PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL STUDENT TEAMS ACHIEVEMTN DIVISION UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DALAM MERINGKAS TEKS EKSPLANASI SISWA SMP

Authors

  • Yanti Sri Rahayu pns guru

DOI:

https://doi.org/10.23969/wistara.v5i1.5245

Keywords:

Meringkas, Teks Eksplanasi, dan Pembelajaran Kooperatif, Student Teams

Abstract

Penerapan Pembelajaran Koorperatif Model Student Teams Achievment Division Untuk meningkatkan kemampuan berpikir Kritis Dalam MeringkasTeks Eksplanasi Siswa SMP. Tujuan dari penelitian ini untuk meningkatkan keterampilan menulis ringkasan teks eksplanasi melalui pembelajaran kooperatif model student teams achievement division. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII B SMP Negeri 1 Lembang tahun ajaran 2019/2020. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket, wawancara,  pemberian tugas proyek kepada siswa dan dokumentasi foto. Instrumen penelitian yang digunakan meliputi lembar observasi, lembar soal, lembar penilaian meringkas teks eksplanasi, lembar angket, pedoman wawancara dan catatan lapangan. Kriteria atau indikator keberhasilan penelitian adalah apabila hasil belajar siswa yang memperoleh KKM 75 mencapai 85% dari jumlah siswa aktif telah mencapai KKM yang telah ditentukan sekolah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif model student teams achievement division dapat meningkatkan keterampilan meringkas teks eksplanasi siswa kelas VIII B SMP Negeri 1 Lembang. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan rata-rata nilai siswa. Pada siklus ke I nilai rata-rata siswa adalah 74,88. Nilai rata-rata kelas ini belum mencapai KKM namun  ada sekitar 41,18% siswa yang sudah mampu mencapai KKM. Pada siklus ke II nilai rata-rata siswa meningkat yaitu sebesar 85,97 dengan siswa yang berhasil mencapai KKM sebanyak 100%.  Ini menunjukkan bahwa   siswa sudah mampu meringkas teks eksplanasi dengan baik. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif model student teams achievemen division merupakan salah satu model pembelajaran yang mampu meningkatkan keterampilan meringkas teks eksplanasi siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Departemen Pendidikan Nasional. (2001). Kamus Besar Bahasa Indonesia, Edisi ketiga. Jakarta : Balai Pustaka

Djuharni. 2009. [Online] Tersedia : http://id.shvoong.com/social-sciences/education/2118018-tujuan-danfungsi-cooperative-script/ di akses tanggal, 17 Maret 2014

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2018). Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas VIII. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Keraf, Gorys. (1982). Eksplanasi dan deskripsi. Ende: Nusa Indah.

Keraf, Gorys. (1982). Tata Bahasa Indonesia. Ende: Nusa Indah. Madya, Suwarsih. (2006). Teori dan Praktik Penelitian Tindakan (Action Reserch). Bandung: Alfabeta.

Olivia, Femi. (2009). Teknik Meringkas. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Rusman. (2012). Model-model Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Tarigan, Henry Guntur. (1987). Pengajaran Wacana. Bandung: Angkasa.

Tarigan, Henry Guntur. (1994). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa

Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progesif. Jakarta: Kencana Media Group

Downloads

Published

2022-03-30