Analisis Kemampuan Literasi Matematis Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Siswa Sekolah Menengah
DOI:
https://doi.org/10.23969/symmetry.v7i2.7047Keywords:
Mathematical Literacy, Problem Based Learning, Sekolah MenengahAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan literasi matematis siswa. Salah satu model pembelajaran yang dapat mengembangkan dan memfasilitasi untuk meningkatkan kemampuan literasi matematis siswa adalah model pembelajaran berbasis masalah (problem based learning), karena dengan model pembelajaran berbasis masalah siswa berorientasi terhadap masalah nyata (a real world problems) dan dalam tahapan pembelajaran siswa melaporkan hasil kerjanya yang dikerjakan secara berkelompok. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: menganalisis implementasi model pembelajaran berbasis masalah untuk kemampuan literasi matematis. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kepustakaan (library research) dengan metode dokumentasi. Pengumpulan data dilakukan dengan cara menghimpun literatur yang berkaitan dengan variabel penelitian kemudian diklasifikasikan dan dianalisis. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa Implementasi model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan dan memiliki dampak positif terhadap perkembang kemampuan literasi matematis siswa sekolah menengah.Downloads
References
Anggiana, A. (2020). Implementasi Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Symmetry: Pasundan Journal Of Research In Mathematics Learning And Education, 4(2), 56-69. doi:10.23969/symmetry.v4i2.2061
Conie, V. F., Septian A., & Inayah, S. (2019). Kemampuan Literasi Matematis Siswa melalui Model Pembelajaran Problem Based Instruction. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika. 8(3): halaman 389-398. Diakses dari https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa/article/download/mv8n3_4/499
Fajaruddin, M. A., Yuliana, R. G., & Ledua, M. N. (2018). Pengaruh Pendekatan Problem Solving Terhadap Kemampuan Representasi dan Literasi Matematis Siswa. Jurnal Riset Pendidikan Matematika. 5(2): halaman 135-146. Diakses dari https://journal.uny.ac.id/index.php/jrpm/article/download/20120/11692
Fathurrohman. (2006). Model-Model Pembelajaran. Disampaikan dalam Acara Pelatihan Guru Post Traumatik. 21 Agustus 2006.
Hera, R. N.S. (2015). Literasi Matematis: Apa, Mengapa dan Bagaimana?. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika UNY.
Mendikbud. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 58 Tahun 2014. Jakarta: Mendikbud.
Novianti, A.S. (2016). Kajian Teori Model Problem Based Learning. Diakses dari http://repository.unpas.ac.id/12678/5/16.%20BAB%20II.pdf
PISA. (2012). PISA 2012 Assessment and Analytical Framework Mathematics, Reading, Science, Problem Solving and Financial Literacy. OECD.
PISA. (2018). Programme for International Student Assessment (PISA) Result from PISA 2018. OECD.
Rahman, T. (2019). Peningkatan Kemampuan Berfikir Kritis Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah. Symmetry Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education. 4(2): halaman 70-78. Diakses dari https://journal.unpas.ac.id/index.php/symmetry/article/view/2085/991
Sriwahyuni, A., Rahmatudin, J., & Hidayat R. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematis Siswa SMP. Jurnal Didactical Mathematics. 1(2): halaman 25-31.
Yaniawati, P. R. (2020). Penelitian Studi Kepustakaan (Library Research). disajikan pada acara “Penyamaan Persepsi Penelitian Studi Kepustakaan” di Lingkungan Dosen FKIP Unpas. 14 April 2020.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Hak Cipta sepenuhnya ditangan jurnal.