PEMBELAJARAN MENULIS PUISI BERORIENTASI PADA GAYA BAHASA PERSONIFIKASI DENGAN MENGGUNAKAN METODE SUGESTI-IMAJINASI PADA PESERTA DIDIK KELAS X

Authors

  • Mursal Azis -

DOI:

https://doi.org/10.23969/wistara.v5i1.5265

Keywords:

menulis puisi, metode sugesti-imajinasi, berpikir kreatif.

Abstract

Menulis puisi merupakan salah satu materi yang wajib dikuasai oleh peserta didik kelas X. Untuk mencapai indikator pembelajaran menulis puisi diperlukan metode pembelajaran yang tepat agar dapat mencapai tujuan tersebut. Namun, pada kenyataan di lapangan tidak semua peserta didik mampu menulis puisi dengan baik. Selain itu, metode yang diterapkan dalam pembelajaran menulis puisi pun belum maksimal. Oleh karena itu, dalam penelitian ini penulis memiliki tujuan untuk mendeskripsikan metode sugesti-imajinasi sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan menulis dan kemampuan berpikir kreatif peserta didik dalam menulis puisi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah mixed method dengan tipe embedded design. Kemudian teknik pengambilan datanya meliputi tes, observasi, dan dokumentasi. Adapun hasil penelitian ini antara lain; (1) kemampuan menulis puisi berorientasi pada gaya bahasa personifikasi dengan menggunakan metode sugesti-imajinasi lebih baik dibandingkan dengan menggunakan metode konvensional dengan nilai rata-rata 79,80 lebih besar dibandingkan kelas yang menggunakan metode konvensional, yaitu 72,25; (2) kemampuan peserta didik dalam menulis puisi berorientasi pada gaya bahasa personifikasi dengan menggunakan metode sugesti-imajinasi memiliki perbedaan yang signifikan dibandingkan dengan metode konvensional dengan hasil sig. (2-tailed) sebesar 0,047 < ɑ (0,050); dan (3) penggunaan metode sugesti-imajinasi dalam pembelajaran menulis puisi berorientasi pada gaya bahasa personifikasi berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik dengan nilai signifikansi sebesar 0,001 < 0,05. Selanjutnya besarnya nilai korelasi (R) yaitu sebesar 0,270. Dari output tersebut diperoleh determinasi (R square) sebesar 0,073 yang artinya bahwa pengaruh penggunaan metode sugesti-imajinasi dalam pembelajaran menulis puisi berorientasi pada gaya bahasa personifikasi terhadap kemampuan berpikir kreatif adalah sebesar 7,3 %.     Kata kunci: menulis puisi, metode sugesti-imajinasi, berpikir kreatif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aisah, Siti. (2013). Pengaruh Media Blog (Jurnal Online) Terhadap Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas X SMA. Medan: Universitas Negeri Medan.

Alwanny, Herza. (2014). “Pengaruh Metode Sugesti-Imajinasi Terhadap Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Tanjung Morawa Tahun Pembelajaran 2013/2014”, Volume. 3, Nomer. 2. Halaman. 2-5.

Alwasilah dan Senny. (2007). Pokoknya Menulis. Bandung: PT. Kiblat Buku Utama.

Creswell, John. W. (2012). Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuanttaif, dan Mixed Method. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Depatemen Pendidikan Nasional. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Empat. Jakarta: Gramedia.

Kemendikbud. (2013). Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik. Jakarta: Tim Kemendikbud.

Majid, Abdul. (2014). Perencanaan Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Munandar, U. (2012). Pengembangan Kreativitas Anak Bebakat. Jakarta: Rineka Cipta.

Mursini. 2011. Apresiasi dan Pembelajaran Sastra Anak-Anak. Bandung: Cipta Pustaka Media Perintis.

Siswanto, Wahyudi. (2008). Pengantar Teori Sastra. Jakarta: Grasindo.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Cara Mudah Menyusun Skripsi, Tesis, dan Disertasi. Bandung: Alfabeta.

Tarigan, H.G. (2008). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Tarigan, H.G. (2013). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Tarigan, H.G. (2013). Pengajaran Gaya Bahasa. Bandung: Angkasa.

Tim Kemendikbud (2017). Bahasa Indonesia SMA Kelas X. Jakarta: Puslitbang Kemendikbud.

Tim Penyusun FKIP Unpas. (2017). Panduan Penulisan Karya Tulis Ilmiah. Bandung: Universitas Pasundan.

Toyidin. (2013). Sastra Indonesia Puisi Prosa Drama. Subang: CV. Pustaka Bintang.

Triansyah, Fanji. (2013). “Pembelajaran Menulis Puisi Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 4 Bandung Dengan Menggunakan Metode Experiential Learning”, volume 3. Nomer 2. Halaman 1-5.

Downloads

Published

2022-03-30