Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa dalam Penerapan Model Problem-Based Learning

Authors

  • Vici Suciawati Universitas Majalengka
  • Agus Dede Anggiana Universitas Pasundan
  • Vevi Hermawan Universitas Pasundan

DOI:

https://doi.org/10.23969/symmetry.v8i1.9449

Keywords:

Kemampuan Literasi Matematis, Problem-based Learning

Abstract

Mata pelajaran yang diajarkan di berbagai jenjang pendidikan adalah matematika, karena matematika berperan disegala aspek kehidupan. Salah satu kemampuan kognitif siswa yang harus ditingkatkan adalah kemampuan literasi matematis. Hasil tes PISA menunjukkan bahwa siswa Indonesia memiliki kemampuan literasi matematis yang rendah. Indonesia menduduki ranking 10 terbawah dari 79 negara yang terlibat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh model discovery learning terhadap kemampuan literasi matematis siswa sekolah menengah. Metode penelitian yang digunakan adalah SLR (Systematic Literature Review). Hasil penelitian dari beberapa artikel yang telah di-review dapat disimpulkan bahwa model problem-based learning dapat meningkatkan kemampuan literasi matematis siswa ditinjau pada jenjang SMP maupun SMA.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Astuti, A. D. K. P. (2018). Pengaruh Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Literasi Matematis Siswa Kelas VII Di SMP Negeri 1 Bobotsari. AlphaMath Journal of Mathematics Education, 4(2), 37.

Conie Fatwa, V., Septian, A., Sarah inayah, dan, Studi Pendidikan matematika, P., Suryakancana Jalan Muwardi Komplek Pasir Gede Raya, U., & Barat, J. (2019). Kemampuan Literasi Matematis Siswa melalui Model Pembelajaran Problem Based Instruction. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika , 8(3). http://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa

Fadhila, D. H. (2017). Peningkatan Kemampuan Literasi Matematis Siswa SMP Menggunakan Model Model Discovery Learning. In Skripsi Universitas Pendidikan Indonesia.

Hidayat, R., Rahmatudin, J., & Sriwahyuni, A. (2019). KONTRIBUSI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN

LITERASI MATEMATIS SISWA SMP. Jurnal Didactical Mathematics, 1(2), 32. http://jurnal.unma.ac.id/index.php/dm

Hidayat, R., Roza, Y., & Murni, A. (2018). Peran Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Literasi Matematis dan Kemandirian Belajar. Juring (Journal for Research in Mathematics Learning) , 1(3), 213–218.

Kemendikbud. (2018). Meningkatkan Kemampuan Literasi Dasar Siswa Indonesia Berdasarkan Analisis Data PISA 2018. http://jurnalpuslitjakdikbud.kemdikbud.go.id

Muharomah, N. N., & Setiawan, E. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematis Siswa SMP. UNION: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3).

Pamungkas, M. D., & Franita, Y. (2019a). Keefektifan problem based learning untuk meningkatkan kemampuan literasi matematis siswa. JPBM: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika, 5(2), 75–80.

Pamungkas, M. D., & Franita, Y. (2019b). Keefektifan Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematis Siswa. JPBM (Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika, 5(2), 75–80.

Sentosa, A. W. (2021). ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS DAN SELF- EFFICACY.

Tabun, H. M., Taneo, P. N. L., & Daniel, F. (2020). Kemampuan Literasi Matematis Siswa pada Pembelajaran Model Problem Based Learning (PBL). Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 1–8.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun2003. (n.d.).

Downloads

Published

2023-07-24