Peningkatan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa SMA Melalui Model Problem-Based Learning berbantuan Canva

Authors

  • Ditya Mi’rojunisa Azzahra Universitas Pasundan
  • Beni Yusepa Ginanjar Putra FKIP Universitas Pasundan
  • Taufik Rahman Universitas Pasundan

Keywords:

Problem-Based Learning, Pemahaman Matematis, Canva

Abstract

Matematika merupakan bagian penting dalam pendidikan. Diperlukan kemampuan untuk memahami ide ide sederhana agar siswa tidak salah mengartikan berbagai konsep, kemampuan tersebut yaitu kemampuan pemahaman matematis. Namun kenyataannya kemampuan pemahaman matematis siswa masih tergolong rendah. Salah satu model pembelajaran yang dapat di terapkan dalam meningkatkan kemampuan pemahaman matematis adalah model problem based learning berbantuan canva. Penelitian ini   menggunakan metode eksperimen semu (quasi eksperiment) dengan desain penelitian non equivalent control grup design. Peserta didik kelas XI di SMAN 1 Cililin ditetapkan sebagai populasi. Untuk sampel penelitinnya terdiri dari dua kelas. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa soal uraian tes kemampuan pemahaman matematis. Analisis data menggunakan analisis uji t yang diolah menggunakan software SPSS 23 for windows. Simpulan penelitian ini adalah: Peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa yang memperoleh model problem-based learning berbantuan canva lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aulya, R.N. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe CRH Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis dan Kecemasan Matematika Siswa SMP. Tesis PPs UPI. Bandung.

Cheung, K. C. 2012. Conceptualization of The PISA Mathematical Literacy Proficiency Scale: A Validation of Its Cognitive Components. Disajikan pada The East Asia Forum on Mathematics Competence and Their Assessment, 10-11 Mei 2012, East China Normal University, Shanghai.

Dalyono, M. (2015). Pengertian dan Ruang Lingkup Ilmu Jiwa Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Darta, Saputra, J., Eliyarti, W., Putra, B.Y.G., & Kandaga, T. (2021). Improvement of the Ability of Representation, Reasoning, and Self-Efficacy of Prospective Mathematics Teacher Students by Using Learning with A Scientific Approach. Journal of Physics. Conf.Ser. 1776 012002.

Ernawati. (2017). Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 2 (4), 110-120.

Fawns, T. (2019). Postdigital education in design and practice.Postdigital Science and Education, 1(1), 132-145.

Firmadani, F. (2020). Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Sebagai Inovasi Pembelajaran Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Konferensi Pendidikan Nasional, Vol. 2 No. 1, 5.

Haety, N. I., & Putra, B. Y. G. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis pada Materi Statistika: Implementasi Model Problem-Based Learning. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathemetics Learning and Education. 7(2), hlm. 97-116.

Hiebert, J. & Carpenter, T.. 1992. Learning and Teaching with Understanding. Dalam D Groues (ed). Handbook of Research on Mathematics Teaching and Learning. New York: Macmillan Publishing Companya.

Limbangan, N.A.P., Putra, B.Y.G., Kandaga, T. (2022). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Menengah dalam Implementasi Model Discovery Learning. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathemetics Learning and Education. 7(1), hlm. 71-79.

Purwasi, L. A., & Fitriyana, N. (2020). Pengembangan lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Higher Order Thingking Skill (HOTS) Pendidikan Matematika STKIP PGRI Lubuklinggau , Indonesia. 9(4), 894–908. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i4.3172.

Putra, B.Y.G., Rosita, N.T., Hidayat, W. (2020). Profile of mathematical representation ability of junior high school students in Indonesia. Journal of Physics. Conf.Ser. 1657 012003.

Rahman, T. (2020). Kajian Teori Pengaruh Model Pembelajaran Knisley Terhadap Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathemetics Learning and Education, Vol. 5 No.2

Ruseffendi. (2010). Dasar-dasar penelitian pendidikan di bidang non eksakta lainnya.

Syahputra, E. (2018). Pembelajaran abad 21 dan penerapannya di Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Sains Teknologi Humaniora Dan Pendidikan (QSinastekmapan), 1.

Tan, Oon-Seng. -. Problem Based Learning and Creativity. Singapore: Cengage Learning.

Yudiawati, N., & G. P, B. Y. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Scriptuntuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Sekolah Menengah Pertama (SMP). TEOREMA: Teori dan Riset Matematika, 2(1), 63-72

Yusepa, B.G.P., Kusumah, Y.S., & Kartasasmita, B.G. (2018). Promoting middle school students’ abstract thinking ability through cognitive apprenticeship instruction in mathematics learning. Journal of Physics. Conf. Ser. 948 012051.

Yusepa, B.G.P., Kusumah, Y.S., & Kartasasmita, B.G. (2018). The enhancement of students’ mathematical representation in junior high school using cognitive apprenticeship instruction (CAI). Journal of Physics: Conf. Ser. 983 012100.

Downloads

Published

2023-07-03