Analisis Alur Kumpulan Cerpen “Perempuan” Karya M. Lubis Sebagai Bahan Ajar Kelas XI

Authors

  • Arbian Dwi Mahendra Universitas Pasundan Bandung
  • Titin Nurhayatin Universitas Pasundan

DOI:

https://doi.org/10.23969/wistara.v5i1.5243

Keywords:

analisis, alur, cerita pendek, dan bahan ajar

Abstract

Penelitian  ini membahas unsur alur pada kumpulan cerpen “Perempuan” karya M. Lubis dan mengimplementasikan pembelajaran unsur alur sebagai unsur pembangun cerpen pada mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas XI SMA. Tujuan penelitian ini adalah membuat bahan ajar yang mampu mempermudah peserta didik dalam pembelajaran cerpen, berdasarkan tuntutan Kurikulum 2013. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif karena menjelaskan tentang alur pada kumpulan cerpen “Perempuan” karya M. Lubis. Data dalam kajian ini diperoleh melalui telaah pustaka, dokumentasi dan analisis. Temuan penelitian ini menunjukkan 1) Terdapat 18 cerpen yang memiliki unsur alur yang lengkap dan 1  cerpen yang tidak memiliki unsur alur yang lengkap, dengan rincian unsur orientasi dengan persentase 100%, unsur komplikasi dengan persentase 100%, dan unsur resolusi dengan persentase 67%. 2) Hasil analisis alur pada kumpulan cerpen “Perempuan” karya M. Lubis telah memenuhi bahan ajar di kelas XI SMA dan tuntutan Kurikulum 2013 karena sesuai dengan KD 3.9 yaitu: “Menganalisis unsur-unsur pembangun cerita pendek dalam buku kumpulan cerita pendek”, sesuai dengan aspek materi, aspek bahasa, dan aspek perkembangan psikologi peserta didik. 3) Bahan ajar berupa modul yang berjudul “Alur sebagai Unsur Pembangun Cerita Pendek” telah divalidasi oleh dosen meliputi aspek isi bernilai rata-rata nilai 92, aspek kebahasaan rata-rata nilai 93, aspek penyajian rata-rata nilai 100, dan aspek kegrafika rata-rata nilai 97. Validasi guru Bahasa Indonesia meliputi aspek isi rata-rata nilai 95, aspek kebahasaan rata-rata nilai 93, aspek penyajian rata-rata nilai 95, dan aspek kegrafika rata-rata nilai 88. Hasil validasi dari validator menunjukkan nilai rata-rata nilai 94 sehingga termasuk ke dalam kriteria baik dan dinyatakan memenuhi syarat sebagai bahan ajar cerita pendek di kelas XI SMA.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Haidir. (2019). Penelitian Pendidikan: Metode, Pendekatan, dan Jenis. Jakarta: Kencana.

Heri, E. (2019). Menggagas Sebuah Cerpen. Semarang: ALPRIN.

Hidayati, P. P. (2018). Pembelajaran Menulis Esai Berorientasi Peta Berpikir Kritis. Bandung: Pelangi Press Bandung.

Kamaruddin. (1999). Pertimbangan dan Penilaian Bahan Ajar Bahasa dan Sastra Indonesia. Makasar: IKIP Gunung Sari.

Keraf, G. (2010). Argumentasi dan Narasi. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Kosasih, & Kurniawan. (2019). 22 Jenis Teks. Bandung: Yrama Widya.

Majid, A. (2014). Penilaian Autentik Proses Dan Hasil Belajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Muzaqi, F. N. (2014). Analisis Alur Novel ORB Karya Galang Lutfiyanto Suatu Tinjauan Semiotik Implikasi Terhadap Pembalajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Nurfauziah, W. (2018) Pembelajaran Mengindentifikan Alur Cerita dan Fungsi Konflik dalam Drama Menggunakan Metode Coorperative Intergrated Reading and Compostion pada Peserta Didik Kelas XI SMKN 11 Bandung Tahun Pelajaran 2017/2018. Bandung: Universitas Pasundan.

Nurgiyantoro, B. (2010). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Prastowo. (2011). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Priyatni, E. T. (2014). Desain Pembelajaran Bahasa Indonesia Dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.

Rahmanto. (2005). Metode Pengajaran Sastra. Yogyakarta: Anggota IKAPI.

Ramadhanti, D. (2018). Buku Ajar Apresiasi Bahan Ajar. Yogyakarta: Deepublish.

Sayuti, S. A., Anwar, C., Jabrohim. (2009). Cara Menulis Kreatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Shofiyyah, N. A., Muharam, A., Susanti, I., & Nurdiana, A. (2024). Exploring the Power of Storytelling: Enhancing Engagement and Learning Outcomes Among Adolescents. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 5(1), 990-1006.

Strauss dan Corbin. (2017). Dasar-Dasar Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D, dan Penelitian Pendidikan). Bandung: Alfabeta.

Suharsimi. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Turistiani. (2017). Struktur Alur dan Bentuk Konflik yang Membangun Novel Saman Karya Ayu Utami. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya

Wijaya. (2020). Analisis Data Kualitatif. Jakarta: Budi Utama.

Winarni. (2018). Teori dan Praktik Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Tindakan Kelas (PTK), Research and Development (R&D). Jakarta: Bumi Aksara.

Yaumi, M. (2016). Prinsip-Prinsip Desain Pembelajaran Disesuaikan dengan Kurikulum 2013. Jakarta: Kencana.

Yunus, H., & Alam, H. V. (2013). Perencanaan Pembelajaran Berbasis Kurikulum. Yogyakarta: Deepublis.

Downloads

Published

2024-05-18