Sikap Siswa dalam Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Quantum Teaching dan Group Investigation
DOI:
https://doi.org/10.23969/symmetry.v8i1.7473Keywords:
Quantum Teaching, Group Investigation, Student AttitudeAbstract
Peneliti ini bertujuan untuk mengetahui seberapa baik sikap siswa terhadap belajar matematika dengan metode pembelajaran Quantum Teaching dan Group Investigation. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Instrumen dalam penelitian ini berupa angket yang terdiri dari 18 pernyataan model pebelajaran Group Investigation.dan 12 pernyataan model pembelajaran Quantum Teaching. Populasi yang diambil di SMA negeri 1 Jalan Cagak sedangkan sampel yang digunakan siswa kelas IX IPA. Angket disusun dengan menggunakan Skala Likert dengan tujuan untuk mengetahui setiap indikator baik model pembelajaran Quantum Teaching dan Group Investigation. Berdasarkan hasil perhitungan skala likert tiap indikator maka indikator pernyataan model pembelajaran Group Investigation menyatakan bahwa sikap siswa terhadap minat dalam pembelajaran Group Investigation memiliki skor rata-rata 3,5. Sikap siswa yang menunjukan pendapat terhadap pembelajaran Group Investigation memiliki rata-rata 3,1. Sedangkan sikap siswa terhadap manfaat pembelajaran Group Investigation memiliki skor rata-rata 3,5. Secara keseluruhan skor rata rata indikator Pembelajaran Group Investigation lebih besar batas minimal 3,00 hal ini memunjukan sikap positif . Sedangkan dilihat dari hasil skala liker indikator pembelajaran Quantum Teaching menyatakan bahwa sikap siswa terhadap minat pembelajaran Quantum Teaching memiliki skor rata rata 2,6 sedangkan sikap siswa terhadap manfaat pembelajaran Quantum Teaching memiliki skor rata rata 2,8. Secara keseluruhan skor rata rata kurang dari 3,00 hal ini menunjukan sikap negatif. Sehingga dapat disimpulkan ternyata model pembelajaran Group Investigation dilihat hasil skor rata rata lebih baik bila dibandingkan dengan hasil skor rata rata Quantum Teaching.Downloads
References
Agusty, F. F. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Teaching Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Pondok Pesantren Modern Al-Anwar Pacitan. Electronic Theses, 1–101.
Azwar, S. (2013). Sikap Manusia : Teori dan penerapannya. Pustaka Belajar.
Istarani. (2011). 58 Model Pembelajaran Inovatif Dan Referensi Guru Dalam Menentukan Model Pembelajaran. Medan: CV Iscom Medan
Lewier, F., Tutuhatunewa, E., & Mataheru, W. (2018). Profil Hasil Belajar Siswa Pada Materi Perbandingan Melalui Penggunaan Model Quantum Teaching Di Kelas Vii Smp Negeri 6 Ambon. JUPITEK: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 32–40. https://doi.org/10.30598/jupitekvol1iss1pp32-40
Murnawan, I. K. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Quantum teaching untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. 5(2), 254–262.
Purnomo, Y. (2016). Pengaruh Sikap Siswa Pada Pelajaran Matematika Prestasi Belajar Matematika. JKMP, 02(01), 93–105.
Putri, C. B., Rahmawati, I., & Muhajir. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran Quantum Teaching terhadap Hasil Belajar Matematika. International Journal of Elementary Education, 3(2), 159–168. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IJEE
Ramadhani,. dkk. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains 3(2), 074-083
Shoimin, Aris. (2017). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
Trianto, M. D. (2019). Mendesain model pembelajaran inovatif-progresif. Jakarta: Kencana
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Hak Cipta sepenuhnya ditangan jurnal.