Analisis Kemampuan Literasi Matematis Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Siswa Sekolah Menengah

Authors

  • Subaryo Subaryo Universitas Pasundan

DOI:

https://doi.org/10.23969/symmetry.v7i2.7047

Keywords:

Mathematical Literacy, Problem Based Learning, Sekolah Menengah

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan literasi matematis siswa. Salah satu model pembelajaran yang dapat mengembangkan dan memfasilitasi untuk meningkatkan kemampuan literasi matematis siswa adalah model pembelajaran berbasis masalah (problem based learning), karena dengan model pembelajaran berbasis masalah siswa berorientasi terhadap masalah nyata (a real world problems) dan dalam tahapan pembelajaran siswa melaporkan hasil kerjanya yang dikerjakan secara berkelompok. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: menganalisis implementasi model pembelajaran berbasis masalah untuk kemampuan literasi matematis. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kepustakaan (library research) dengan metode dokumentasi. Pengumpulan data dilakukan dengan cara menghimpun literatur yang berkaitan dengan variabel penelitian kemudian diklasifikasikan dan dianalisis. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa Implementasi model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan dan memiliki dampak positif terhadap perkembang kemampuan literasi matematis siswa sekolah menengah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggiana, A. (2020). Implementasi Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Symmetry: Pasundan Journal Of Research In Mathematics Learning And Education, 4(2), 56-69. doi:10.23969/symmetry.v4i2.2061

Conie, V. F., Septian A., & Inayah, S. (2019). Kemampuan Literasi Matematis Siswa melalui Model Pembelajaran Problem Based Instruction. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika. 8(3): halaman 389-398. Diakses dari https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa/article/download/mv8n3_4/499

Fajaruddin, M. A., Yuliana, R. G., & Ledua, M. N. (2018). Pengaruh Pendekatan Problem Solving Terhadap Kemampuan Representasi dan Literasi Matematis Siswa. Jurnal Riset Pendidikan Matematika. 5(2): halaman 135-146. Diakses dari https://journal.uny.ac.id/index.php/jrpm/article/download/20120/11692

Fathurrohman. (2006). Model-Model Pembelajaran. Disampaikan dalam Acara Pelatihan Guru Post Traumatik. 21 Agustus 2006.

Hera, R. N.S. (2015). Literasi Matematis: Apa, Mengapa dan Bagaimana?. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika UNY.

Mendikbud. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 58 Tahun 2014. Jakarta: Mendikbud.

Novianti, A.S. (2016). Kajian Teori Model Problem Based Learning. Diakses dari http://repository.unpas.ac.id/12678/5/16.%20BAB%20II.pdf

PISA. (2012). PISA 2012 Assessment and Analytical Framework Mathematics, Reading, Science, Problem Solving and Financial Literacy. OECD.

PISA. (2018). Programme for International Student Assessment (PISA) Result from PISA 2018. OECD.

Rahman, T. (2019). Peningkatan Kemampuan Berfikir Kritis Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah. Symmetry Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education. 4(2): halaman 70-78. Diakses dari https://journal.unpas.ac.id/index.php/symmetry/article/view/2085/991

Sriwahyuni, A., Rahmatudin, J., & Hidayat R. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematis Siswa SMP. Jurnal Didactical Mathematics. 1(2): halaman 25-31.

Yaniawati, P. R. (2020). Penelitian Studi Kepustakaan (Library Research). disajikan pada acara “Penyamaan Persepsi Penelitian Studi Kepustakaan” di Lingkungan Dosen FKIP Unpas. 14 April 2020.

Downloads

Published

2023-01-20