ANALISIS WUJUD ALIH KODE DAN CAMPUR KODE DALAM INTERAKSI PEMBELAJARAN SMP MUHAMMADIYAH 2 KADUNGORA GARUT

  • Novi Sulastri Pasundan University
  • R. Panca Pertiwi Hidayati
  • Desti Fatin Fauziyyah

Abstract

Penelitian ini mengkaji ihwal wujud alih kode dan campur kode intern dari bahasa Indonesia ke bahasa Sunda dalam interaksi pembelajaran bahasa Indonesia di SMP Muhammadiyah 2 Kadungora Garut. Penelitian ini menarik untuk dikaji sebagai bahan evaluasi dan referensi pengajaran bahasa Indonesia yang lebih baik terhadap peserta didik yang masih kental penggunaan bahasa daerah dalam interaksinya. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan wujud alih kode dan campur kode dalam interaksi pembelajaran bahasa Indonesia di SMP Muhammadiyah 2 Kadungora. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan metode simak dengan teknik rekam dan catat. Berdasarkan hasil analisis penulis memperoleh data alih kode dan campur kode intern dengan jumlah total 60 data. Penulis menemukan 35 data (58%) alih kode dengan wujud 27 kalimat dan 8 klausa. Lalu penulis juga menemukan 25 (41,2%) data campur kode dengan wujud 20 kata dan 5 frasa.
Kata Kunci: Alih Kode; Bahasa; Bentuk, Campur Kode

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Mar 30, 2022
How to Cite
SULASTRI, Novi; HIDAYATI, R. Panca Pertiwi; FAUZIYYAH, Desti Fatin. ANALISIS WUJUD ALIH KODE DAN CAMPUR KODE DALAM INTERAKSI PEMBELAJARAN SMP MUHAMMADIYAH 2 KADUNGORA GARUT. Wistara: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, [S.l.], v. 5, n. 1, p. 8-17, mar. 2022. ISSN 2615-7810. Available at: <https://journal.unpas.ac.id/index.php/wistara/article/view/5240>. Date accessed: 17 may 2022. doi: http://dx.doi.org/10.23969/wistara.v5i1.5240.