PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X DALAM PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ARIAS (ASSURANCE, RELEVANCE, INTEREST, ASSESSMENT, AND SATISFACTION)

Penulis

  • Kiki Nia Sania Effendi pendidikan matematika UNSIKA

DOI:

https://doi.org/10.23969/symmetry.v3i1.886

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa dalam penerapan model pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assessment, dan  Satisfaction). Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X SMK Negeri 1 Karawang dengan sampel sebanyak satu kelas. Instrumen penelitian terdiri dari tes, dan angket. Tes yang digunakan adalah tes tipe pilihan ganda beralasan dan uraian. Angket berupa skala motivasi menggunakan Skala Likert. Temuan penelitian ini menunjukkan: terdapat pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa dalam penerapan model pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assessment, dan  Satisfaction).   Kata Kunci: model pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assessment, dan  Satisfaction), motivasi belajar, hasil belajar.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2018-07-29