primary Education. Volume 1 No 1. Hal 51-58.

Djonomiardjo, T. (2019). “Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar”. Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal.Volume 5 No 1. Hal 39-46.

Hardiyanto (2015). “Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Dan Ekspositori Dengan Keterampilan Proses Sains Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas VIII Mtsn 1 Mataram Tahun Ajaran 2014/2015”. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi. Volume 1 No 4. Hal 249-256.

Hasbiyallah, A. S. (2017). “Pengaruh Model Pembelajaran Ekspositori Berbantuan Scaffolding Dan Advance Organizer Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas X”. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi. Volume 3 No.2. Hal 177-180.

Hondro, B. (2020). “Pengaruh Strategi Pembelajaran Discovery Dengan Ekspositori Dan Gaya Berpikir Terhadap Hasil Belajar Matematika”. Jurnal Teknologi Pendidikan, Vol. 13 No 1. Hal 36-47.

Isnawan, M. G. (2020). Kuasi Eksperimen. Nusa Tenggara Barat : Nashir Al-Kutub Indonesia.

Juliandri, dkk. (2020). “Meta Analisis Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sd”. E-journal. Vol. 07 No. 02. Hal 21-27.

Khoirunnisa, S. (2020). “Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Luas Permukaan Dan Volume Bangun Ruang Sisi Datar”. Jurnal Pendidikan dan Riset Matematika. Volume 2 No 2. Hal 21-32.

Kistian, A. (2019). “Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Iv Sd Negeri Ujong Tanjong Kabupaten Aceh Barat”. Jurnal Genta Mulia. Volume X No. 1. Hal 92-104.

Meilasari, S. (2020). “Kajian Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Dalam Pembelajaran Di Sekolah”. Jurnal Pendidikan Biologi dan Sains. Volume 3 No 2. Hal 195-207.

Ndiung, S. (2020). “Pengembangan Instrumen Tes Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Sekolah Dasar Berorientasi Pada Berpikir Tingkat Tinggi”. Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran. Vol 10 No 1. Hal 94-111.

Nurita, T. (2018). “Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa”. Misykat. Volume 3 No 1. 171-187.

Nuryadi, dkk.(2017). Dasar-dasar Statistik Penelitian. Yogyakarta: Sibuku Media

Permasetya, F. W. (2015). “Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Kelas V”. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Untan Pontianak. Hal 1-10.

Ricardo, & Meilani, R.I. (2017). “Impak Minat Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa”. Jurnal Manajemen Perkantoran (JP Manper). Vol. 2. No. 2. Hal 188-201.

Rusmono, (2017). Strategi Pembelajaran Dengan Problem Based Learning Itu Perlu Untuk Meningkatkan Profesionalisme Guru. Bogor: Ghalia Indonesia.

Saputra, T. A., dkk. (2020). “Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV Sdn 1 Kawo Tahun Ajaran 2019/2020”. Program Studi PGSD FKIP – Universitas Mataram. Volume 1 No 1. Hal 7-13.

Sinambela, (2017). “Kurikulum 2013 dan Implementasinya dalam Pembelajaran”. Jurnal Unimed. Vol6 No 2. Hal 17-29.

Sugiyono, (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sumantri, M. S. (2015). Strategi Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Tomas, & Prasetyo, T. (2020). “Pengaruh Penggunaan Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Motivasi Belajar Matematika Pada Siswa Kelas 4 Sd”. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar (JPPGuseda). Volume 3 No 1. Hal 13-18.

Downloads

Published

2023-01-28